Highlight:

Pilihan destinasi wisata di Tangerang: Sendiri bisa, bersama keluarga tambah seru

APA yang paling kamu ingat dari Tangerang? Mungkin sebagian besar akan menjawab Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Tidak salah 100% sih, karena memang tempat tersebut jadi pintu masuk wisatawan yang menggunakan jalur udara. Tapi, Tangerang tak cuma punya bandara lho. Ada banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Dari segi jarak, Tangerang rasa-rasanya destinasi weekend getaway yang tepat bagi warga ibukota dan sekitarnya. Ditambah lagi pada masa New Normal ini perusahaan teknologi penyedia jasa booking tiket terkemuka di Indonesia, yakni Traveloka, menyediakan paket bundle airport transfer dan drive thru rapid test di Soewarna Business Park, Cengkareng.

Soewarna Business Park di Cengkareng masih satu kawasan dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta. Hasil rapid test di tempat ini sangat cepat keluar. Hanya dalam tempo 30 menit saja sudah bisa dicetak.

Kembali ke topik mengenai destinasi wisata, di Tangerang ada beberapa pilihan yang terlalu sayang untuk dilewatkan lho. Mau berwisata sendiri oke, mau seseruan bersama dengan rombongan keluarga juga bisa.

Apa saja rekomendasinya?

Floating Castle Froggy Edutography

Menerapkan konsep bak negeri dongeng, tempat ini sepertinya memang menyasar keluarga dan kamu semua yang gemar akan dunia fantasi. Konsep dari bangunan di Tangerang ini mengambil dari dongeng kondang Jack dan Kacang Ajaib. Terdapat 10 lantai dengan 10 program yang berbeda pula.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan, mulai dari hunting foto, edukasi untuk anak-anak, menikmati kuliner, dan lain-lain. Alamat Floating Castle Froggy Edutography berada di Jl. BSD Grand Boulevard, Cluster Commercial Park Barat, No. 1. Pagedangan Tangerang.

Jam buka Floating Castle Froggy Edutography mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Tebing Koja (Kandang Godzilla)

Tempat wisata alam ini mulai naik daun saat viral dan banyak wara wiri di Instagram pada tahun 2017. Bebatuan kapur pada tebing ini begitu cantik, mirip dengan yang terdapat di film-film dinosaurus. Karena itu tempat ini juga kerap disebut kandang Godzilla.

Alasan lain kenapa dinakakan begitu, bentuk batuan kapur di Kandang Godzilla ada yang mirip seperti kadal raksasa tersebut. Panorama pebukitan kapur ini semakin menarik jika dilihat dari atas. Sangat instagenic, dengan bebatuan yang terbentuk secara alami. Tak heran bila orang-orang sampai rela antre untuk berfoto-foto di sini.

Lokasi selfie paling digemari adalah di atas salah satu tebing. Dari titik ini kamera dapat menangkap jajaran tebing acak dan pemandangan hijau di sekitarnya sebagai latar belakang foto. Ada pula sebuah danau berair kehijauan di mana kamu bisa naik perahu sewaan.

Alamat Tebing Koja berada di Desa Cireundeu, Kecamatan Solear, Tangerang. Dari Bandara Soekarno Hatta jaraknya kurang lebih 65,5 kilometer, atau sekitar 1 jam dari Jl. Tol Merak-Jakarta atau Jl. Tol Tangerang-Merak.

Ocean Park BSD

Anak-anak pasti betah bermain di Ocean Park BSD. Seseruan dengan air dilengkapi dengan beberapa tantangan akan membuat anak-anak tak mau pulang. Apalagi ada banyak wahana permainan di berbagai lokasi, semakin nyaman saja.

Sesuai namanya, Ocean Park BSD adalah wahana wisata air atau bolehlah disebut waterpark. Di dalamnya terdapat perosotan, kolam arus, serta berbagai pilihan kegiatan lainnya. Sangat cocok didatangi bersama anak-anak. Dan dijamin si kecil bakal susah diajak pulang.

Wisata air ini berada di Jl. Pahlawan Seribu, CBD Area, BSD City, Serpong, Tangerang. Buka setiap hari, jadi kamu bisa datang kapan saja. Di hari libur jam bukanya lebih pagim jadi kamu bisa lebih puas bersenang-senang.

Klenteng Boen Tek Bio

Klenteng Boen Tek Bio dibangun pada tahun 1684, dan hal itulah yang menjadikannya sebagai klenteng Tionghoa tertua di Tangerang. Meskipun sudah berusia 3 abad, tempat ini tidak menunjukkan kesan tua sama sekali saat kita masuk ke dalamnya. Semua masih terawat dengan baik.

Klenteng Boen Tek Bio masih aktif difungsikan sebagai tempat sembahyang. Meski demikian kamu tetap bisa jalan-jalan ke sana kok. Tempat ini boleh dikunjungi oleh umum, bahkan dibuka selama 24 jam. Namun pastikan untuk selalu menghormati berbagai aturan yang telah ditetapkan pengelola ya.

Di sini kamu bakal dimanjakan banget dengan berbagai spot cantik untuk menghiasi feeds Instagram. Selain itu, kamu juga bisa sedikit mempelajari sejarah. Bukan cuma sejarah klenteng maupun komunitas Tionghoa di sana, tapi ini juga merupakan sejarah Tangerang dan Indonesia.

Klenteng Boen Tek Bio berada di areal Pasar Lama Tangerang, Jl. Bhakti No. 14, Kelurahan Sukasari, Tangerang.

Scientia Square Park

Destinasi terakhir yang tak kalah menarik adalah Scientia Square Park. Tempat ini memiliki berbagai wahana permainan sebagai daya pikat utama. Kebanyakan di sini menawarkan permainan tradisional seperti halnya permainan benteng, petak umpet, kelereng dan lain sebagainya.

Terkesan jadul? Memang tujuan berwisata di tempat ini tuh untuk menghabiskan waktu atau bersenang-senang tanpa gadget. Istilan kerennya mungkin back to nature. Kita diajak untuk benar-benar menikmati alam.

Wahananya tidak hanya untuk anak-anak, untuk orang dewasa juga ada lho. Misalnya saja skateboarding, skating, olahraga, dan lain-lain. Bagi yang suka bertani, ada juga tempat khusus untuk praktik menawnam padi. Di sawah sungguhan. Atau bisa bermain dengan kelinci, naik kerbau, dan lain sebagainya.

Di mana lokasinya? Scientia Square terletak di Jl. Scientia Boulevard, Pakulonan Barat, Kelapa Dua, Tangerang.

***

Jadi, mana destinasi wisata Tangerang yang ingin sekali kamu kunjungi? Kalau tempat wisata di Tangerang favoritmu tidak ada dalam daftar di atas, boleh share di kolom komentar ya.

Tempat wisata mana pun yang ingin dikunjungi, pastikan kamu selalu mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Jangan lupa gunakan masker, lalu sediakan hand sanitizer di dalam tas atau saku agar sewaktu-waktu dapat dipergunakan. Juga, ingat selalu untuk menjaga jarak dengan orang lain.

Memang agak ribet sih ya. Tapi ini semua agar pandemi segera berlalu, dan kondisi new normal kembali menjadi normal beneran. Ini juga supaya jalan-jalan tetap menyenangkan karena rasa was-was jadi berkurang.

Selamat berakhir pekan!

Beri tip untuk blog ini
About Bung Eko (46 Articles)
Let's blog with happiness :)

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: