Iklan
Highlight:

Ini Dia 4 Keunggulan OPPO Find X yang Dibutuhkan Blogger Produktif

4 Keunggulan Oppo Find X

KETIKA hendak bepergian ke satu tempat dalam waktu lama, katakanlah sepekan, satu pertanyaan yang selalu bikin saya galau adalah, “Bawa laptop nggak ya?” Kalau tidak dibawa, saya tidak bisa menyelesaikan pekerjaan. Sementara saya adalah tipe orang yang tidak mau dibebani terlalu banyak bawaan saat bepergian.

Membawa laptop berarti harus membawa kabel power supply. Sudahlah panjangnya minta ampun, besar, ada adaptornya pula yang membuat kabel tidak bisa digulung rapi dan kecil. Sudah begitu, saya tidak terlalu nyaman memakai laptop tanpa tetikus.

Jadi, bawa laptop atau tidak nih? Sebagai seorang yang ingin berlaku profesional, saya tentu harus selalu produktif di mana pun berada. Mobilitas, fleksibilitas, dan produktivitas adalah sebuah kesatuan yang mustinya jadi ciri khas seorang pekerja online. Entah sebagai blogger, kreator YouTube, digital nomad, apa pun itu.

Ritme kerja online freelancer yang cepat dan mobile seperti itu idealnya didukung oleh banyak gadget canggih untuk mendukung pekerjaan. Mulai dari laptop, kamera, smartphone, hingga asesoris pelengkapnya seperti power bank, tripod dengan berbagai varian (monopod/tongsis, gorilla pod) dan aneka printilan, external mic, baterai cadangan untuk kamera, dll.

Ribet? Ya pastinya sih. Juga jadi lumayan berat saat seluruhnya masuk ke dalam tas saya. Karenanya seringkali tebersit keinginan untuk mempunyai satu gadget saja, tapi multifungsi mendukung seluruh pekerjaan saya. Yang terpenting hasil jepretan foto dan rekaman video bagus, baterai awet, serta kinerjanya cepat.

Ketika kemudian Oppo meluncurkan perangkat terbarunya, OPPO FIND X, saya bergumam, “Ini nih yang saya butuhkan!” Sekilas melihat spesifikasi, membaca ulasan, serta menonton video unboxing dan uji coba, rasa-rasanya cukup dengan satu smartphone ini saya sudah bisa melakukan banyak hal untuk mendukung produktivitas.

Penasaran dengan kemampuan telepon pintar flagship pertama dari Oppo ini? Berikut saya beberkan empat keunggulan utama OPPO FIND X yang bisa bikin kamu jadi blogger produktif.

Oppo Find X

Menggunakan prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 845 ditambah RAM 8GB, Oppo Find X siap dipakai merampungkan pekerjaan grafis seperti editing video atau pun sekedar memainkan game. FOTO: AndroidPit.com

Kinerja yang Powerful

Prosesor merupakan otak yang menentukan bagus-tidaknya kinerja sebuah smartphone. Karena itu setiap kali sebuah vendor mengeluarkan perangkat baru, bagian pertama yang saya intip adalah dapur pacunya.

Dan, betapa amaze-nya saya begitu mengetahui Oppo Find X ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 845, prosesor terbaru yang diperkenalkan pabrikannya pada event Snapdragon Tech Summit pada Desember 2017 lalu. Ini merupakan penerus Snapdragon 835 yang banyak dipakai perangkat Android berlabel flagship di tahun lalu.

Dengan kata lain, smartphone keluaran 2018 yang memakai Snapdragon 845 boleh dibilang merupakan perangkat Android terbaik. Maknanya, Oppo Find X adalah hape pilihan karena dibekali prosesor terbaik.

Ditambah RAM 8GB nan super lega, Find X menawarkan performa super cepat. Berbagai pekerjaan komputasi juga mengedit video dapat dijalankan tanpa hambatan. Apatah lagi kegiatan yang terhitung lebih ringan seperti berselancar di dunia maya, menjelajah media sosial, menonton video, atau streaming musik.

Oya, Oppo Find X dibekali memori sebesar 256GB. Amat sangat lega sekali untuk menampung banyak berkas berukuran besar seperti video maupun foto resolusi tinggi. Untuk saya yang lebih cenderung merekam video ketimbang mengambil foto, ini merupakan anugerah terindah.

Oppo Find X Camera

Kamera pada Oppo Find X terletak pada satu panel di bagian atas yang hanya muncul saat aplikasi kamera aktif. FOTO: GSMArena.com

Kamera Canggih yang Inovatif

Hape dua kamera? Sekarang jamannya hape tiga kamera! Oppo Find X dilengkapi dua kamera belakang masing-masing 16 MP dan 20 MP, ditambah kamera depan 25 MP. Kalau sekedar untuk selfie cantik wefie ramai-ramai, resolusi sebesar itu lebih dari cukup.

Uniknya, ketiga kamera Oppo Find X ditempatkan dalam panel tersembunyi. Sepintas kita tidak akan melihat kamera-kamera tersebut dalam kondisi stand by. Barulah ketika aplikasi kamera dibuka, dalam hitungan kurang dari sedetik panel di mana kamera ditempatkan muncul. Itu sebabnya Oppo menamakan kameranya sebagai Stealth 3D Cameras.

Kehadiran teknologi artificial intelligence yang di-upgrade semakin melengkapi fungsi kamera Oppo Find X. Ada pula fitur 3D Structured Light Facial Recognition untuk menghasilkan foto yang lebih artistik. Tak cuma itu, masih banyak lagi filter keren dan sticker lucu agar foto kita makin catchy.

Mau buat video slow motion? Dengan Oppo Find X ini mudah sekali dilakukan. Sebab kamera utamanya dapat merekam hingga 240 frame per second pada resolusi 1920×1080 px alias full HD. Kalau resolusinya diturunkan ke HD (1280×720 px), angka fps-nya jadi 480.

Catat, ini smartphone lho. Kamera DSLR saja bahkan ada yang tidak dilengkapi kemampuan merekam seperti itu. Luar biasa!

Oppo Find X SuperVOOC Charging

Official Oppo memaparkan tentang teknologi isi ulang daya SuperVOOC Charging dalam acara peluncuran Oppo Find X di Paris, 19 Juni 2018 lalu. FOTO: WebChaat.com

Teknologi Charging Super Cepat

Saya suka bepergian di tempat-tempat jauh dari keramaian. Suasana pedesaan nan terpencil, situs-situs arkeologi, hutan, atau kadang kala pantai dan laut, adalah deretan tujuan favorit saya. Dan biasanya di tempat-tempat tersebut tidak tersedia sumber daya listrik.

Persoalan lain, kualitas sinyal di daerah jauh dari kota begitu tak terlalu baik. Smartphone jadi sering kehabisan daya. Padahal tak jarang pekerjaan tetap harus diselesaikan sembari bergerak dari satu ke lain tempat.

Nah, Oppo menawarkan solusi pada Find X. Memang perangkat ini hanya dibekali baterai berukuran 3730 mAh, tidak terhitung jumbo untuk mendukung kinerjanya. Namun, Oppo menanamkan teknologi VOOC Flash Charge untuk proses isi ulang daya dengan cepat.

Bayangkan, hanya butuh waktu kurang-lebih satu jam untuk mengisi penuh daya Oppo Find X. Cepet banget, kan? Sebagai perbandingan, saya butuh waktu lebih dari empat jam untuk mengecas hape yang baterainya berkapasitas 4100 mAh. Tidak efektif.

Oppo Find X

Oppo Find X hadir dengan desain elegan nan premium. Simpel tapi berkelas. FOTO: Oppo official website

Desain Futuristik Unik

Spesifikasi oke, kinerja menjanjikan, tapi itu saja masih belum cukup untuk dijadikan sebagai pilihan. Bagi saya, selain kedua poin tersebut sebuah smartphone juga musti berpenampilan menarik. Desainnya haruslah berkelas. Tidak terlihat kuno, tapi juga jangan terlalu norak.

Ini yang ditawarkan Oppo Find X. Ukurannya pas di tangan, dengan layar AMOLED Full HD sebesar 6,42 inci. Mengikuti tren, tidak ada notch pada perangkat ini sehingga membuatnya terlihat full dan bikin mata sangat nyaman.

Dua pilihan warnanya pun sangat elegan: Bordeaux Red, yang menurut saya lebih terlihat sebagai ungu, dan Glacier Blue. Sungguh kece dan terlihat premium. Apalagi ditambah dengan fitur Mulitfaceted Color Process yang membuat warnanya berganti saat terkena pantulan cahaya. Eye catcing banget deh pokoknya.


Dengan sedemikian banyak kelebihan yang ditawarkan OPPO FIND X, rasa-rasanya saya tidak perlu lagi galau dengan pertanyaan “bawa laptop nggak ya?” setiap kali hendak bepergian. Tidak perlu pula membawa berbagai gadget seabrek-abrek yang kadang bikin ribet. Cukup bawa satu perangkat, beres!

Penasaran seperti apa rupa Oppo Find X dan berbagai keunggulan yang ditawarkannya? Coba deh kunjungi situs resminya di http://findx.oppomobile.id/.

SPESIFIKASI OPPO FIND X

Network Technology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1700(AWS) / 1900 / 2100
4G bands LTE
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Cat16 1024/150 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Launch Announced 2018, June
Status Available. Released 2018, July
Body Dimensions 156.7 x 74.2 x 9.4 mm (6.17 x 2.92 x 0.37 in)
Weight 186 g (6.56 oz)
Build Front/back glass (Gorilla Glass 5), aluminum frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Display Type AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Size 6.42 inches, 101.2 cm2 (~87.0% screen-to-body ratio)
Resolution 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~401 ppi density)
Multitouch Yes
Protection Corning Gorilla Glass 5
  – ColorOS 5.1
Platform OS Android 8.1 (Oreo)
Chipset Qualcomm SDM845 Snapdragon 845
CPU Octa-core (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPU Adreno 630
Memory Card slot No
Internal 128/256 GB, 8 GB RAM
Main Camera Dual Pop-up 16 MP, f/2.0, 1/2.6″, 1.22µm, PDAF, OIS
20 MP, f/2.0, 1/2.8″, 1.0µm
Features LED flash, HDR, panorama
Video 2160p@30fps, 1080p@240fps, 720p@480fps
Selfie camera Single Pop-up 25 MP, f/2.0
Features Auto-HDR
Video 1080p@30fps
Sound Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack No
Comms WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
NFC Yes
Radio No
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go
Features Sensors Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
  – VOOC Flash Charge 5V/4A 20W – Standard model
– SuperVOOC Flash Charge 5V/10A 50W (100% in 35 min ) – Super Flash Edition
– MP4/H.264/FLAC player
– MP3/eAAC+/WAV player
– Document viewer
– Photo viewer/editor
Battery   Non-removable Li-Ion 3730 mAh battery – Standard model
Non-removable Li-Ion 3400 mAh battery – Super Flash Edition
Misc Colors Bordeaux Red, Glacier Blue
Price About 770 EUR
Iklan
About Eko Nurhuda (358 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: