Highlight:

Tetap produktif di rumah bermodal smartfren GOKIL MAX

PANDEMI Covid-19 memaksa kita untuk mengubah rutinitas. Apa-apa yang sebelumnya merupakan kegiatan normal, menjadi tidak relevan lagi. Kita dituntut menyesuaikan diri dengan New Habit atau kebiasaan-kebiasaan baru dalam bingkai New Normal. Satu misal, bekerja dari rumah.

Sebelum pandemi, setiap pagi jalanan ramai oleh orang-orang yang berangkat ke kantor untuk bekerja. Juga ada anak-anak sekolah yang menyesaki angkutan umum. Lalu di malam hari, kafe-kafe atau coworking space ramai oleh para pekerja lepas yang memburu jaringan internet cepat untuk mencari nafkah.

Semuanya berubah begitu pandemi melanda. Kita tidak dapat lagi keluar rumah sebebas sebelumnya. Para pelajar dan mahasiswa belajar dari rumah. Demikian pula para pejuang nafkah keluarga yang harus menjalani work for home (WFH), bekerja dari rumah.

Jika sebelumnya kelancaran pekerjaan ditopang jaringan internet oke yang disediakan kantor (bagi para pekerja kantoran), atau coworking space dan kafe (bagi pekerja lepas), maka sekarang kebutuhan itu musti ditanggung sendiri oleh si pekerja.

Tantangan kemudian muncul, yakni mencari layanan internet dengan kuota maksimal tapi harganya murah. Kita dituntut menjadi smart buyer, sebab setiap rupiah sangat berharga di masa pandemi ini. Dari sini pula kebanyakan kita jadi mengerti definisi sesungguhnya dari ungkapan murah meriah.

Pertanyaannya, memangnya ada layanan yang seperti itu? Harganya hemat, tapi kuota besar?

Cari yang Murah Meriah

Pilihan sih banyak. Tapi kita baru akan benar-benar tahu sebuah layanan cocok atau tidak dengan kebutuhan setelah mencobanya sendiri. Inilah yang sempat yang saya lakukan. Dalam beberapa bulan pertama sejak pandemi melanda, saya menjajal sekian layanan dari beberapa provider.

Ada yang harga paketnya murah, kuotanya besar, tapi ternyata masih belum mendukung jaringan 4G apalagi 5G. Artinya, ya, koneksinya lelet.

Mungkin bagi sebagian orang berlebihan, tapi saya pernah lho harus menghabiskan waktu lebih dari 12 jam hanya untuk mengunggah satu video ke YouTube. Penyebabnya? Ya itu tadi, karena koneksi internet milik layanan yang sudah terlanjur saya beli leletnya minta ampun.

Sebaliknya, ada yang koneksinya amat sangat lancar sekali, mendukung 4G juga 5G, tapi harganya naudzubillah. Saya harus berkali-kali top-up agar dapat terus online selama sebulan. Sebab kuotanya irit sekali, kalau tidak mau disebut pelit. Maksudnya, sedikit banget!

Saya yang mengelola kanal YouTube dan harus mengunggah video secara rutin, butuh kuota besar. Tapi, ya kalau bisa sih harganya bersahabat dengan kantong. Plus, jaringannya musti oke punya dengan kecepatan sekencang angin.

Ya, saya memang banyak maunya. Tapi itu karena tuntutan kebutuhan, juga keadaan. Kita semua sedang mengalaminya. Jadi, kalau bisa hemat, kenapa harus mengeluarkan uang lebih banyak?

Kuota smartfren GOKIL MAX LAKA LAKA

Pembagian kuota paket smartfren GOKIL MAX LAKA LAKA.

Kuota Besar, Harga Paling Murah

Sampai kemudian saya mencoba smartfren. Sebenarnya saya sudah terlebih dahulu menggunakan Switch, layanan milik smartfren di mana kita bisa membuat variasi nomor telepon sesuka hati. Ketika kemudian tahu smartfren meluncurkan layanan GOKIL MAX, saya pun menjajalnya.

Orang bilang kesan pertama itu penting. Dan kesan pertama yang saya dapat dari smartfren GOKIL MAX adalah harganya yang gokil. Bayangkan, untuk kuota sebesar total 36GB saya hanya perlu merogoh kantong Rp70.000.

Mmm, itu banderol resminya sih. Saya belinya Rp68.000. Jadi, bisa jadi kamu dapat harga lebih murah dari Rp70.000 seperti saya. Tapi, bisa juga sedikit lebih tinggi.

Kuota sebesar itu terbagi atas 24GB kuota lokal, dan 12GB kuota nasional. Ketika kamu di rumah saja, kuota lokal yang terpakai. Tapi kalau keluar kota, kuota nasional yang terpakai.

Cakupan kuota lokal dibagi berdasarkan geografis ya. Misalnya, paket smartfren GOKIL MAX LAKA LAKA yang saya beli. Wilayah yang tercakup dalam layanan ini meliputi Batang, Kota Pekalongan, Kab. Pekalongan, Pemalang, Kota Tegal, Kab. Tegal, dan Brebes.

Luas, bukan? Kamu bisa cek cakupan kuota lokal di wilayahmu di laman resmi smartfren, atau bisa juga di akun @smartfrenworld.

Oya, itu belum ditambah dengan Extra Kuota 70 GB yang dapat dinikmati dari pukul 01-05 WIB. #IniBaruGokil

Buat manusia setengah kelelawar seperti saya, alias suka bekerja larut malam hingga dini hari, ini seperti menemukan surga di bawah telapak kaki ibu. Sebab ini berarti saya bisa menghemat kuota reguler karena lebih sering melek malam.

Jadi, dengan dana Rp70.000 saya mendapat kuota sebanyak 36 GB ditambah bonus 70 GB. Berarti totalnya 106 GB. Hemat! #KuotaSultanHargaTeman

Mendukung Jaringan 5G

Soal jaringan, asal tahu saja smartfren itu pemilik jaringan 4G terluas di Indonesia. Dan sebagai pemerhati awam bursa saham, saya pun tahu betul PT Smart Telecom, Tbk. (FREN) merupakan salah satu pemenang lelang jaringan 5G.

Perusahaan bahkan sudah beberapa kali menggelar uji coba jaringan 5G sepanjang tahun ini. Lalu pemenuhan infrastruktur serta adopsi teknologi ini telah disiapkan secara spesifik demi menghadirkan layanan ini secepat mungkin.

Menariknya lagi, smartfren juga melakukan uji coba 5G di area yang tidak ada fiber optic. Ini dilakukan demi memastikan jaringan 5G milik smartfren dapat tersedia secara masif hingga ke pelosok negeri. Sehingga masyarakat yang jauh dari kawasan perkotaan, seperti saya, dapat turut menikmatinya.

Dalam uji coba yang digelar Juni lalu, kecepatan jaringan smartfren mencapai mencapai sekitar 1,7 – 1,8 Gbps. Ini enam kali lipat lebih cepat dari jaringan 4G yang tersedia sekarang.

Tapi itu uji cobanya di Jakarta ya. Sebagai orang daerah saya jadi penasaran untuk melakukan uji coba pula. Apakah jaringan smartfren di Pemalang secepat di Jakarta pada saat uji coba tersebut?

Maka, saya memasang aplikasi Meteor: Speed Test for 3G, 4G, 5G Internet & Wifi di gawai. Saya ingin mengetes seberapa cepatkah koneksi smartfren GOKIL MAX LAKA LAKA yang saya gunakan. Lalu sebagai perbandingan saya juga mengetes kecepatan jaringan wifi yang disediakan provider lain.

Hasilnya? Biarkan gambar di bawah yang berbicara.

Hasil speed test jaringan smartfren GOKIL MAX LAKA LAKA

Jadi Lebih Produktif

Kalau ada yang bertanya mengapa saya begitu mempertimbangkan soal kecepatan koneksi, jawabannya setidaknya ada dua. Yaitu kenyaman dan produktivitas.

Sebagai pengguna, saya membutuhkan koneksi cepat agar lebih nyaman dalam menikmati konten. Misalnya, menonton film di layanan streaming atau video di YouTube.

Bayangkan saja pada saat menonton video atau film lebih sering terputus-putus karena kualitas koneksi buruk. Tentu saja rasanya tidak mengenakkan, bukan? Ini tidak akan terjadi jika menggunakan smartfren GOKIL MAX. Sebab dalam jaringan 5G, kita bahkan dapat streaming video 5K dengan lancar.

Lalu, sebagai pekerja yang bersandar pada koneksi internet, kecepatan berarti terjaminnya efektivitas serta efisiensi dalam bekerja. Muaranya adalah produktivitas. Jaringan internet cepat membuat kita lebih produktif.

Saya pernah membaca satu pengalaman tak mengenakkan terkait koneksi buruk seperti ini di Quora. Ceritanya, seseorang melamar pekerjaan. Karena masih dalam situasi begini, proses rekrutmen sepenuhnya dilakukan secara daring. Termasuk wawancara.

Nah, bencana terjadi ketika orang yang bercerita ini menjalani tes wawancara. Karena koneksi yang tidak begitu lancar, terjadi kesalah-pahaman saat wawancara berlangsung via Zoom. Akibatnya bisa ditebak, si pelamar ini gagal.

Banjir Rejeki dan Hadiah

Setelah menjajalnya, saya berani mengatakan kalau smartfren GOKIL MAX adalah layanan paket lengkap. Kuota besar, harga paling murah, koneksi lancar tanpa hambatan. Benar-benar gokil to the max.

Seolah itu saja belum cukup, smartfren masih memanjakan penggunanya dengan loyalty program bertajuk REJEKI WOW. Di mana setiap pengguna berkesempatan memenangkan berbagai hadiah yang disediakan.

Hadiahnya dijamin bikin ngiler karena memang tidak tanggung-tanggung. Hadiah pastinya Mulai dari smartpoin, pulsa, emas, smartphone, tablet, TV, laptop, motor hingga Grand Prizes dan SUPER GRAND PRIZES dengan hadiah 50gram emas, tabungan ratusan juta rupiah dan mobil! #RejekiWOW

REJEKI WOW Treasure Hunt di aplikasi MySmartfren

Yang menarik, pengguna tidak harus dag-dig-dug menunggu undian untuk mendapatkan hadiah. Kita bahkan dapat mengincar hadiah tertentu yang diinginkan. Mau hape baru, sepeda motor, bahkan mobil, silakan pilih sendiri. Syaratnya satu saja: pintar-pintar mengumpulkan poin. #RejekiDepanMata

Setiap pengguna punya kesempatan sama besar untuk mendapatkan hadian yang diincar. Poin dapat diperoleh dari check in ke aplikasi MySF setiap hari. Lalu satu lagi cara memperoleh poin yang seru adalah dengan memainkan game OASE pada aplikasi MySF.

Dalam game tersebut, kita diberi misi untuk mendatangi oase-oase yang ada. Setiap oase menyimpan harta karun berupa poin. Semakin banyak oase kita datangi, tentulah semakin banyak poin yang dapat dikumpulkan.

Saat pertama kali membuka game ini, kita langsung diberi kotak hadiah. Isinya mobil jip yang harus dijalankan untuk mendatangi oase-oase tadi. Nah, agar mobil bisa berjalan tentunya butuh bahan bakar dong. Cara mengisi bahan bakarnya adalah melakukan transaksi. Entah itu isi pulsa, top up paket data, dan lain-lain.

Begitu jumlah poin cukup untuk menebus hadiah incaran, segera tukarkan deh.

Sangat menarik, bukan? Makanya, beralihlah ke layanan smartfren GOKIL MAX untuk merasakan berbagai manfaat lebihnya. Gunakan voucher GOKIL MAX di nomor smartfren kalian, untuk bisa menikmati Kuota Lokal di Zona GOKIL MAX kalian masing-masing. Kemudian instal aplikasi MySF pada gawai agar dapat menebus hadiah incaranmu.

By the way, benar sekali kata pepatah. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Dengan smartfren, saya yang punya banyak kemauan layanan internet harus begini-begitu, diberikan banyak jalan. Bolehlah saya bilang, smartfren adalah #TemanBukaPeluangmu.

Semoga bermanfaat.

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (406 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: