Highlight:

Memaksimalkan branding website dengan NEO Dedicated Hosting

ADA satu hal menarik dari survei Nielsen tahun 2020 lalu. Dengan tajuk Alasan Berbelanja Daring Berdasarkan Usia, hasil survei tersebut menunjukkan jika belanja online semakin menjadi pilihan. Tak peduli usia muda maupun lansia, orang lebih senang berbelanja secara daring.

Mengutip Katadata, alasan yang paling banyak dikemukakan responden survei Nielsen tersebut adalah belanja online lebih menghemat waktu. Hal ini disampaikan oleh 32% responden berusia 20-34 tahun, juga 28% dari responden berusaia 65 tahun ke atas.

Alasan lain yang tak kalah dominan adalah barang dapat diantar pada hari yang sama (29%), serta dapat menemukan beragam barang dalam satu tempat (28%). Di mana kedua alasan ini bermuara pada alasan pertama tadi: lebih menghemat waktu.

Ditambah lagi pandemi Covid-19 menghantam sejak Desember 2019. Konsumen jadi semakin suka belanja secara daring karena dapat membeli barang yang diperlukan tanpa keluar rumah.

Data yang dikeluarkan Bank Indonesia pada akhir Januari 2021 lalu membenarkan hal ini. Di mana nilai transaksi jual-beli online mencapai Rp 266,3 triliun sepanjang 2020 lalu.

Angka ini meningkat 29,6% dibandingkan nilai transaksi sebesar Rp 205,5 triliun pada tahun 2019. Dan ini bukan semata-mata karena pandemi. Sebab dari 2018 ke 2019 sudah terjadi kenaikan nilai transaksi nyaris 100%, yakni dari Rp 105,6 triliun.

Peningkatan paling tajam terjadi pada 2018. Di mana persentase kenaikannya sangat pesat, 150% lebih. Dari senilai total Rp 42,2 triliun di tahun 2017 menjadi Rp105,6 triliun pada tahun berikutnya.

Wajib Eksis di Dunia Maya

Data-data di atas menunjukkan bahwa dunia digital semakin mendominasi kehidupan kita. Bahkan untuk urusan berbelanja pun orang sudah lebih suka lewat internet.

Saya sendiri mengamini alasan-alasan yang dikemukakan oleh responden survei Nielsen tadi. Cukup duduk di depan laptop, saya bisa menjelajahi banyak toko di beberapa tempat sekaligus untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu berkendara dari satu toko ke toko lain. Belum lagi sekian biaya yang harus dikeluarkan untuk bensin, parkir, dan lain sebagainya.

Hal lain yang layak dicermati adalah berubahnya pola pencarian informasi dalam dasawarsa terakhir. Sekarang orang lebih suka membuka Google ketika mencari sesuatu, baik barang maupun jasa, alih-alih berkeliling ke sana-sini.

Maka dari itu, siapa pun yang berkecimpung di dunia usaha pada masa kini wajib menceburkan diri ke ranah digital. Ini bukan lagi pilihan, tapi sudah menjadi satu tuntutan wajib.

Tak peduli seberapa pun skala usahanya, juga tak peduli apa pun jenis usahanya, sebuah bisnis wajib eksis di dunia maya. Cara termudah adalah dengan membuka toko online di berbagai marketplace yang ada. Juga membuat akun di media-media sosial top.

Namun itu saja belum cukup. Membuat toko online di marketplace tak ubahnya menumpang di mal. Toko kita akan bercampur dengan banyak toko lain yang merupakan kompetitor.

Karenanya kita butuh wujud kehadiran online yang lebih kuat lagi, yakni dengan membuat website. Ini juga bakal menjadi senjata sangat ampuh sebagai media branding bagi bisnis kita.

Website dengan Dedicated Hosting

Tidak sulit membangun website pada masa sekarang. Pun biayanya tidaklah terlalu tinggi, katakanlah jika dibandingkan dengan 5-10 tahun lalu. Yang sulit justru memilih layanan hosting terbaik, sebab pilihannya amat sangat banyak sekali.

Agar memudahkan pencarian, kita sesuaikan saja dengan kebutuhan. Standar umum bagi sebuah website bisnis adalah blog, toko online, dan aplikasi. Untuk membangun website seperti ini kita sebaiknya memilih layanan dedicated hosting.

Mengapa harus dedicated hosting?

Sebab dari namanya saja sudah tergambar, ini layanan untuk kebutuhan khusus. Ini level lebih tinggi dari sebuah layanan hosting. Selain mendapatkan peladen (server) sendiri, dedicated hosting juga memungkinkan kita memegang kendali penuh atas server tersebut.

Itu artinya kita memiliki akses administratif penuh terhadap website. Dan karenanya dapat mengatur segala sesuatu sesuai keinginan. Jenis paket ini dilengkapi dengan serangkaian fitur mewah lagi lengkap yang sangat diperlukan untuk website bisnis.

Salah satu layanan yang layak dipertimbangkan adalah paket Dedicated Server Indonesia dari Biznet GioCloud. Atau lebih dikenal dengan nama Neo Hosting. Yap, jasa hosting yang dikelola oleh provider internet swasta top di negara ini.

Layanan Dedicated Hosting dari Biznet Gio ini menawarkan traffic jaringan UNLIMITED tercepat hingga 10 Gbps. Ini membuat akses website dan aplikasimu jadi lebih lancar. Pengunjung dan pelanggan dijamin puas.

Lalu layanan ini dilengkapi pula dengan Plesk. Secara ringkas, Plesk menyediakan platform manajemen infrastruktur cloud dengan beragam fitur extension dan tampilan yang user-friendly. Mulai dari website, domain, email dan kebutuhan lainnya bisa kamu kontrol dengan mudah dalam satu dashboard Plesk.

Nah, kebetulan sekali Neo Hosting dari Biznet GioCloud sedang memberi promo nih. Khusus bagi pembaca blog ini, nikmati diskon 25% untuk layanan NEO Web Hosting dan NEO Dedicated Hosting.

Caranya? Cukup dengan memasukkan kode voucher NEOWH25 untuk layanan NEO Web Hosting (sudah termasuk nama domain GRATIS), atau NEODH25 untuk layanan NEO Dedicated Hosting.

Diskon hanya berlaku untuk pengguna baru. Jadi pastikan kamu mendaftarkan diri terlebih dahulu di laman https://web.neo.id untuk dapat mengaktifkan kode voucher.

Oya, kode Voucher dapat kamu aktifkan pada periode promo: 20 Agustus 2021 – 20 November 2022. Jangan sampai terlewat. Dan diskon hanya berlaku untuk pembayaran tahunan.

Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/04/mayoritas-anak-muda-berbelanja-di-e-commerce-untuk-hemat-waktu
  • databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-e-commerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020
Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (402 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: