Highlight:

Bardi Smart Light Bulb, lampu pintar yang bikin hidup lebih warna-warni

KALAU ada orang yang kesulitan tidur di bawah lampu terang, maka saya salah satunya. Itu sebab di kamar saya ada dua jenis lampu: lampu terang yang menyala selama saya masih melek, dan lampu redup yang dinyalakan saat berangkat tidur. Namun berkat Bardi Smart Light Bulb, saya tidak butuh dua lampu lagi!

GIVEAWAY ALERT! Baca terus sampai selesai untuk mendapatkan Bardi Smart Light Bulb 9w 🙂

Entah sejak kapan saya tidak suka tidur dengan lampu menyala terang. Mungkin karena dulu sempat tinggal di daerah transmigrasi yang nggak ada listrik, jadi tidur hanya pakai lampu minyak yang menyala kecil. Untuk menghemat minyak tanah, waktu itu hanya satu lampu yang dibiarkan menyala sampai pagi. Itu pun dikecilkan nyalanya sekecil mungkin.

Ketika kemudian semasa SMA ngekos di kota yang listriknya menyala terus–saya harus ngekos karena letak sekolah jauh dari rumah, saya jadi lebih suka tidur di bawah cahaya redup. Lampu kamar saya matikan, hanya lampu ruang depan yang dibiarkan menyala. Kebiasaan berlanjut saat kemudian merantau ke Jogja.

Dulu saat masih punya akuarium, saya bahkan hanya menggunakan cahaya dari lampu dalam akuarium sebagai sumber penerangan saat malam. Lalu ketika akuarium dijual, seringkali sumber cahaya hanya berasal dari monitor komputer yang menampilkan slide foto-foto.

Waktu itu saya merasa dapat tidur lebih lelap jika cahaya kamar redup. Sehingga ketika bangun di pagi hari, badan terasa segar dan bertenaga. Rupanya, secara ilmiah pun sudah terbukti bahwa tidur dengan cahaya redup lebih baik bagi kesehatan tubuh.

smart lamp room setting

Pengaturan pencahayaan ruangan favorit saya, tidak terlalu terang tapi mata dapat melihat segala sesuatunya dengan jelas.

Tidur dalam keadaan minim cahaya dapat merangsang produksi hormon melatonin, yakni hormon di otak yang berfungsi mengatur siklus maupun kualitas tidur kita. Sebaliknya, produksi melatonin di otak bakal terhambat jika kita tidur dengan lampu menyala terang.

Beberapa sumber lain juga mengatakan tidur dengan lampu redup bermanfaat untuk mengurangi depresi, menjaga kesehatan mata, mencegah tekanan darah tinggi, dan seperti yang sudah saya rasakan dapat membuat tidur lebih berkualitas. Cahaya redup membuat tubuh lebih rileks sehingga istirahat menjadi lebih maksimal.

Nah, masalahnya saya terkadang lupa untuk berganti lampu. Kalau sudah terlalu mengantuk, rasanya malas sekali untuk bangkit dari tempat tidur hanya sekedar untuk mematikan lampu terang dan menggantinya dengan lampu redup. Ujung-ujungnya, saya pun tidur dalam keadaan lampu menyala terang.

Atur Lampu Pakai Smartphone

Lalu saya melihat-lihat produk smart lamp atau atau smart bulb di satu marketplace luar negeri. Dari deskripsi produk tersebut saya tahu kalau lampu model begitu dapat diubah-ubah tingkat kecerahan dan juga warnanya. Wah, saya jadi penasaran sekali dan melanjutkan pencarian ke Google dan YouTube.

Keunggulan smart bulb lain adalah dapat dikontrol menggunakan aplikasi di smartphone. Saya jadi membayangkan, kalau sudah terlanjur berbaring di kasur dengan kantuk sangat menggelayut tapi lampu masih terang, saya dapat dengan mudah meredupkan atau mengubah warnanya pakai hape. Praktis sekali!

Lebih kerennya lagi, smart bulb seperti ini bahkan dapat diatur untuk hidup dan mati secara otomatis pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Duh, ini solusi juga untuk saya yang seringkali tidur selepas Subuh. Pasalnya, lampu dapat mati sendiri saat hari sudah terang tanpa harus menunggu saya bangun. Keren!

Begitu mengetahui segala keunggulan smart bulb tersebut, saya kontan membatin, “Wah, ini lampu yang saya butuhkan. Saya harus punya ini!”

Dari sekian produk smart bulb yang ada di pasaran, pilihan saya kemudian jatuh pada Bardi. Merek yang tidak sepopuler pesaingnya, harganya sangat bersahabat, namun setelah saya coba lampunya sama keren kok. Saya sudah mencoba Bardi Smart Light Bulb 9W, dan menurut saya bohlam pintar ini benar-benar memuaskan.

Namanya juga lampu pintar, Bardi Smart Light Bulb 9W dapat diatur melalui aplikasi Bardi Smart Home di gadget. Lampu dapat dinyalakan, dimatikan, diatur-atur kecerahan dan warnanya kapan saja dan dari mana saja sepanjang dalam ruangan terdapat koneksi internet.

Begitu lampu ini saya pasang, anak-anak yang begitu terkesan langsung menghabiskan satu jam mengotak-atik aplikasi Bardi Smart Home. Mereka asyik mengubah-ubah warna lampu, dari merah ke kuning, kuning ke hijau, hijau ke biru, dan seterusnya.

Anak sulung saya lalu mengatur agar lampu tersebut mati pada pukul 05:20 WIB dan hidup kembali pada pukul 17:45 WIB setiap hari. Sejak saat itu kami tidak pernah menyentuh saklar lampu lagi!

Ya, tanpa kami menyentuh saklar pun lampu tersebut dapat hidup secara otomatis setiap pukul 17:45 WIB. Kemudian ketika jam menunjukkan pukul 05:20 WIB, lampu akan mati sendiri. Tidak ada lagi cerita kelupaan mematikan lampu sampai siang.

Meski cahayanya sangat terang benderang, namun lampu ini memakai daya rendah: 9 watt saja. Tingkat intensitas cahanyanya dapat mencapai hingga 900 lumens, dan dapat diredupkan hingga 90 lumens. Kombinasi warna RGB-nya sebanyak 16 juta warna, dengan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).

Kalau butuh yang cahayanya lebih terang lagi, ada pilihan varian 10 watt. Ukurannya sedikit lebih besar, juga berbobot lebih berat 5 gram, dengan double casing bulb. Penggunaan casing ganda ini bertujuan agar distribusi cahaya lebih merata sehingga mengurangi beban yang ditimbulkan pada mata.

Tingkat intensitas cahaya yang dihasilkan varian 10 watt ini tentu saja lebih tinggi. Yakni dapat mencapai 1050 lumens. Sebagai kompensasinya, konsumsinya daya juga sedikit lebih banyak. Beda 1 watt.

Spesifikasi Bardi Smart Light Bulb 9W dan 10W

Bardi Smart Light 9W Bardi Smart Light 10W
Intensitas cahaya 810 Lumens 1050 Lumens
Bobot 150 gram 155 gram
Daya 9 Watt 10 Watt
Voltase 240 Volt 60Hz 240 Volt 60Hz

Bardi showroom

Fitur Unggulan Bardi Smart Light Bulb

Berikut beberapa fitur unggulan Bardi Smart Light Bulb 9W berdasarkan pengalaman saya menggunakannya selama ini:

1. Jenis dan tingkat kecerahan cahaya dapat disesuaikan. Ini fitur dasar, di mana pengguna dapat menyesuaikan jenis cahaya lampu antara cool white atau warm white. Lalu tingkat kecerahannya juga dapat disesuaikan lagi. Sesuaikan saja kamu nyamannya yang bagaimana.

2. Warna lampu dapat diubah-ubah sesuka hati. Ini fitur favorit anak-anak, utamanya anak sulung yang seperti saya suka tidur dalam cahaya remang-remang. Pilihan warganya ada jutaan lho, jadi benar-benar dapat mengubah warna sesuka hati. Mengubahnya pun cukup dengan menggeser-geser layar gadget.

3. Lampu bisa dijadwalkan hidup-mati otomatis. Bukan fitur favorit, tapi ini yang paling berguna bagi saya. Dengan fitur ini cukup atur saja kapan lampu harus mati dan kapan hidup lagi. Pengaturan dapat sekali saja atau dibuat setiap hari.

4. Bisa beri perintah pakai suara. Ini fitur yang tidak kalah keren, yang kata anak sulung saya lampu kamarnya jadi “kaya di rumahnya Tony Stark.” Tinggalkan koneksikan Google Assistant (untuk pengguna Android), Amazon Alexa, atau SmartThings (pengguna Samsung) ke aplikasi Bardi Smart Home, maka kamu dapat menghidupkan lampu hanya dengan berucap, “Hidupkan lampu dong”.

Bagaimana, keren sekali bukan fitur-fiturnya? Hanya butuh beberapa saat saja mencoba Bardi Smart Light Bulb, saya langsung dibuat jatuh cinta. Saya pun bercita-cita mengganti seluruh bola lampu yang ada dengan lampu pintar Bardi.

Tunggu dulu. Bukankah harga smart lamp itu lumayan mahal ya?

Kalau Bardi sih nggak ya. Menurut pengamatan saya malah Bardi menawarkan harga terbaik dibanding pesaing-pesaingnya. Coba deh cek di situs resmi Bardi, di sana tertulis banderolnya seharga Rp115.000 untuk sebuah Smart Light Bulb 9W.

Kalau mau harga sedikit lebih murah, coba cek ke Bardi Official Store yang ada di seluruh marketplace ternama: Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.id, Blibli, hingga Dinomarket. Saya lihat di Bardi Official Store yang di Shopee, tipe Smart Light Bulb 9W ini dibanderol seharga Rp114.000. Lumayanlah ya ngirit seribu.

Gimana nih, nggak tertarik apa ganti lampumu yang biasa aja dengan Bardi Smart Light Bulb?

Bardi smart light bulb 9w

GIVEAWAY 11 TAHUN bungeko.com

Saya membagikan satu buah Bardi Smart Light Bulb 9w untuk seorang pembaca beruntung, serta saldo Gopay @Rp25.000 untuk empat pembaca lainnya. Caranya mudah sekali. Kamu cukup beri tanggapan mengenai Bardi Smart Light Bulb pada kolom komentar di bawah.

Komentar yang diikut-sertakan dalam giveaway ini adalah yang masuk hingga 21 Desember 2020 pukul 23:59 WIB. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 25 Desember 2020. Seluruh pemenang akan dikontak melalui akun media sosial (Instagram/Twitter) masing-masing. Makanya jangan lupa sertakan akun medsosmu dalam komentar ya.

Semoga beruntung!

#bungeko11tahun

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (406 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

22 Comments on Bardi Smart Light Bulb, lampu pintar yang bikin hidup lebih warna-warni

  1. Keren banget itu Mas bisa dikendalikan pakai instruksi suara. Aku malah kepikiran pasang smart camera gitu di teras, kayaknya Bardi punya juga kan. Buat mantau tikus atau tetangga yang julid yak, wkwkwk

    Suka

  2. Lampu pintar yang mengubah gaya hidup. Gak perlu lagi pencet saklar lampu, semua jadi serba otomatis. Bisa diatur juga sesuai dengan keinginan, semua dalam satu genggaman.

    Suka

  3. Wah ini mah saya harus punya. Di rumah saya juga ada lampu tidur karena kurang nyaman jika lampu menyala saat tidur, silau men. Istri juga tidak betah jika lampu terang saat tidur karena jadi sulit tidur.

    Cuma harus mengulur-ngulur colokan kabel ke dalam kamar untuk memasang lampu tidurnya karena stop kontak tidak ada di kamar.

    Dan ini cukup merepotkan karena khawatir kabelnya lecet jika di ulur-ulur setiap mau dipasang. Takut keseterum gitu. Apalagi jika yang melakukan istri saya karena biasanya kurang hati-hati.

    Fitur yang bikin saya kagum itu karena bisa disetting nyala dan matinya, terang dan redupnya, warna-warninya (saya suka warna biru) hanya lewat smartpone sekali saja dan bisa nyala setiap hari. Keren banget ini mah. Tidak perlu memencet on-off saklar setiap hari dan tak perlu ulur-ulur kabel untuk ganti lampu. Rendah watt juga yang bikin hemat listrik.

    Selain itu, sudah pakai google assisten juga yang cukup “nyalain lampunya dong” sudah nyala.

    Fix ini keren banget dan aku harus punya.

    IG : @amirsilangit Twitter : @amir7788

    Suka

  4. Wah, keren banget informasinya. Aku baru tau kalau ada lampu Bardi Smart Light Bulb 9W. Setelah baca artikel ini sepertinya aku tertarik buat beli lampu canggih ini. Kebetulan, aku juga tipe orang yang sulit tidur dibawah lampu terang. Makanya solusi terbaik ya lampunya dimatikan. Pasti bakal keren dan bagus banget sih kamarku kalo dipasang lampu Bardi Smart Light Bulb 9W ini.

    Suka

  5. Wah! setelah baca artikel ini kayaknya aku tertarik buat beli lampu ini. Aku juga tipe org yg sulit bgt tidur dibwh lampu terang. Makanya solusi terbaik ya lampunya dimatiin. Tapi, bakal epic dan bagus bgt sih kamarku kalo dipasang lampu Bardi Smart Light ini. New experience🔥

    Suka

  6. Balqis Fauzira Adawinsa P // Senin, 14 Desember 2020 pukul 09.26 // Balas

    Keren banget sih!! Tp emg skrg kan udh rame ya tipe lampu begini dan tapi aku kaget banget sih karena ini benefitnya jauh lebih banyak dan murah dong?!? Kaget sekaget2nya, makasih infonya kak jd tertarok pengen beli kalo ada rezeki, siapatau bisa dari giveaway ini hehe😋💜😭 sukses terus kak!

    Suka

  7. KEREN BANGET!

    Suka

  8. keren banget!<3

    Suka

  9. Waww lampunya bagus jadi pengen jua aku😭

    Suka

  10. wahh inovatif banget lampunya, sangat mempermudah orang orang yg gak bisa tidur di lampu yg terang. walaupun harus spend harga lebih dibanding lampu biasa tapi ini keliatan worth it dengan berbagai fitur dan manfaat yg ditawarkan lampu ini. super keren😍 setelah baca artikel ini jadi pengen punya Bardi Smart Light karna aku tu orangnya juga gabisa tidur dengan lampu yg menyala terang tapi aku termasuk orang yg mageran juga kalo udah tiduran dikasur males beranjak buat matiin lampu. Alhasil pas bangun tidur kepala jadi pusing. twitter: Meysimoo

    Suka

  11. Terima kasih atas tulisannya, informasi yang menarik dan inovatif. Ini sebuah inovasi yang saya butuhkan, karena saya sangat suka tidur dengan kondisi gelap ataupun minim cahaya. Sukses terus buat blog selanjutnya☺️🤘

    Suka

  12. Terima kasih atas tulisannya, sebuah informasi yang menarik dan inovatif. Ini informasi yang saya butuhkan, karena saya sangat suka tidur dengan kondisi gelap ataupun minim cahaya. Sukses terus buat blog tulisan tulisannya☺️🤘

    Suka

  13. Terima kasih atas tulisannya, keren banget lampunya seusatu yang inovatif, ini informasi yang dibutuhkan, karena saya juga sangat suka tidur dengan kondisi lampu mati ataupun redup minim cahaya. Sukses terus buat blognya!!🤘☺️ @pandemifighter9

    Suka

  14. Heralda Dwiningtiyas // Senin, 14 Desember 2020 pukul 06.08 // Balas

    Bardi Smart Light Bulb bagus banget, banyak banget manfaatnya. Biasa atur lampu dengan otomatis, trus bisa bikin biaya listrik hemat lagi. Jadi pengen. Menurut aku lampu ini cocok banget buat kita yang mageran dan punya banyak aktivitas nih. Oke banget deh lampunya👍👍✨
    Twitter = @axselputraprada

    Suka

  15. Keren banget kak. Jadi pengen 🥺

    Suka

  16. Kerenn banget sih ini inovatif gabisa diungkapin dgn kata2 lgii🥺 sukses teruss kakk semoga bisa menangg hihi😅🙏 twitter @cauwbella

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: