Highlight:

Inilah cara investasi reksadana yang paling jitu

INVESTASI Reksadana semakin meningkat di tengah kemajuan industri teknologi dan informasi hari ini. Semakin banyaknya orang yang juga semakin sadar akan pentingnya kesehatan finansial, membuat mereka memilih Reksadana sebagai wadah untuk mengelola aset mereka. Tak heran, jika berbagai produk Reksadana semakin diminati oleh banyak kalangan.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki cara investasi Reksadana yang berbeda-beda. Semuanya, tergantung dari budget hingga profil risiko mereka masing-masing. Oleh sebab itu, kamu juga perlu mempertimbangkan beberapa risiko investasi sebelum mengalokasikan dana kamu ke dalam instrumen Reksadana. 

Cara Investasi Reksadana Biar Makin Cuan

  • Menentukan Tujuan Kamu Berinvestasi

Banyak orang yang mulai berinvestasi tanpa benar-benar paham dengan ultimate goal mereka. Berinvestasi bukanlah sekedar fomo atau ikut-ikutan trend yang sedang ramai dilakukan di tengah masyarakat. 

Idealnya, investasi merupakan salah satu jalan untuk meraih tujuan keuangan. Sayangnya, masih banyak yang menganggap bahwa cara investasi Reksadana adalah cara untuk menjadi kaya. Oleh sebab itu, sebelum terjun berinvestasi ada baiknya jika kamu memiliki tujuan investasi yang jelas agar bisa memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan.  

  • Memahami Profil Risiko 

Investor juga perlu memahami profil risiko mereka masing-masing. Jika kamu adalah orang yang mudah stress saat melihat nilai portofolio merah, maka kamu termasuk tipe investor yang konservatif. Adapun investor yang tetap santai meskipun nilai portofolio mereka sedang terjun bebas maka mereka masuk ke dalam kategori investor agresif.

Dengan memahami profil risiko saat berinvestasi, maka kamu pun akan lebih mudah memilih produk ataupun jenis investasi Reksadana. 

  • Memilih Produk dan Instrumen Reksadana Sesuai Tujuan Investasi

Jika telah menentukan tujuan keuangan, maka cara investasi Reksadana selanjutnya adalah dengan memilih produk dan instrumen Reksadana. Sebagai contoh, jika kamu ingin menabung untuk membeli sebuah motor dalam kurung waktu 1 hingga 2 tahun maka berinvestasilah di Reksadana pasar uang atau obligasi.

Sedangkan jika kamu memiliki tujuan keuangan jangka panjang di atas 10 tahun, silahkan mengalokasikan dana yang kamu miliki di Reksadana saham. Risiko yang dimiliki Reksadana saham memang sangat tinggi  akan tetapi return yang dihasilkan juga lebih tinggi dibandingkan jenis investasi Reksadana di instrument lainnya. 

Oleh sebab itu, penting untuk menyesuaikan profil resiko yang kamu miliki dengan produk dan instrumen Reksadana yang akan dipilih. Cara investasi Reksadana yang satu ini sangat penting dilakukan agar kamu lebih aman dan nyaman selama berinvestasi. 

  • Berinvestasi Secara Rutin Setiap Bulan

Salah satu cara investasi Reksadana yang paling banyak disarankan oleh para investor ialah dengan rutin berinvestasi setiap bulannya. Konsisten mengalokasikan gaji atau uang yang kamu miliki setiap bulannya juga mempengaruhi return di dalam portofolio Reksadana. 

Menyisihkan sebagian gaji setiap bulannya juga menjadi salah satu faktor dalam menghasilkan cuan yang maksimal. Pastikan kamu juga mengatur budget pengeluaran dan pendapatan setiap bulannya agar kebutuhan hidup dan investasi kamu sama-sama terpenuhi. 

Jika belum mampu mengalokasikan setengah gaji kamu untuk berinvestasi maka kamu bisa menginvestasikan 30 persen gaji kamu. Berapapun jumlahnya, pastikan kamu tetap rutin berinvestasi Reksadana setiap bulannya. Konsisten berinvestasi setiap bulan adalah salah satu cara investasi Reksadana yang paling mendasar sebagai seorang investor.Β 

Investasi Reksadana Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

Selain beberapa tips di atas, kamu juga harus mencoba cara investasi Reksadana anti ribet dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Beberapa kemudahan yang bisa kamu nikmati dengan berinvestasi lewat digibank by DBS adalah sebagai berikut: 

  • Tersedia 3 Kategori Reksadana

Kamu akan lebih aman dan mudah memilih setiap produk instrumen Reksadana lewat Aplikasi digibank by DBS karena terdiri atas 3 kategori. Beberapa kategori tersebut yaitu Reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler dan dengan scoring terbaik. Jual beli Reksadana menjadi lebih nyaman, bukan?

  • Modal Rp. 100.000 Untuk Mulai Investasi

Siapa bilang investasi Reksadana harus modal besar? Investasi dengan modal Rp. 100.000 sudah bisa kamu lakukan lewat Aplikasi digibank by DBS. Dengan modal kecil pun, kamu sudah bisa mulai merencanakan tabungan masa depan.

  • Membeli Reksadana Menjadi Lebih Fleksibel

Sebelum mulai berinvestasi lewat digibank by DBS,   pastikan untuk melakukan registrasi Single Investor Identification (SID) terlebih dahulu. Setelah itu, kamu pun sudah bisa menikmati kemudahan membeli Reksadana secara berkala tanpa proses registrasi lagi pada transaksi berikutnya.

Kamu juga bisa mengubah jumlah investasi Reksadana setiap bulannya secara praktis lewat Aplikasi digibank by DBS. Dengan menggunakan digibank by DBS, kamu juga bisa melihat informasi yang lebih detail dan jelas tentang berbagai jenis transaksi Reksadana yang telah kamu lakukan. 

  • Kemudahan Transaksi Reksadana hanya Dengan Mengandalkan Satu Aplikasi

Lewat Aplikasi digibank by DBS kamu bisa registrasi SID (Single Investor Identification) yang akan tersedia setelah 2 hari kerja, membeli, menjual hingga melakukan switching produk investasi secara praktis. Aplikasi ini juga akan memberikan berbagai jenis informasi produk Reksadana secara lebih lengkap. 

Jika kamu memilih produk Reksadana dengan tingkat Resiko yang tinggi dibandingkan profil risiko kamu, Aplikasi digibank by DBS akan langsung memberikan notifikasi tentang risiko tersebut. Tentu fitur notifikasi ini akan membuat kamu lebih aman dan nyaman melakukan berbagai jenis transaksi Reksadana lewat Aplikasi digibank by DBS. 

  • Pilihan Lebih dari 50 Produk Reksadana

Aplikasi digibank by DBS juga menyediakan berbagai produk dan jenis investasi Reksadana. Kamu bisa memilih lebih dari 50 produk Reksadana di dalamnya. Pastikan memilih produk dan instrumen Reksadana yang sesuai dengan profil resiko yang kamu miliki. 

Cara investasi Reksadana menggunakan Aplikasi digibank by DBS akan lebih memudahkan kamu untuk berinvestasi di Reksadana. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, investasi Reksadana bersama digibank by DBS sekarang juga!

Sumber Foto:

  1. freepik.com/free-photo/businessman-analyze-business-marketing-data_1211632.htm#query=fund&position=11&from_view=search
  2. pexels.com/photo/savings-tracker-on-brown-wooden-surface-732444/
Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Bung Eko (51 Articles)
Let's blog with happiness :)

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: