Highlight:

Mudik nyaman dengan mobil sejuta umat Toyota Avanza

PANDEMI Covid-19 membuat banyak hal berubah. Salah satunya bagi saya adalah jadwal mudik. Kita tentu ingat, tak seberapa lama jelang Hari Raya Idul Fitri tahun lalu, Pemerintah menetapkan lockdown. Tak boleh bepergian ke mana-mana dulu. Begitu lockdown dilonggarkan, tanpa membuat waktu saya segera melaju ke Sumatera menunggangi Toyota Avanza.

Tahun ini, di tengah wabah Covid-19 yang bukannya mereda melainkan semakin menjadi-jadi, agaknya acara mudik juga kembali harus mengalami penyesuaian. Tak lagi bisa menjelang Lebaran, mungkin malah jauh setelahnya. Kita lihat bagaimana kondisinya nanti.

Namun satu hal yang bagi saya harus disyukuri, jalan tol Trans Sumatera sudah berfungsi sepenuhnya. Sudah lengkap dengan rest area nan ramai dan lengkap di banyak titik. Karenanya perjalanan mudik dari Pemalang ke Jambi tak lagi harus lewat udara seperti dulu demi memangkas waktu.

Mudik melalui jalur darat sekarang justru terasa jauh lebih asyik, jauh lebih seru. Istilah kerennya road trip. Tak lagi terasa membosankan karena tak ada lagi cerita waktu tempuh lebih dari 36 jam, seperti yang dulu saya rasakan semasa masih kuliah.

Juga tak ada lagi cerita perjalanan yang melelahkan karena tubuh diguncang-guncang badan bus yang oleng akibat jalanan berlubang. Berkat keberadaan jalan tol, dua hal tidak enak itu seketika teratasi. Kini dari Pelabuhan Bakauheni di Lampung ke Jambi hanya butuh waktu paling lama 12 jam! Dan permukaan jalan tol yang mulus membuat saya tak perlu lagi merasakan guncangan-guncangan akibat lubang.

Kabar terbaru yang saya lihat di akun media sosial salah satu perusahaan BUMN konstrukti bahkan tambah menggembirakan. Tol seksi Palembang-Betung sedang dalam proses pengerjaan dan diharapkan selesai dalam tahun 2021 ini. Artinya, waktu tempuh ke Jambi bakal semakin singkat.

Toyota Avanza

Pakai Mobil yang Nyaman

Meski demikian, tetap saja untuk menempuh perjalanan darat sepanjang ini dibutuhkan kendaraan yang nyaman. Bukan hanya bagi penumpang, lebih-lebih bagi pengendara yang akan terus memacu lajunya si roda empat. Jangan sampai pengendara tidak mood, atau malah ngantuk. Bahaya!

Dari Pemalang ke Merak butuh waktu tempuh sekitar delapan jam. Lalu dari Bakauheni ke Jambi butuh waktu sekitar 12 jam. Ditambah penyeberangan Merak-Bakauheni menggunakan feri plus istirahat di rest area, genapkan saja angkanya menjadi 24 jam.

Bayangkan, menempuh perjalanan darat selama total 24 jam alias sehari-semalam! Maka kebutuhan akan sebuah kendaraan, sebuah mobil yang nyaman sehingga membuat perjalanan terasa menyenangkan bagi semua pengendara dan penumpang menjadi satu hal mutlak.

Pilihan saya dalam mudik bersama keluarga jelang akhir tahun kemarin adalah Toyota Avanza. Alasannya, pertama, tentu saja karena hemat biaya. Bagi yang punya sendiri, konsumsi bensin mobil sejuta umat ini tergolong irit. Saya hitung-hitung, dari Pemalang ke Jambi hanya habis uang bensin di kisaran Rp700.000 – Rp800.000. Tak sampai satu juta.

Alasan kedua, saya alami sendiri ini mobil yang cukup nyaman untuk bepergian jauh. Tidak terlalu luas memang, tapi juga tidak sempit. Ruang kaki di depan jok terhitung lega, setidaknya untuk saya yang setinggi 170 cm. Asalkan tidak memasukkan terlalu banyak barang ke dalam kabin penumpang, ruangannya terasa sangat lega.

Untuk sebuah keluarga dengan tiga anak yang masih kecil-kecil, anak tertua masih Sekolah Dasar kelas lima, maka Toyota Avanza masih menjadi pilihan paling masuk akal. Apalagi kalau bisa dapat second dengan harga terjangkau, tapi kondisinya masih sangat bagus.

Memangnya mungkin gitu ya beli mobil second, harganya oke, kondisi kendaraannya juga bagus? Tentu saja. Bahkan untuk orang-orang yang sama sekali nggak ngerti seluk-beluk mesin dan kendaraan bermotor.

Caranya? Percayakan pada ahlinya. Karena kita nggak ngerti soal kendaraan dan mesin, maka percayakan saja sama yang mengerti perkara tersebut.

Garasi.id Toyota Avanza

Deretan mobil bekas Toyota Avanza di laman/aplikasi Garasi.id. Tinggal pilih!

Beli Mobkas Aman di Garasi.id

Salah satu yang dianjurkan adalah mencari kendaraan idaman di situs-situs jual-beli mobil bekas. Tapi jangan sembarangan ya. Pilihlah hanya situs yang mempunyai fitur inspeksi, yakni layanan pengecekan kondisi mobil bekas yang ingin kita beli. Dengan demikian kita dijamin mendapatkan unit yang masih sangat baik kondisinya.

Sejauh ini situs jual-beli mobil bekas yang mempunyai fitur inspeksi adalah Garasi.id. Layanan pengecekan mobil bekas yang disediakan Garasi.di dilakukan oleh montir ahli. Mereka bekerjasama dengan bengkel Nawilis, salah satu bengkel otomotif terkemuka di Jabodetabek yang memiliki 17 cabang.

Jadi skemanya adalah, kita sebagai calon pembeli di Garasi.di meminta agar kendaraan yang diminati dicek keadaannya. Nanti Garasi akan mengontak bengkel Nawilis. Nah, bengkel ini yang kemudian mengirimkan inspektur mobil ke alamat penjual.

Inspeksi yang dilakukan pada kendaraan meliputi 170 poin pengecekan. Utamanya pada bagian mesin, lalu juga bagian kelistrikan, interior, eksterior, dan lainnya. Setelah mengecek kondisi mobil yang kita tunjuk, inspektur tadi akan memberi laporan pada kita sebagai calon pembeli.

Tentu saja ada sejumlah biaya yang musti dibayar untuk layanan ini. Besarnya tergantung jenis mobil yang hendak diinspeksi. Tapi, menurut saya sih biaya inspeksi ini jauh lebih murah ketimbang biaya bolak-balik bengkel jika ternyata mobil yang kita beli kondisinya “busuk”. Sudah sering kan dengar cerita orang beli mobil bekas, tapi biaya servisnya lebih gede dari harga mobilnya?

Salah satu saudara saya mengalami sendiri hal ini. Sebagai mobil pertama dia beli sebuah sedan tua seharga Rp 25 juta. Murah ya? Tapi ternyata kondisinya tidak terlalu prima, sehingga harus bolak-balik diservis. Dihitung-hitung, harga mobil ditambah dengan biaya servis yang sekian kali itu setara dengan harga second mobil keluaran jauh lebih baru. Nyesek rasanya.

Jadi, beli mobil bekas sama sekali nggak masalah, apalagi kalau niatnya biar nggak kena bunga karena mencicil. Tapi pastikan mobil yang dibeli dalam keadaan bagus. Untuk itu percayakan pada Garasi.id yang menawarkan fitur inspeksi.

Apalagi cari mobil bekas secara online di Garasi.id itu mudah banget. Cukup buka laptop, atau unduh aplikasinya di smartphone. Sambil ngeteh dan nyamil pisang goreng sore-sore, kita bisa lihat-lihat deretan mobil yang ditawarkan. Begitu ada yang cocok, tinggal pesan layanan inspeksi untuk mengecek kondisi.

Kalau kemudian mendapat mobil idaman dengan harga bagus dan kondisinya juga oke, itu rejeki nomplok namanya. Jangan tunggu lama-lama, langsung bungkus saja!

Semoga bermanfaat ya 🙂

Petualangan Pendekar Kayangan
About Eko Nurhuda (394 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

3 Comments on Mudik nyaman dengan mobil sejuta umat Toyota Avanza

  1. Garasi.id ini merupakan salah satu referensiku buat lihat-lihat mobil bekas, Mas. Sambil nabung, siapa tahu bisa keangkut haha. Bicara Avanza, dari generasi awal sampai sekarang udah All New Avanza, mobil ini memang pemintanya banyak banget. Sejuta umat, bener. Cocok buat pribadi maupun direntalin 😀

    Mudah-mudahan ada kesempatan main ke Pemalang atau ke Sumatra 🙂

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: