Highlight:

Cara menjadi agen pulsa yang sukses dan laris manis

SERANGAN pandemi Covid-19 mengajarkan pada kita untuk pandai-pandai memanfaatkan peluang. Di kala banyak pekerja yang dirumahkan, mempunyai sumber pemasukan lain menjadi wajib hukumnya demi ketahanan finansial. Maka, pintar-pintarlah mencari peluang untuk menambah jalan rezeki.

Satu usaha kecil-kecilan yang dapat dilakukan di rumah saja, tidak membutuhkan modal terlalu besar, juga punya potensi menjanjikan jika ditekuni dan dikelola dengan serius, adalah menjadi agen pulsa.

Saya sebut menjanjikan karena jumlah pengguna smartphone dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. Malah sering kita lihat satu orang punya dua atau bahkan tiga gawai. Memiliki smartphone tentu saja membutuhkan pulsa, baik pulsa untuk telepon, SMS maupun kuota internet.

Dalam kondisi normal sebelum pandemi saja konsumsi pulsa sudah sedemikian besar. Apalagi ketika orang mulai melek digital yang banyak dipengaruhi oleh kebiasaan baru setelah wabah melanda. Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok, tak ubahnya sembako.

Peluang usaha ini tentu tidak boleh dibiarkan begitu saja. Kamu bisa memanfaatkan kebutuhan akan pulsa yang besar dengan menjadi agen pulsa. Diawali dari membuka konter kecil-kecilan di halaman rumah saja sudah bisa berjalan, dengan target pasar tetangga kanan-kiri.

Nah, sebagai pemula kamu perlu tahu bagaimana cara menjadi agen pulsa yang sukses dan laris manis. Berikut saya beri tips, 5 cara menjadi agen pulsa yang sukses dan laris manis:

1. Mencari Distributor yang Berkualitas

Kunci menjalankan usaha agen pulsa adalah kelancaran pelayanan bagi pembeli. Proses pengisian pulsa harus cepat, kalau bisa hanya dalam hitungan beberapa belas atau beberapa puluh detik. Jangan lewat dari satu menit, itu bagi pelanggan terlalu lama. Maka dari itu cara pertama yaitu kamu harus mencari distributor yang berkualitas.

Untuk mengetahui distributor mana yang berkualitas tentu kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Kamu harus memilih distributor yang memberikan pelayanan yang baik, bisa mengirim pulsa dalam waktu singkat, jarang terjadi gangguan, serta menawarkan pilihan top up saldo yang beragam.

Kamu juga harus mempertimbangkan jenis pulsa yang ditawarkan oleh distributor. Biasanya distributor akan menawarkan pulsa untuk mengisi paket data, pulsa token listrik atau pulsa reguler. Selain itu, kamu perlu tahu bagaimana respons distributor saat ada komplain dan bagaimana cara untuk menyelesaikannya.

2. Menetapkan Harga Jual Pulsa 

Setelah kamu mendapatkan distributor pulsa terbaik, selanjutnya perlu untuk menetapkan harga jual pulsa. Penentuan harga ini tidak bisa dilakukan sembarangan, kamu harus menentukan harga berdasarkan harga belinya. Jangan menjual pulsa di bawah harga beli karena sudah pasti kamu akan rugi. Kalau mau promosi untuk menggaet pelanggan, sebaiknya jangan korbankan harga.

Namun jangan pula terlalu tinggi mengambil untung, sebab ini bakal membuat harga jualmu jadi tinggi pula. Selisih harga seribu rupiah saja sudah bisa membuat pelanggan pindah ke lain hati. Jadi, ambil untung seperlunya saja. Terpenting usahamu terus berjalan dan modal kamu bergulung-gulung semakin membesar dari waktu ke waktu.

Selain ditentukan harga beli, penetapan harga jual juga berdasarkan berapa keuntungan yang ingin didapatkan dan perbandingan harga di pasaran. Anda boleh menjual pulsa dibawah harga pasaran asalkan tetap mendapatkan keuntungan. Pulsa juga boleh dijual dengan harga yang lebih mahal asalkan bisa memberikan pelayanan yang baik untuk semua pelanggan.

3. Fokus Pada Penjualan 

Usaha agen pulsa adalah jenis usaha yang keuntungan per transaksinya terhitung kecil. Karena itu, kamu harus memikirkan cara agar jumlah transaksi lebih banyak. Usaha ini kuncinya di kelipatan penjualan. Semakin banyak jumlah transaksi, keuntungan yang didapat semakin besar.

Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan hanya menyediakan pulsa nominal kecil. Saya pernah menjumpai agen pulsa yang tidak mau melayani pembelian pulsa Rp50.000. Karena si penjual ini masih teman saya, dia terang-terangan bilang lebih menguntungkan baginya jika saya membeli pulsa Rp25.000 sebanyak dua kali.

Masuk akal. Karena keuntungan agen pulsa didapatkan per transaksi. Mau transaksi Rp50.000 atau Rp5.000, keuntungannya sama saja. Maka benar sekali kata teman saya itu. Sebagai agen pulsa tentu akan lebih menguntungkan jika pembeli membeli pulsa dalam nominal kecil.

Meski begitu kamu tetap harus melayani pembeli yang ingin mengisi pulsa nominal besar. Tinggal diberi batasan saja, misalnya per hari hanya melayani dua-tiga transaksi nominal besar.

4. Memberikan Pelayanan yang Baik 

Sebagai orang yang menekuni dunia usaha dan menjual suatu produk, disarankan untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Selalu jaga sikap dan ucapan. Kamu harus dapat menunjukkan sikap serta ucapan yang baik dan ramah kepada semua pembeli.

Jika ada gangguan seperti pulsa gagal masuk dan terlambat masuk, kamu harus melayani komplain pelanggan dengan  baik, ramah dan pastinya bersikap sabar. Utamakan kepuasan pelanggan di atas keuntungan. Sebab sekali pelanggan kecewa, efeknya bisa berbuntut panjang dan merugikan kita di masa hadapan.

5. Pengelolaan Keuangan

Meskipun agen pulsa rumahan bukan tergolong usaha yang besar, bukan berarti kamu tidak mengelola keuangan dengan baik. Kamu tetap harus memperhatikan catatan keuangan usaha. Catat setiap transaksi yang terjadi dengan jelas. Uang masuk, uang keluar, semua harus dibukukan dengan rapi.

Supaya lebih mudah dalam mencatat transaksi, disarankan untuk menggunakan aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi maka informasi tentang tanggal transaksi, sisa saldo, utang pelanggan dan informasi lainnya akan tercatat dengan rapi secara otomatis.

Menggunakan aplikasi juga akan mempermudah kamu mengetahui sisa saldo yang dimiliki. Jika saldo yang dimiliki tinggal sedikit maka kamu bisa melakukan pembelian kembali. Kondisi ini berguna untuk mencegah kamu kehabisan stok pulsa.

Nah, itulah sedikit tips tentang cara menjadi agen pulsa yang sukses dan laris manis. Khusus untuk pembukuan, kamu bisa menggunakan aplikasi catatan keuangan bernama BukuWarung. Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencatat keuangan usaha saja, melainkan juga untuk agen pulsa, ppob, sampai top up game semakin mudah dalam satu aplikasi. Bersama BukuWarung, pencatatan keuangan usaha jadi lebih mudah, efisien, dan pastinya rinci!

Semoga bermanfaat.

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Bung Eko (49 Articles)
Let's blog with happiness :)

2 Comments on Cara menjadi agen pulsa yang sukses dan laris manis

  1. Sering urgent itu pulsa untuk beli kuota internet. Bener itu tips. Kalau sudah urgent gitu yg utama nyari penjual yg nyenengin.

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: