Highlight:

Begini cara mudah mencari tahu jadwal kereta api

cara mudah cari tahu jadwal kereta api

KERETA api merupakan transportasi favorit saya. Kenangan masa kecil saya banyak diwarnai oleh perjalanan-perjalanan dengan kereta api bersama ibu dan adik-adik. Tiap liburan sekolah, kami biasa bepergian dari Stasiun Kertapati (KPT) di Palembang menuju Stasiun Baturaja (BTA). Trip yang senantiasa saya dan adik-adik jalani dengan riang.

Baturaja di sini bukan yang di Pesisir Utara, Kabupaten Lampung Barat. Melainkan Kota Baturaja, ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu alias OKU. Pada tahun 2003 Kabupaten OKU dimekarkan menjadi tiga kabupaten dengan menambah dua wilayah baru, yakni Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) dengan ibu kota Martapura dan Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) dengan ibu kota Muaradua.

Masa itu, untuk mengetahui jadwal kereta api umumnya orang akan mendatangi stasiun. Di dekat loket tiket biasa dipajang papan besar berisi jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api dari stasiun tersebut. Kalau informasi di papan kurang jelas, boleh bertanya langsung pada petugas loket sepanjang tidak sedang sibuk.

Waktu itu Ibu biasanya langsung saja membawa kami semua ke stasiun pagi-pagi. Sesampainya di stasiun barulah mencari tahu jadwal kereta api yang akan kami gunakan hari itu. Kalau masih dapat kereta, ibu segera ikut antri di depan loket.

Cara ini ditempuh karena seingat Ibu kereta api tersebut berangkat tiap hari, cuma tidak pasti jamnya. Sementara tempat tinggal kami dengan Stasiun Kertapati sangat jauh, tidak mungkin bolak-balik hanya untuk bertanya jadwal.

Sebenarnya informasi jadwal juga ada di koran lokal, namun kami tidak berlangganan koran. Jadi, datang langsung ke stasiun adalah opsi terbaik. Kini, memperoleh informasi tentang jadwal kereta api yang diinginkan semakin praktis. Semuanya cukup dilakukan dalam genggaman tangan.

Situs Kereta Api Indonesia

Melalui Website KAI

Mengikuti perkembangan jaman, PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan berbagai layanan digital. Termasuk lewat keberadaan aplikasi dan website berisi informasi jadwal kereta KAI yang bisa kamu lihat disini. Lengkap! Jadwal keberangkatan kereta api dari seluruh stasiun di Indonesia tersedia.

Untuk mengecek jadwal kereta, kita hanya perlu masuk ke website utama PT KAI. Kemudian masukkan informasi tentang stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah orang yang akan berangkat. Berikutnya tekan tombol pesan dan cari kereta.

Pada halaman selanjutnya akan dimunculkan daftar kereta api yang melalui rute pilihan kita. Tersaji detail informasi tentang jadwal keberangkatan tiap-tiap kereta, estimasi lama perjalanan, jadwal kedatangan di stasiun tujuan, juga tentu saja harga tiket dari masing-masing kelas yang tersedia.

Misalnya saya hendak menuju ke Surabaya dari Pemalang. Karena di Surabaya terdapat dua stasiun yang menjadi tujuan kereta-kereta dari arah barat, saya terlebih dahulu musti memilih stasiun tujuan antara Gubeng (SGU) atau Pasar Turi (SBI).

Setelah semua data yang diminta dimasukkan, pada halaman selanjutnya saya dapat melihat kereta apa saja dari Jakarta atau Cirebon yang menuju ke Surabaya dan berhenti di Stasiun Pemalang. Untuk tujuan Pasar Turi, pilihannya adalah KA Gumarang dan KA Jayabaya. Sedangkan jika menuju ke Gubeng, pilihannya adalah KA Jayabaya dan KA Bangunkarta.

Tinggal pilih saja kereta mana yang sesuai, baik jadwal keberangkatan maupun harga tiketnya. Yang jelas karena kereta-kereta tersebut melayani rute jarak jauh, tiket dari Pemalang ke Surabaya ikut ditarif tinggi. Dari tiga pilihan tersebut, tiket termurah dimiliki KA Jayabaya ekonomi: Rp185.000.

Karenanya saya lebih suka estafet naik dua kereta jarak pendek. Dari Pemalang ke Semarang Tawang (SMT) naik KA Kamandaka atau KA Kaligung, ongkosnya sama-sama Rp50.000. Kemudian disambung KA Maharani dari Tawang ke Pasar Turi, tiketnya Rp49.000. Total harga tiket tak sampai Rp100.000.

Tiket kereta api aplikasi Traveloka

Melalui Aplikasi Traveloka

Selain di website PT KAI, kita juga bisa mengecek jadwal kereta api melalui aplikasi Traveloka. Ini aplikasi favorit saya untuk memesan tiket kereta api maupun pesawat terbang saat mudik. Juga sesekali memesan penginapan saat bepergian keluar kota.

Cara mengecek jadwal kereta di aplikasi ini tidak terlalu berbeda dengan di situs PT KAI. Yang jelas harus diinstal dulu aplikasinya ke hape. Lalu buka aplikasi tersebut, pilih menu Transportasi, dan pilih kereta api.

Berikutnya masukkan informasi tentang tanggal keberangkatan, stasiun awal dan stasiun tujuan. Tidak lupa, masukkan pula berapa jumlah penumpang yang akan melakukan perjalanan ini. Ingat, sekali pesan hanya boleh maksimal empat penumpang ya.

Tak berbeda dengan di website KAI, di aplikasi Traveloka juga akan ditunjukkan informasi lengkap mengenai nama-nama kereta yang dapat dipilih, jam keberangkatan serta estimasi jam kedatangan di stasiun tujuan, durasi perjalanan, dan tentunya harga tiket.

Kalau memesan lebih dari satu tiket, Traveloka akan menampilkan harga total yang harus dibayarkan. Rincian lebih detail dari harga tersebut dapat dilihat pada kolom bawah layar.

Kita juga dapat memilih tiket berdasarkan kelas kereta: ekonomi, bisnis, eksekutif, atau priority; dan memilih nomor kursi dan gerbong. Caranya pun cukup mudah, hanya butuh beberapa kali sentuhan sampai mendapatkan nomor kursi dan gerbong yang diinginkan.

Menariknya lagi, Traveloka menampilkan informasi mengenai layanan atau fasilitas yang akan kita terima sebagai penumpang. Caranya cukup dengan mengetuk pada salah satu nama kereta pada halaman hasil pencarian. Dengan adanya informasi seperti ini, kita jadi tahu fasilitas apa saja yang akan didapat di dalam gerbong.

*****

Dengan semakin berkembang dunia informasi digital, kita semakin dimudahkan dalam mencari informasi mengenai jadwal kereta api. Tidak perlu bingung lagi, semuanya dapat diperoleh dengan jari.

Tak cuma itu, kita pun dapat sekaligus membeli tiket kereta melalui aplikasi tersebut. Artinya, pemesanan tiket tidak lagi harus datang langsung ke stasiun, apalagi pakai antri panjang, seperti ibu saya 25 tahun lalu. Kini memesan tiket kereta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Proses pembayarannya pun dapat dilakukan secara online. Traveloka menyediakan berbagai metoda pembayaran, di antaranya transfer antar rekening, membayar lewat minimarket, menggunakan kartu debit, memakai dompet digital (e-wallet), atau memanfaatkan layanan PayLater.

Tiket yang diperoleh berupa tiket elektronik atau tiket digital, yang dikirimkan melalui email. Dalam e-ticket tersebut terdapat barcode yang nantinya dapat dipindai pada mesin khusus di stasiun untuk mencetak kartu boarding pass. Di beberapa stasiun kita bahkan cukup menunjukkan barcode tersebut ke petugas check in, tanpa perlu mencetak apa-apa.

Well, tentunya dengan keberadaan layanan online seperti ini sangat mempermudah kita dalam mengecek jadwal kereta api, juga mempermudah dalam menyusun jadwal perjalanan yang akan dilakukan.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (375 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

2 Comments on Begini cara mudah mencari tahu jadwal kereta api

  1. Mantaaap mas eko ulasannya, sayaa jugaa pake traveloka buat booking ticket kereta. Praktis banget, gaperlu repot ke stasiun 😁

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: