Highlight:

Profil

HALO, selamat datang di bungeko.com. Ini adalah blog personal yang berisi aneka tulisan mengenai berbagai hal yang menarik minat saya. Mulai dari opini tentang situasi terkini yang sedang hangat, reportase perjalanan yang pernah saya lakukan atau event yang saya ikuti, sampai review warung makan yang pernah saya singgahi. Juga ada cerita-cerita ringan dari keseharian saya.

Oya, nama lengkap saya Eko Nurhuda. Saya adalah bapak dua anak yang gagah dan cantik, yaitu Damar (6 tahun) dan Diandra (5 tahun). Saya menikah dengan kekasih hati saya Ratna Dewi pada 4 Agustus 2009 dan kini tinggal di sebuah desa yang damai di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Di rumah, saya adalah bapak sekaligus teman bermain dan guru bagi anak-anak saya. Waktu saya mayoritas dihabiskan bersama anak-anak. Memandikan mereka, menyuapi makan, mengantar ke sekolah, bermain sepulang sekolah, mandi hujan-hujanan, membuat sesuatu bersama-sama, salat berjamaah di masjid, dan tak jarang juga memasak bersama. 🙂

Aktivitas bermain anak-anak saya abadikan dalam kanal YouTube bernama Damar Dian. Silakan saksikan video-video mereka mencicipi es krim, roti, bermain Fun Doh, atau mencobai mainan baru di kanal tersebut.

Beberapa jam dalam sehari saya habiskan di depan laptop untuk menulis. Ini adalah gairah saya. Menulis sudah saya lakukan sejak Sekolah Dasar. Berkat kemampuan ini saya selalu terlibat dalam pegelolaan majalah dinding di sekolah sejak Sekolah Menengah Pertama. Kemudian puncaknya didapuk sebagai pemimpin redaksi majalah sekolah di SMA, meski gagal. Baca kisahnya di posting Jadi Pemred Berkat Majalah Dinding.

Media cetak pertama yang memuat karya saya adalah Majalah Windi, majalah sekolah SMA Negeri 1 Muara Bulian, Jambi, pada tahun 1998. Setahun berselang, cerpen saya berjudul “Dhanyang Waru” dimuat di Jambi Ekspres. Namun saya tidak mendapatkan honor dari dua pemuatan tersebut. 🙂

Honor pertama dari menulis saya dapat pada Mei 2004, ketika majalah Sahabat Pena memuat artikel saya berjudul “Mengapa Ada Pengangguran?” di rubrik Sosial. Salinan wesel pengiriman honor artikel tersebut masih saya simpan hingga kini.

Saya sempat meninggalkan dunia kepenulisan saat merintis karir sebagai pemandu wisata pada periode 2000-2002. Namun saya tidak bisa mengingkari kata hati, sehingga kemudian meninggalkan dunia pariwisata dan kembali mendalami ilmu kepenulisan di Akademi Komunikasi Yogyakarta (AKY). Sempat menjalani magang di dua surat kabar lokal Jogja, saya menolak tawaran salah satu dari dua koran tersebut dan lebih memilih menggeluti dunia blog alih-alih menjadi wartawan.

Khusus blogging, saya mulai membuat blog pada 2005. Hanya blog iseng, tak heran bila kemudian blog tersebut hilang tak berbekas. Blog serius pertama saya adalah ekonurhuda.com, yang kemudian mengantar saya menjadi salah satu sumber terpercaya untuk urusan make money online melalui program sponsored post atau sponsored review. Sayang, saya kehilangan nama domain tersebut pada medio 2010 dan kini dikuasai orang lain.

Saya membuat bungeko.com pada Desember 2009. Berbeda dengan ekonurhuda.com yang lebih banyak membahas tentang tips dan trik mencari dolar di internet, bungeko.com lebih bersifat personal sehingga saya bisa menuliskan apa saja di sini.

Oya, saya juga menulis artikel-artikel sepakbola di media cetak. Beberapa tulisan saya pernah dimuat di Tabloid BOLA, majalah Bolavaganza, Harian BOLA, dan kanal detikSport. Sejak akhir tahun 2009 saya mencoba menulis buku. Alhamdulillah, hingga saat ini sudah lima judul buku karya saya yang pernah terbit.

  • 7 Langkah Mudah Mencari Uang lewat Blog (Gara Ilmu, 2010)
  • 10 Cara Efektif Mencari Uang dengan Blog Khusus Berbahasa Indonesia (iN-Books, 2010)
  • 6 Profesi yang Bisa Buatmu Jadi Jutawan (Laksana, 2012)
  • YouTube; Cara Mudah Menjadi Populer dengan Internet (Penerbit Andi, 2012)
  • Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku! (Damar Panuluh Press, 2012)

Terakhir, saya ikut terlibat dalam penerbitan buku antologi Hati Ibu Seluas Samudera (Sixmidad, 2014) bersama rekan-rekan blogger yang diinisiasi oleh Pakde Abdul Cholik. Penerbitan buku ini merupakan sebentuk peringatan Hari Ibu pada Desember tahun tersebut.

Menggunakan blog ini saya menerima kerjasama dalam bentuk penulisan artikel berbayar (review) mengenai produk, jasa atau tempat tertentu sesuai pesanan. Silakan baca halaman Disclaimer. Untuk penawaran kerjasama, silakan hubungi saya lewat berbagai media berikut ini:

Email: bungeko.com[at]gmail.com
Facebook: Eko Nurhuda
Twitter: @bungeko_
Telegram: @bungeko

Terima kasih sudah berkunjung.

8 Comments on Profil

  1. Salam kenal kembali, Mas. Makasih udah mampir. Saya domisili dan KTP Pemalang, tapi sebenarnya pendatang. Hehehe. Tapi tak apa, tetap cinta Pemalang kok 🙂

  2. salam kenal mas, beberapa blogger sudah saya kenal di pemalang. baru kali nemu blog asal pemalang milik mas eko. maklum lagi off line jadi sempatkan brosing2 hehehehe

  3. Salam kenal juga, Bang Multazam. Ujung barat Sumatera? Padang ya?

  4. Salam Kenal Mas, dari anak Ujung barat sumatra

    mltazam.com 🙂

  5. Salam kenal kembali, Bung Zuhri.
    Makasih ya udah mampir 🙂

  6. salam kenal bung eko, dari anak muda di pantai selatan jawa

    zuhriwafa.blogspot.com

  7. Tahun 2010 masih saya pegang, tapi gak aktif lagi. Karena di Pemalang waktu itu mau ngenet masih susah, jadinya lama gak buka email dan lupa kalo nama domain itu expired. Dah, diserobot orang deh 🙂

  8. Ho o,, ternyata Eko Hurhuda udah beralih kepemilikan,
    diawal ngeblog 2010 sepertinya saya berkunjung dan baca-baca disana 🙂

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: