Highlight:

4 Alasan saya memilih GoodNovel

SEJAK akhir 2020 lalu saya mulai menekuni satu dunia baru. Dunia yang sebetulnya tidak jauh-jauh dari kemampuan saya selama ini, yakni menulis novel online. Pilih punya pilih, akhirnya saya memutuskan fokus pada satu paltform: GoodNovel. Berikut alasan saya memilih GoodNovel.

Novel online sedang menjadi tren saat ini. Entah berapa banyak platform baru yang terus bermunculan. Melengkapi deretan platform lawas yang sudah lebih dulu eksis. Sebut saja….

Enggg … enggak jadi, ding.

Dari sekian banyak platform novel online, satu yang berhasil mencuri hati dan kemudian membuat saya nyaman bersamanya adalah GoodNovel. Ini platform besutan sebuah perusahaan Singapura, Singapore New Reading Technology Pte. Ltd.

Perusahaan tersebut masih baru berdiri. Kalau mengutip dari dari laman companies.sg ini, Singapore New Reading Technology Pte. Ltd. mulai beroperasi pada 26 December 2019. Jadi saat saya tulisan ini dipublikasikan usianya baru 1,6 tahun.

Apa yang membuat saya tertarik dan lantas merasa nyaman di GoodNovel?

Setidaknya ada empat alasan yang membuat saya pada akhirnya memilih fokus pada GoodNovel tahun ini. Yuk, kita bahas bersama-sama.

Ada Editor

Di sinilah akhirnya saya benar-benar menemukan yang namanya editor. Bukan cuma seseorang yang diberi jabatan dengan sebutan editor. Tapi editor yang benar-benar menjalankan tugas dan peran sebagai editor. Yakni menyunting naskah agar layak publikasi.

Pernah membaca novel online popular di sebuah platform tapi PUEBI/EYD-nya kacau? Itu kemungkinan karena editor di platform bersangkutan lebih sibuk memantau data pembaca ketimbang konten novel.

Di GoodNovel, calon penulis baru diminta menyetor minimal 5.000 kata saat mengajukan kontrak. Kira-kira sejumlah 5-10 bab, tergantung per bab sepanjang berapa kata. Calon novel baru ini akan diperiksa terlebih dahulu oleh editor.

Jika naskah tersebut PUEBI alias EYD-nya masih parah, dijamin tidak bakal diloloskan. Editor akan mengembalikannya untuk diperbaiki terlebih dahulu oleh penulis. Tidak peduli sebagus apa pun ceritanya, kalau PUEBI/EYD jeblok tidak akan dikontrak.

Lalu bagi yang sudah dikontrak, editor GoodNovel bakal secara berkala memantau novel baru tersebut. Mengintip bab-bab selanjutnya. Kalau diketahui semakin ke belakang semakin menurun kualitasnya, baik PUEBI maupun alur cerita, editor punya hak untuk memutus atau men-downgrade kontrak secara sepihak.

Selain mengontrol kualitas konten bab, editor juga memantau setiap novel untuk dipromosikan secara bergilir. Ya, di GoodNovel semua novel dapat jatah promosi. Tanpa terkecuali, tanpa membeda-bedakan view maupun popular-tidaknya penulis novel bersangkutan. Kita bahas soal ini di poin tersendiri nanti.

Kesimpulannya, keberadaan editor yang benar-benar berfungsi sebagai editor membuat kualitas novel di GoodNovel terjaga. Baik secara kerapihan tulisan, gaya penyampaian, juga alur cerita. Ini sama-sama hal positif bagi penulis maupun pembaca.

Oya, tim editor ini terdiri dari beberapa posisi. Termasuk di dalamnya Co-Editor dan Acquisition Editor (AE) yang bertugas mencari penulis baru dan menyaring naskah berkualitas. Nah, saya termasuk salah satu Co-Editor/AE di GoodNovel.

Bebas Update

Penulis tidak perlu berlomba-lomba update bab sebanyak-banyaknya setiap hari. Bahkan penulis dapat memilih, pada saat mengajukan kontrak, mau update seberapa sering? Pilihannya ada minimal 3 bab sepekan, minimal 8 bab sepekan, dan seterusnya.

Tidak seperti di beberapa platform lain, di mana penulis harus update minimal sebanyak 50.000-60.000 kata sebulan. Kalau kurang dari itu tidak mendapat bayaran apa-apa. Kalaupun jumlah itu terpenuhi, rasa-rasanya kompensasinya kok kurang manusiawi, ya?

Di GoodNovel, ada sih kontrak yang mengharuskan penulis update minimal 50.000 kata dalam 25 hari. Namun penulis yang terikat dalam kontrak begini mendapat bayaran tetap. Besarannya $150 per bulan. Sepadan antara apa yang dikerjakan penulis dengan apa yang diberikan platform.

Kita bahas soal kontrak GoodNovel pada lain kesempatan, ya. Sekarang kembali ke soal update bab.

Di GoodNovel, panjang bab tidak harus 1.000 kata. Platform mengizinkan penulis untuk membuat bab ringkas sependek minimal 500 kata. Ini panjang ideal, karena membuat pembaca tidak terlalu kelelahan menyantap bab demi bab dalam cerita kita.

Dalam pandangan saya, berkarya di GoodNovel tidak membuat penulis seolah-olah menjadi budak platform. Penulis bisa update santai, sambil menjalani aktivitas lain dengan santai pula. Tidak dikejar-kejar target harus ini dan itu yang dapat memengaruhi pendapatan novelnya.

Karena tidak harus banyak-banyakan update bab setiap hari, kualitas konten tentu dapat dijaga. Gambarannya kira-kira seperti barang artisan dengan barang pabrikan yang diproduksi secara massal. Lebih berkualitas mana kira-kira?

Sebagai pembaca, kamu lebih suka tulisan yang digarap dengan santai dan fokus, lalu dicek dan ricek tiap babnya; atau yang digarap buru-buru karena si penulis kejar update 5-10 bab setiap hari?

Penghasilan Pasti yang Manusiawi

Di GoodNovel, penulis mendapat kepastian bakal dapat kompensasi berapa begitu novelnya selesai ditulis. Sebab menulis di GoodNovel tak ubahnya menjual putus sebuah naskah ke penerbit buku. Di mana kita akan ditawari kontrak dengan fee senilai tertentu.

Nominal fee variatif, ya. Nanti lead-editor atau editor-in-house yang memberi penawaran jika naskahmu akan dikontrak.

Fee bakal didapat penulis ketika novelnya sudah memenuhi jumlah kata yang penulis ajukan. Panjang novel sendiri disarankan minimal antara 80.000-100.000 kata. Pembayaran fee tidak terpengaruh oleh apa pun, kecuali cepat-lambatnya novel mencapai jumlah kata tersebut.

Mau sebulan tamat atau sampai tiga-empat bulan baru tamat, terserah si penulis. Pokoknya fee cair setelah jumlah kata dalam kontrak terpenuhi. Satu itu saja syaratnya.

Sebagai gambaran, cerita silat karya saya yang berjudul Arya Tumanggala diberi fee $150 untuk 100.000 kata. Ketika kemudian cersil itu saya tamatkan pada 2 Agustus 2021 lalu, dengan 100.900-an kata, saya mengontak lead-editor dan fee pun saya terima.

Lho, platform lain bukankah juga begitu, Fernando? Ya, Marimar, tapi bandingkan juga dong jumlah kata yang harus dipenuhi dengan total bayaran pasti yang didapat. Sebanding tidak?

Tapi kan, dari penjualan bab berbayar bisa dapat lebih banyak, Fernando?

Wahai, Marimar, cobalah ambil kaca. Siapalah dirimu ini sampai mau mengandalkan penjualan bab berbayar? Kalau masih merintis dan belum punya nama, sebaiknya kejar penghasilan yang pasti-pasti saja dulu.

Kesempatan Promosi yang Adil

Mau itu novel laris atau tidak, tetap mendapat kesempatan sama dalam hal promosi. Di mana syarat untuk promosi hanyalah novel sudah mencapai minimal 30.000 kata. Begitu novel mencapai jumlah kata tersebut, maka secara otomatis berhak mendapat jatah promosi pertama.

Lalu ketika novel mencapai minimal 50.000 kata, promosi kembali diberikan. Mau novel itu sepi pembaca atau ramai, mau penulisnya terkenal atau tidak, perlakuannya tetap sama. Sepanjang syarat jumlah kata tadi terpenuhi, otomatis masuk slot promosi.

Bukannya di semua platform seperti itu, Ferguso? Oh, tentu tidak, Miranda!

Ada lho platform yang, ini menurut cerita penulisnya sendiri ke saya lho, slot promosi itu seperti sudah dijatah hanya untuk penulis tertentu saja. Dari periode ke periode promosi, eh, dia lagi dia lagi yang dapat promosi. Bahkan beberapa penulis top semacam punya hak istimewa untuk dipromosikan terus-menerus sepanjang hayat.

Ada pula platform yang cuma mau mempromosikan novel yang sedang laris. Semakin bagus data pembacanya, bakal semakin sering dipromosikan. Sedangkan yang data pembacanya tidak bagus, dibiarkan begitu saja. Bahkan ada penulis satu platform yang cerita, kalau novel kita sepi pembaca dijamin bakal dicuekin sama editor. Waduh!

Logikanya agak aneh, saya rasa. Bukankah yang seharusnya dipromosikan itu malah yang kurang laris, ya? Dipromosikan agar menjadi laris. Atau setidaknya berilah kesempatan yang sama di awal. Pada semua novel, pada semua penulis. Itu baru adil namanya.

========

Itulah dia empat alasan saya memilih GoodNovel sebagai wadah berkarya di dunia novel online. Tentu saja ini bersifat subyektif, ya. Apalagi saya menulis ini dalam kapasitas sebagai Co-Editor/Acquisition Editor (AE). Setidaknya saya jujur saat menjabarkan pengalaman ini karena didasari apa yang saya alami dan rasakan sendiri.

Kalau kamu tertarik ingin mencoba menulis di GoodNovel, boleh kontak saya. Saat ini saya bertindak sebagai Acquisition Editor (AE) di GoodNovel. Tugas saya mencari penulis-penulis berbakat dari seluruh penjuru negeri, untuk bergabung bersama GoodNovel.

Syarat menulis di GoodNovel mudah, kok:
1) Siapkan cerita yang mau diunggah di GoodNovel, minimal 5000 kata awal cerita atau kurang-lebih 4-5 bab kalau per bab sepanjang 1000-1500 kata.

2) Siapkan outline cerita lengkap, dari awal sampai akhir, menggambarkan konflik yang dialami tokoh sampai dengan resolusinya dalam bentuk uraian. Disarankan panjang outline antara 800-1000 kata.

3) Serahkan draf cerita yang 5 bab tadi + outline ke saya via WhatsApp untuk diperiksa terlebih dahulu.

4) Kita koreksi & perbaiki bareng naskahnya supaya peluang dikontrak lebih besar. Untuk itu, calon penulis diminta terbuka terhadap masukan dari saya selalu Co-Editor/Acquisition Editor. Jika ternyata naskahnya sudah oke, ya berarti skip deh koreksinya.

5) Jika naskah sudah oke, calon penulis akan saya minta membuat akun menggunakan tautan khusus yg akan saya berikan. Kalau calon penulis sudah punya akun di GoodNovel, akan saya minta kesediaannya untuk membuat akun baru melalui tautan khusus bagi Co-Editor/Acquisition Editor tersebut. Jika tidak, ya berarti saya enggak bisa bantu karena saya hanya bertanggung jawab pada penulis yang secara sistem terdata di bawah koordinasi saya.

6) Selanjutnya tinggal bikin novel baru dan unggah deh naskah tadi ke web GoodNovel. Nanti akan saya pandu kalau butuh bantuan. Tunggu setidaknya 1 x 24 jam untuk proses review novel baru.

7) Setelah lolos review, kita ajukan kontrak & tunggu proses kurasi dari lead editor. Untuk proses ini membutuhkan kesabaran kurang lebih antara dua pekan hingga 1,5 bulan. Bisa lebih cepat dari itu kalau ceritanya dianggap menarik dan potensial oleh lead editor.

Demikian soal prosedur menulis di GoodNovel. Kalau ada yang mau ditanyakan lagi, silakan kontak saya melalui WhatsApp (klik saja) untuk bertanya-tanya lebih lanjut mengenai prosedur pengiriman naskah ke GoodNovel.

Semoga bermanfaat!

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (412 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

55 Comments on 4 Alasan saya memilih GoodNovel

  1. Hallo kak, boleh kah minta nomor yang bisa di hubungi? saya mau mengajukan naskah saya. terima kasih

    Suka

  2. Ka, mau tanya. Kalau misal novel di goodnovel sudah tamat tapi masih rame pembaca, apa penulis tidak mendapat keuntungan lebih?

    Suka

  3. Salam kak, ini saya mau menulis novel juga. Untuk kontaknya kakak di sebelah mana ya?

    Suka

  4. Kak izin tanya, mau tanya, kalau di GN gajiannya tiap tanggal berapa ya? Hehe. Ngarep aja. Novel saya baru 30k kata. Masih bayi. Barangkali suatu saat bisa gajian. Hehehe. Makasih ya kak

    Suka

  5. Kak, mau tanya. Kalau genre romance-nya di mix gitu keterima gak kak? Misal misteri-romance gitu?

    Suka

  6. Berarti, kak. Buat dapet kontrak kita cuman perlu nulis beberapa bab aja, ya? Kalau udah dapet kontraknya, kita bisa lanjut nulis. Begitu, kan?

    Suka

  7. Halo kak, selain genre romance, apakh di GN menerima cerita fantasy?

    Suka

  8. Kak, kalau masih menunggu cerita diterima atau tidaknya. Sebaiknya tetap lanjut menulis atau bagaimana?

    Suka

  9. Izin bertanya kak. Apakah kalau penulis mempublikasi sendiri akan berbeda penanganan kontraknya oleh team goodnovel ya kak, Misalnya seperti waktu review yang lebih lama? Soalnya saya sudah terlanjur publish lalu ketemu blog kakak ini.

    Suka

    • Enggak masalah, Kak. EA dan co-editor sifatnya hanya mengarahkan secara teknis. Perlakuan pada saat pengajuan kontrak akan sama saja antara yang lewat EA/co-editor maupun tidak. Cuma karena dibimbing agar sesuai standar GN, yang lewat EA/co-editor biasanya lebih mudah dapat kontrak. Asalkan penulis mengindahkan saran EA/co-editor.

      Suka

  10. Mohon bimbingannya mas
    Jika berkenan minta nomor wa biar lebih gampang

    Suka

  11. Kak, maaf mau tanya. Sebagai penulis pemula yang butuh bantuan editor seperti kakak ini. Apa harus membayar ke Kakak sebagai tanda terima kasih atau nanti hasilnya dibagi dua ketika penulis sudah berhasil mendapat penghasilan dari goodnovel? Mohon maaf ya Kak, bila pertanyaannya lancang 🙏🏻 Terima kasih..,

    Suka

  12. Apakah ada genre terlarang di goodnovel, misalnya lgbt, incest dll?

    Suka

    • Maaf, yang Kakak sebutkan itu bukan contoh genre cerita novel.

      Suka

      • Kakak kenapa sombong banget aku wa ga dibaca dan ga dibalas sama sekali.. Percuma sebar nomor wa tapi orang wa dicuekin!

        Suka

        • Hai, Kak, mohon maaf sekali kalau pesan WA Kakak belum sempat terbaca sehingga jadi belum sempat saya balas. Akan segera saya tindak lanjuti ya, Kak. Terima kasih banyak Kakak sudah mengingatkan.

          Namun mohon dimaklumi, kalau Kakak sudah kirim/revisi naskah maka antriannya memang membutuhkan kesabaran karena Kakak musti gantian sama calon penulis lain. Bisa hitungan hari, bisa juga lebih, tergantung banyaknya naskah yang musti saya periksa. Soalnya saya cuma periksa 1 naskah, alias berinteraksi dengan 1 penulis saja, per hari kerja. Ini supaya penilaian dan koreksinya lebih maksimal.

          Tambahan lagi, di momen jelang Lebaran begini jam kerja saya sebagai EA lebih pendek karena ada kesibukan lain yang lebih saya prioritaskan di kisaran pukul 14.30-18.30 WIB. Mohon dimaklumi, jadi EA itu sifatnya freelance dan pendapatannya tidak pasti. Jadi, saya mengejar/mendahulukan yang pemasukannya pasti.

          Suka

        • Hai, Kak, setelah saya cek, sepertinya Kakak malah sudah mengirimkan pengajuan kontrak, ya?

          Kalau begitu, proses Kakak ini sudah di luar wewenang saya. Sebab area tugas saya selaku EA/co-editor adalah memeriksa draf naskah penulis sebelum dipublikasikan ke web/platform dan mengajukan permohonan kontrak.

          Sedangkan Kakak, tanpa meminta/menunggu penilaian dari saya terhadap draf naskah Kakak malah sudah langsung publish dan mengajukan kontrak. Ini enggak masalah, tapi mohon dipahami saya enggak punya wewenang apa-apa lagi kalau sudah di proses mengajukan kontrak. Juga enggak bisa bantu apa-apa.

          Mohon dibaca lagi prosedur yang saya jelaskan dalam post ini ya, Kak. Terima kasih.

          Suka

      • Kak kenapa itu wa nya pake time waktu jadi saya catat di wa cuman centang satu

        Suka

  13. Kak goofnovel itu kontraknya eksklusif apa non eksklusif

    Suka

  14. Aku juga kepengen dong nulis novel

    Suka

  15. Mas, boleh minta nomer wa nya😇 kirim lewat email bila berkenan.terimakasih sebelumnya.

    Suka

  16. Kak, saya mau menulis cerita fantasy apa bisa kak, kalau bisa mohon bimbingannya untuk jadi editor saya, kak.

    Suka

  17. Halo, Mas.
    Terima kasih atas sharingnya. Tapi, saya malah jadi ingin tahu ceritanya Mas Eko bisa menjadi editor di GoodNovel. Kebetulan saya bisa menerjemahkan dan pernah mengedit juga. Saya juga pernah nyoba daftar jadi penerjemah di GoodNovel. Tapi rupanya belum rezeki. Semoga Mas Eko berkenan bercerita sedikit cara menjadi editor di GoodNovel. Terima kasih.

    Suka

  18. Saya sudah menulis cerita di goodnovel sampai 100k kata sudah sebulan lebih kontrak nya belum diterima kenapa ya ka😢

    Suka

  19. Saya baru belajar menulis cerita. Dan sekarang saya sedang mengajukan kontrak di goodnovel.
    Bisakah mohon bimbingan kakak?

    Suka

  20. Hai kak… saya sudah pengajuan naskah dan dalam proses tanda tangan kontrak. Karena masih ditinjau, otomatis masih belum muncul di app… kira-kira bisa di konfirmasi seberapa cepat ya kak? Soalnya lumayan sih, sudah 6 bab. Makasih kak..

    Suka

  21. kak saya mau gabung sama Goodnovel, tapi masih belum punya editor sendiri gimana ya?

    Suka

  22. Lumayan banget, Mas, dikasih 150 dolar begitu naskah selesai. Setidaknya penulis dihargai secara layak. Semoga tambah sukses, Mas ngefiksi di sana sini. 🙂

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Aplikasi Menulis Cerita Yang Menghasilkan Uang? - [Solusi] Konsultan Keuangan

Beri komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.