Highlight:

Pengalaman cari dolar sebagai Social Media Evaluator (SME) di Lionbridge

Lionbridge Social Media Evaluator

SELASA, 27 Oktober 2020, lalu merupakan hari terakhir saya bekerja sebagai Social Media Evaluator (SME) di Lionbridge. Sebuah pekerjaan yang bagi saya kebangetan mudahnya, bisa dikerjakan sambil gegoleran di kasur, tidak butuh waktu lama, tidak perlu mikir keras, tapi penghasilan bulanannya lebih dari cukup kalau hanya untuk biaya hidup sekeluarga.

Kilas balik ke penghujung 2019, ketika itu saya tengah agak dibuat pusing karena pemasukan drop parah. Nominal bagi hasil iklan dari channel YouTube yang saya kelola, yang selama ini jadi andalan saya, semakin menurun dari waktu ke waktu. Pendek kata, tidak cukup lagi.

Baca juga: Hal yang paling saya syukuri di tahun 2019

Alhasil, saya pun kudu mencari sumber lain agar dapur tetap ngebul. Siang-malam, pagi-sore (udah kaya nama rumah makan di jalur Trans Sumatra pokoknya), saya searching dan googling ke sana-sini, mencari alternatif lain untuk menambah pemasukan yang terancam minus. Alhamdulillah, tak butuh waktu lama saya langsung menemukannya.

Awalnya saya menyortir 3-4 pekerjaan dari sekian peluang yang saya catat. Dari kandidat kuat tersebut tentu ada 1-2 yang jadi incaran saya. Namun, saya tidak bisa memilih semaunya to? Juga, saya tidak bisa mendapatkan semuanya. Jadi yang hanya bisa saya lakukan adalah mendaftar, selebihnya biarkan misteri bernama rejeki melakukan bagiannya.

Di antara situs pekerjaan lepas di mana saya mendaftarkan diri adalah Lionbridge. Ini rupanya perusahaan bonafid yang telah lama malang-melintang di bidangnya. Ada sekian banyak posisi yang ditawarkan waktu itu. Namun saya memilih yang menurut saya paling bagus kompensasinya: Social Media Evaluator atau biasa disingkat SME.

Di luar dugaan, meski jujur sangat berharap-harap, saya diterima. Saya jadi semakin merasa beruntung karena hanya beberapa saat setelahnya Lionbridge menutup lowongan SME untuk Evaluator asal Indonesia.

SME ini pekerjaan mudah pake banget. Sesuai namanya, tugas utama saya sebagai Evaluator adalah mengevaluasi konten di sosial media. Lebih tepatnya Instagram. Tidak semua konten, tentunya. Yang dievaluasi hanyalah konten-konten iklan.

Lionbridge jobs opening

Pokok penilaian adalah materi iklan, baik visual maupun teks, dan jasa atau produk yang ditawarkan pengiklan. Kita diminta memberi rating (yang opsi-opsinya sudah disediakan) beserta pendapat pribadi dalam bahasa Inggris mengapa memberi rating tersebut.

Saya bilang mudah karena kita diminta jujur dan apa adanya dalam memberi penilaian. Pandangan pribadi bahkan sangat dihormati, dan tidak masalah jika kita menilai berdasarkan keyakinan personal.

Misalkan saya beberapa kali memberi rating rendah untuk produk atau layanan yang sepengetahuan saya tidak sesuai dengan nilai-nilai yang saya junjung tinggi. Adapun untuk iklan-iklan yang terindikasi modus online scam, saya tidak tedeng aling-aling memberi rating paling jelek.

Pada intinya, Instagram meminta Evaluator menilai iklan-iklan yang tayang di platform-nya, apakah sesuai dengan sederet norma yang ditetapkan perusahaan tersebut atau tidak.

Berkat pekerjaan ini saya jadi tahu kalau beberapa akun yang terindikasi sindikat penipuan online rupa-rupanya memasang iklan di Instagram. Yang paling banyak saya temui akun-akun yang menyaru akun resmi sebuah BUMN, atau menjual gadget dengan harga yang murahnya di luar akal sehat.

LESSON LEARNED: Penipu online saja usahanya begitu maksimal untuk mencari korban kejahatan, masakan saya yang (insya Allah) mencari nafkah di jalan halal kalah maksimal sih?

Dalam sehari kita diminta memberi rating pada maksimal 30 iklan. Maksimal lho ya, paling banyak. Dan dalam sepekan kita diminta memberi rating setidaknya sebanyak 5 hari. Waktunya bebas dari Sabtu ke Senin. Mau 5 hari berurutan atau loncat-loncat, yang penting dalam sepekan minimal 5 hari “masuk kerja”.

Kalau mau memberi rating setiap hari juga nggak masalah kok. Saya sendiri sedari awal langsung mencoba memberi rating setiap hari. Artinya, dalam sepekan saya total memberi rating pada rata-rata 210 iklan.

UPDATE: Terkini, evaluator hanya diminta memberi rating pada maksimal 20 iklan per hari atau total 140 iklan sepekan.

Saya hanya butuh waktu antara 30-45 menit untuk sekali me-rating. Dikali tujuh hari, dalam sepekan saya menghabiskan total 210-315 menit atau paling lama 5 jam 25 menit sepekan. Well, ini sih bukan pekerjaan part time namanya. Ini sih lebih tepatnya orang iseng dibayar.

Lonbridge payment in WorkMarket

Detail pembayaran upah dari Lionbridge di akun WorkMarket. Dari sini, setelah sebulan menunggu, upah dapat dicairkan ke PayPal maupun rekening bank.

Seberapa besar bayarannya?

Nah, ini dia topik menariknya. Ini juga yang dulu jadi alasan saya mengincar pekerjaan SME di Lionbridge sejak awal mengetahuinya. Sebab, dalam kalkulasi saya pekerjaan ini memberikan kompensasi lebih bagus dengan effort yang tak seberapa.

Ada dua jenis upah yang diterima seorang SME dari Lionbridge. Upah pertama adalah fee melakukan rating harian yang jumlahnya tetap setiap hari. Upah kedua dihitung berdasarkan jumlah iklan yang kita nilai. Semakin banyak iklan yang dinilai, jumlah pendapatan yang dihasilkan semakin bagus.

Namun, mohon maaf sekali, karena seingat saya dalam kontrak ada klausul yang melarang SME menyebutkan perihal ini secara terbuka, saya tidak dapat menyebutkan nominalnya. Saya memang telah lepas kontrak, namun saya rasa Lionbridge ingin menjaga kerahasiaan nominal tersebut. Jadi, saya tidak mau mengungkapnya di sini.

PS: Kalau ada yang penasaran dan DM ke akun medsos saya, maaf, tetap tidak akan saya bocorkan. Karena mana tahu kan fee-nya udah berubah juga.

Sebagai gambaran, penghasilan saya per bulan dari me-rating selama 7 hari sepekan dan sehari rata-rata 30 iklan, bagi saya lebih dari cukup untuk kebutuhan hidup sekeluarga. Satu keluarga kecil terdiri atas dua dewasa, dua anak, serta satu batita.

Oya, Lionbridge tidak langsung membayar upah ke kita, melainkan lewat WorkMarket. Ini situs marketplace pekerja lepas semacam Freelancer. Begitu diterima oleh Lionbridge, saya diminta mendaftarkan diri ke WorkMarket. Rupa-rupanya WorkMarket inilah yang menampung pendapatan saya sebelum boleh ditarik ke PayPal maupun rekening bank.

Fee dibayarkan setiap pekan, kalau belum berubah setiap hari Rabu. Adapun penghitungan jumlah hari kita melakukan rating dan jumlah iklan yang di-rating dilakukan setiap periode Senin-Minggu. Jadi, fee untuk pekan kemarin (Senin-Minggu, 19-25 Oktober 2020), misalnya, dibayarkan ke WorkMarket pada Rabu, 28 Oktober 2020 ini.

Dari WorkMarket, kita dapat menarik uang tersebut ke PayPal (recommended) ataupun rekening bank via wiretransfer. Cuma kita diminta menunggu hingga sebulan baru dana tersebut cair. Pembayaran saya untuk pekerjaan pekan lalu, contohnya, sudah masuk ke akun WorkMarket saya per hari ini. Namun saya baru dapat mencairkannya pada 28 November mendatang.

Bagaimana pendapat saya menjalani pekerjaan ini? Satu ungkapan pendek saja, luar biasa!

Saya menjalani tugas sebagai Social Media Evaluator (SME) di Lionbridge dengan senang hati. Dan tidak terasa setahun telah berlalu, kontrak saya pun habis. Kini waktunya mencari pekerjaan sampingan lain. Ya, dapur harus tetap ngebul.

Semangat, Bung!

Merasa terbantu dengan tulisan ini?
Boleh dong, beliin saya camilan buat teman nulis 🙂

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (412 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

99 Comments on Pengalaman cari dolar sebagai Social Media Evaluator (SME) di Lionbridge

  1. alumni SME lionbridge juga nih tapi tahun 2019. Jaman single, baru kerja, iseng ikutan. Lumayan bisa buat traveling kesana kemari. haha

    kalo sekarang masih ada nggak ya?
    kayaknya udah ganti nama ya si LB.

    Suka

  2. Halo bung eko, saya mau tanya. Setelah dapat email orientation dan pass the qualification quiz, untuk project pertamanya di mulai kapan ya? Hehe. saya cek email belum ada pemberitahuan. Terimakasi sudah mau jawab

    Suka

  3. halo mas mau tanya kebetulan saya juga coa daftar di telus dan appen tapi saya jadi ragu dan takut melanjutkan prosesnya karena baca2 review luar kalo mereka scam (penipuan) bener gk ya mas?

    Suka

  4. halo mas, saya ingin bertanya. saya udah applied di telus AI Community Surfer (formerly known as Search Engine Evaluator) – English (ID), tapi udah sekitar satu bulan saya belum diberitahu bagaimana tahap selanjutnya, masih belum ada konfirmasi. di profil telus jobs itu pun masih ada di tabs “my applications”. itu kira2 gimana ya kelanjutannya mas? soalnya digantung gitu gak ada konfirmasi, apakah memang selama itu ya? terimakasih!

    Suka

  5. Wahh ceritanya menarik sekali kak. Btw aku baru apply di Personalizes Internet Ads Assesor nih dan dimintai cv atau resume. Nah aku mau tanya nih sekiranya ada gak sih tips untuk isi cv tadi agar bisa di approve gitu kak? Thank you:)

    Suka

  6. sigit hizbi abdillah // Senin, 6 Juni 2022 pukul 04.50 // Balas

    selamat pagi mas
    mas saya mau bertanya mas saya barusan sudah dinyatakan lulus tes dan sudah join labour di workmarket, yang saya ingin tanyakan karena saya baru banget untuk pekerjaannya di kasih tau via apa ya mas? apakah via email atau dari mana ya mas ?

    terima kasih banyak mas

    Suka

  7. Hai kak saya mau bertanya,besaran potongan transfer ke rekening itu berapa persen ya kak?.Kmarin gaji sy udah masuk ke rekening kak,trus sy cek potongannya besar banget.Buat gaji selanjutnya apakah potongannya sama besarnya dengan gaji sebelumnya?

    Suka

  8. Hi mas eko, huhu abis ngerjain tes SME not pass, so sad…
    kalo daftar lagi dengan email lain kira-kira masih terdeteksi g ya, atau harus daftar dengan data diri lain?
    rekomendasi by pengalamannya dong mas, selain telus dmna bisa nemuin freelance yg menghasilkan

    Thanks

    Suka

    • Hai, Mas. Bukannya bisa coba lagi, ya? Atau seluruh kesempatan untuk mencoba sudah habis dan gagal semua? Daftar pakai email lain saya belum pernah coba, tapi kalau sudah punya pasangan (istri) mending daftar akun baru pakai data pasangan saya sekalian.

      Suka

  9. sore mas Eko, saya mau nanya kan tgl 28 Des 2021 saya ada rekomendasi job dari temen saya utk lamar di workmarket dari Telus International.. terus dibulan Jan 2022 ada notif email dari Telus disuruh bikin video selfie buat data2 gitu fee nya $15 nah saya udah dapet tapi kok dapet email notif utk pekerjaan selanjutnya lama bgt yaa? saya kurang ngerti, apakah saya bekerja harus menunggu notif email darisana atau bagaimana?

    Suka

  10. Assalamu’alaikum, boleh ngga bang kita apply di dua job sekaligus di telusinternational?

    Suka

  11. Halo mas Eko. Ceritanya sungguh menarik. Kebetulan saya barusan ini juga keterima di lionbridge (yang sekarang udah gabung sama TELUS Intl setau saya), di posisi Personalized Internet Ads Assesor. Untuk job desc-nya saya kurang tahu apakah sama dengan SME atau tidak, tapi yang jelas sama-sama berkutat dengan rating iklan dan website. Kerjanya sudah ongoing 3 mingguan ini dan sejauh ini alhamdullilah enjoyable. Desember 2021 lalu sudah berhasil ngerating sekitar 900+an iklan meskipun TCR saya masih belum terlalu bagus.

    Cuma yang saya pingin tanya, untuk masalah pembayarannya gimana ya kira kira? Apa memang harus dari Workmarket atau langsung wiretransfer dari pihak lionbridge-nya? Saya sudah provide akun rekening bank ke supplier portal. Tapi untuk di workmarketnya saya terkendala karena dimintain data perpajakan, dan itupun harus sesuai dengan aturan pajak US. Memang semua sudah ada di dokumen contractor agreement, tapi kok saya agak khawatir karena belum pernah kerja seperti ini sebelumnya. Takutnya terkendala di pembayaran, gitu.

    Mohon pencerahannya dari yang sudah berpengalaman..

    Suka

    • Hai, Mas, kalau untuk job ini sepengetahuan saya nanti uangnya langsung ditransfer ke rekening yang kita berikan. Seingat saya tidak melalui Workmarket seperti teman-teman SME, jadi langsung masuk ke rekening kita dalam bentuk rupiah.

      Suka

    • Muhammad Rizky Farhan // Jumat, 15 September 2023 pukul 12.56 // Balas

      hallo mas izin tanya, saya sudah apply di personalize Internet Ads Assesor tapi ko direject 2x ya? ada tipsnya ga ya mas untuk resumenya, terimakasih

      Suka

  12. assalamualikum bang, skrg sy lagi menunggu notif dari TELUS sebgai Search Engine Evaluator, (semoga di terima) yang ingin sya tanya persiapan nya bang.
    apakah harus meiliki PAyoner atau Paypall ?
    terma kasih bang

    Suka

  13. Mass , sy uda lolos SME , uda d buatin email srt dan seharusnya uda kerja dr 3 hr lalu tp masalahnya saya blm menerima email undangan join SRT (warna hijau tombolny). Sy sdh cek spam , inbox , sampah dan smua folder tp ga ada satupun email Join SRT itu. Lalu sy komplen ke Portal khusus SME , dan mrk blg sdh kirim ulang Email Undangan SRT itu. Tp tetap ga masuk di email saya huhu

    Yang mau saya tnyakan , apakah memang email Join SRT lama masuk emailnya ke akun gmail saya ???
    Atau jangan2 Gmail sy yg rusak ???
    Rasanya frustasi huhu
    sy ada email ke mas tp blm di balas. heheheh

    Suka

  14. mas, mau tanya. saya newbie. untuk daftar kerja di lionbridge/telus international harus masuk kemana dulu ya. soalnya kalau di appen kan harus daftar dulu diwebsitenya, kemudian pilih proyek di appen. sedangkan telus/lionbridge gimana ya

    Suka

  15. Hai mas eko.. Saya sdh sebulan lebih ngerjain project lionbridge tapi saya masih gak paham sama system di workmarket. Disystem itu gak terupdate saya lagi ngerjain program apa. Trus bulan ini saya sdh dpt email payment dari lionbrigde tgl26 dan diinfokan bisa dicek tgl29 di Wormarket. Namun, hari ini saya cek tidak ada payment di workmarket system. gimana caranya saya follow up ya mas. mohon arahannya. terima kasih sebelumnya. sehat selalu yaa mas eko…

    Suka

    • Hai, Jess. Terima kasih sudah mampir kemari. Jangan khawatir, sistemnya sudah serba otomatis kok. Payment akan dibayarkan tiap pekan, biasanya setiap hari Rabu pekan berikutnya. Namun, ini pembayaran dari Lionbridge ke akun WorkMarket kita. Untuk menariknya ke PayPal dan kemudian ke rekening bank, masih harus menunggu satu bulan lagi. Bisa dipercepat, tetapi kena charge $1.

      Suka

  16. Mas kalau untuk pencairan fee lewat transfer bank apakah harus konfirmasi dahulu ke bank ybs?

    Suka

    • Pertanyaannya kurang spesifik, Mas. Tapi, dalam kasus ini yang paling memungkinkan adalah dari penarikan dari PayPal ke bank. Maka, jawabannya tidak. Tapi sebelumnya kita musti mendaftarkan bank tujuan transfer ke PayPal, dan nanti akan diverifikasi oleh PayPal. Setelah terverifikasi baru bisa dipakai untuk penarikan. Tanpa perlu memberi tahu bank tujuan atau bank kita.

      Suka

  17. Halo mas, mau tanya, saya itu kontrak di SME berapa lama ya? dan saat ini apa mas ikut project lain nya?
    saya juga udh join dan sudah ngerjakan di IG Feed, sama di Website Anotation Project.
    udh ada payment juga. boleh tau ig/email mas eko ga? buuat sharing” aja, terimaksih infonya di atas mas

    Suka

  18. halo mas, saya mau bertanya. ini saya barusan banget daftar di form SME lionbridge. nah, saya ada beberapa pertanyaan :
    1. setelah isi form, apakah nanti akan dikirim email pemberitahuan dari pihak lionbridge?
    2. kira-kira berapa lama ya pemberitahuannya?
    3. apakah nanti ada tes lalu membuat akun di webmarket?
    4. nanti untuk mengerjakan task-nya, apakah dikirim lewat email atau IG kira atau kita buka dari aplikasi webmarket?
    Terima kasih.

    Suka

    • Hai, Michelle. Terima kasih banyak ya sudah mampir ke blog saya. Pertanyaan-pertanyaannya saya coba jawab berdasarkan apa yang pernah saya alami ya:
      1. Seingat saya tidak ada pemberitahuan. Baru ada pemberitahuan kalau kita masuk daftar yang akan dipekerjakan.
      2. Nah, ini siap-siap ya. Waktu saya daftar tahun kemarin, hanya menuggu sekitar sebulan sudah ada kabar dan langsung bekerja. Sedangkan sewaktu istri saya yang daftar, baru setahun kemudian diberi kabar dan dipekerjakan.
      3. Yap, nanti ada tes yang sebenarnya mudah banget sih. Dan memang diwajibkan membuat akun di WorkMarket. Pembayaran pun nantinya akan melalui akun WorkMarket kita, nggak langsung ke PayPal.
      4. Kalau sudah terpilih dan diminta bekerja, nanti Lionbridge akan meminta username Instagram kita. Setelahnya mereka meminta kita untuk update/instal ulang, tapi ini dilihat dulu apakah fitur untuk rating sudah ada di IG kita atau belum. Kalau ternyata tanpa instal ulang sudah tersedia, ya tidak perlu. Selanjutnya untuk bekerja tidak buka IG dan buka menu rating itu.

      Semoga membantu ya.

      Suka

  19. Mas eko… Waktu itu si mas nya Daftar untuk daerah dan bahasa apa mas?? Barusan saya cari di lionbridge nya ada yg buat jepang aja., Tapi saya cari di google ada yg buat di indonesia… Saya udh daftar juga… Apakah kita daftar saja yg buat di daerah jepang itu?

    Suka

    • Halo, terima kasih sudah mampir kemari. Tentu saja saya daftar yang bahasa Indonesia, karena Lionbridge spesifik menyebutkan pelamar harus berdomisili di bahasa yang dituju. Jadi, kamu bisa pilih Jepang kalau memang berdomisili di Jepang. Btw, yang jadi patokan informasi yang di web Lionbridge ya.

      Suka

      • Trima kasih balasannya mas eko.. mas saya kemarin cari2 untuk sosial media evaluator di google di career lionbridge,, itu ada yg buat domisili indonesia, saya sudah daftar… Pertanyaan saya, apakah lowongan tersebut memang dibuka setiap waktu? Sewaktu mas eko dapat infonya dari google kah atau di infokan dari lion bridgenya?

        Suka

        • Lowongannya tidak selalu ada, Mas. Tahun lalu, setelah saya mendaftar lowongannya ditutup sehingga beberapa teman tidak dapat ikut mendaftar. Sedangkan istri saya yang mendaftar berbarengan dengan saya, baru mulai dapat task tahun ini.

          Suka

  20. Halo, Selamat siang mas Eko, terimakasih banyak untuk informasi yang sangat bermanfaatnya mas. saya izin bertanya mas, saya mahasiswa yang baru saja lulus dan sekarang sedang mengambil S2, saya sudah mendaftar di workmarket tapi sepertinya saya tidak bisa submit mengenai tax information sehingga tidak dapat menambah kan account payment :’). apakah untuk mendaftarkan tax information harus memilki NPWP Terlbih dahulu ya mas? atau apakah ada form yang harus saya isii terlebih dahulu? terimakasih mas eko

    Suka

  21. Assalamualaikum mas, terimakasih atas infonya. Saya juga baru apply di lionbridge tapi untuk Website annotation Project. yang mau saya tanyakan apakah mas nya apply juga, Karena ada yang inginsaya tanyakan mengenai log in SRT tapi belum ada queue yang tersedia?
    Terimakasih

    Suka

  22. hai mas eko. salam kenal. saya newbie work market, baru minggu ini join hehe… kalo udah lulus tes bahasa dan accept agreementnya kita masih harus nunggu lagi yaa mas? nanti pemberitahuan utk mulai kerjanya bagaimana dan cara buat ubah setinggan jam kerjanya bagaimana yaa mas? mohon sharingmya dari senior hehe.. makasih mas eko 🙂

    Suka

  23. btw bro saya mau nanya saya baru join nih program semacam ini itu biasanya mulai startnya kapan yah? nanti di kasih tau tasknya lewat workmarket atau gmn yah?

    Suka

  24. Wah… menarik sekali cerita pengalamannya..tentu lebih menarik lagi cerita pengasilannya (yg tak boleh dibcorkan itu)..ehehe. btw saya juga lagi nyari project2 online (independent contractor) ini, belum nemu, nemunya blog ini. Makasih ya sudah berbagi. Kalau ada info job menarik, berkabar ya Mas.. Emailnya saya sudah tak isi di kolom

    Suka

  25. Rizky Hady Wardana // Jumat, 13 Agustus 2021 pukul 09.04 // Balas

    Selamat pagi mas, saya juga baru gabung SME, saya izin bertanya mengenai mas nya yg kerja full 30ads 7 hari.. Apakah benaran tidak apa apa mas? soalnya di email di tulis Membutuhkan partisipasi yang konsisten 5 hari per minggu (Senin sampai Jumat).
    Jika kita full 30 ads 7 hari gapapa beneran gk putus kontrak?
    TERIMAKASIH.

    Suka

  26. halo kak, kebetulan aku baru aja gabung di workmarket tapi bukan untuk kerja di Lionbridge. Kalau boleh tahu minimal informasi apa saja ya yang perlu disubmit sebelum mulai kerja? CV? Sertifikat? NPWP?

    Suka

  27. Halo mas,
    Baca ini jadi nostalgia. Sepertinya kita ada di batch yang sama, aku mulai terjun ke SME per akhir Oktober juga xD

    Ngerjainnya tiap hari sambil rebahan, sepulang dari kantor, kadang jg sambil makan. Dapet Fee nya segitu, mangstab banget, duniaku lebih indah waktu masih di SME. wkwk. Pengen nyari lagi yg sejenis tapi belum dapet 😦

    Kalo ada program baru bisa di share ya mas 😀

    Suka

    • Wah, iya tuh bener. Mulai Oktober 2020 kita. Bayarannya juga oke punya, dengan jumlah rating 30 per hari. Sekarang isteri yang dapat kesempatan, Mas. Iklannya cuma 20 per hari, itu pun paling banyak dan nggak mesti segitu. Wajar kalau kemudian fee juga lebih sedikit dari batch kita dulu.

      Btw, saya juga lagi nyari-nyari, Mas. Lumayan buat nambah tabungan 🙂

      Suka

  28. Halo, mas saya baru diterima menjadi social media evaluator. Nah untuk pembayaran kan masuk dulu melalui Workmarket, saya baca baca di forum SRT Workplace-nya harus mengisi tax information terlebih dahulu pada Workmarket. Apakah jika tidak mengisi tax information masih bisa di-withdraw ke paypal saya? Terima kasih mas

    Suka

    • Hai, Mas. Terima kasih sudah mampir. Benar, harus masukin tax information terlebih dahulu. Tapi saya kok lupa ya itu wajib apa nggak. Soalnya saya udah ada NPWP, jadi tinggal masukin aja.

      Suka

  29. Mas pake smartphone bisa kah? Saya gk ada laptop/desktop

    Suka

  30. halo mas, saya sudah mendapat email dari lionbridge dan sudah passed test di workmarket, nah untuk tasknya sendiri kita menerimanya via wm kah atau email?dan berapa lama setelah kita passed lalu menerima task pertama. makasih mas 🙂

    Suka

    • Setelah passed test masih nunggu lagi beberapa waktu, seingat saya begitu. Nanti kalau sudah disuruh kerja, akan dikirim email pemberitahun mulai kerjanya tanggal berapa. Untuk SME, cukup instal Instagram dan update aplikasinya. Setelah update aplikasi akan muncul fitur khusus untuk memberi rate, dll. sesuai tuntutan pekerjaan.

      Suka

  31. Azhar Dewa Astika // Jumat, 12 Februari 2021 pukul 23.02 // Balas

    Halo mas, benar apa yg ditulis tentang Lionbridge. Saya pun sampai sekarang alhamdulillah menjadi rekanannya, setiap project selesai, project lainnya datang. Berberapa kali diberikan seperti penghargaan oleh lionbridge. Saran saya, memang harus lebih aktif kedepannya dan istilahnya sy pun suka minta kerjaan ke orang lionbridgenya langsung hehe.

    Tetep semangat agar dapur dan cicilan tetap jalan!

    Suka

    • Alhamdulillah nggak ada cicilan, Mas. Dapur tetap ngebul. Hehehe. Dulu daftar Lionbridge iseng-iseng nyoba pas dapat info dari Quora, ternyata keterima. Ini lagi nunggu kabar job selanjutnya dari mereka btw 🙂

      Suka

    • saran dong mas, kerja di dg perusahaan luar gmna biar ga di keluarkan dari project dan bisa dapat pengahargaan dari lionbridge nya, perhari ngabiskan waktu berapa jam mas? soalnya di email emg tertulis 20-30jam/minggunya.

      Suka

  32. Terima kasih sharingnya mas, bermanfaat banget buat saya yang kebetulan juga habis apply dan masih harap-harap cemas nunggu email berikutnya.

    Oh iya saya pingin nanya, dulu waktu apply mas Eko lewat website Lionbridge langsung atau lewat platform penyedia job lain?

    Suka

    • Hai, Mas. Terima kasih juga sudah membaca tulisan ini.
      Dulu saya daftar langsung di web Lionbridge, tapi ujung-ujungnya tetap saja harus melalui WorkMarket. Disuruh daftar ke WM dan semua pendapatan masuk ke WM dulu baru bisa saya ambil. Hehehe,

      Suka

  33. mas, bagian tax information harus diisikah? Gak pernah urus kartu pajak si, kecuali pajak rmh ama kendaraan.

    Suka

  34. Artikelnya sangat menarik, terima kasih insightnya. Kebetulan saya baru 1 bulan di LB sebagai SME juga. Awal-awal kerja rasanya kok lama banget nge-rate 30 iklan. Tapi, makin ke sini jadi makin cepat hehe. Kalau boleh tanya, untuk withdraw sebelum 30 hari, fee-nya berapa ya kira-kira?

    Suka

    • Hai, Mbak. Terima kasih banyak ya sudah membaca tulisan saya ini. Untuk penarikan fee sebelum jatuh tempo dikenakan biaya $1 per penarikan. Jadi, kalau bayaran sepekan $42, yang masuk ke PayPal kita nett $41.

      Kalau nggak kepepet banget, mending sabar nunggu aja deh. Soalnya, narik dari PayPal ke rekening kita juga bakal kena fee kalau nominal rupiahnya kurang dari Rp1.500.000. Sekedar saran sih, hehehe.

      Suka

  35. alhamdulillah saya kerja sebagai SME di LB sudah lewat satu tahun dan diperpanjang walaupun rate nya turun

    Suka

  36. Saat mendaftar ada beberapa pertanyaan yang kita harus jawab kan ya, izin nanya dong kak… Lionridge kan nanya persetujuan kita perihal personalisasi ke sosial media dan history pribadi kita, apakah jawaban tidak setuju mempengaruhi kita diterima atau tidak? Terus mau tanya keamanan data kita, apakah kerahasiaan data kita terjamin semisal kita jawab “setuju?

    Suka

    • Hai Lia. Trims banget ya sudah baca posting ini.

      Wah, pertanyaan-pertanyaannya bukan wewenang saya buat jawab nih. Tapi, khusus untuk pertanyaan kedua, coba deh googling sebentar aja dan cari tahu seperti apa sih Lionbridge itu. Kalau saya dulu sih mikirnya gini, Lionbridge ini kan kerja sama dengan Facebook (yang punya Instagram). Jadi, menurut saya ini bukan perusahaan kecil maupun perusahaan yang bakal sembrono melakukan kesalahan fatal seperti menyebar-luaskan data-data pribadi kita. Semoga membantu.

      Suka

  37. Mas eko, perkenalkan saya Ai. alhamdulillah kemarin saya coba daftar dan mendapat email notifikasi dari Lionbridge. ratenya turun dari yang biasa. tapi kalo ditekunin 7/24 alhamdulillah lumayan buat nutup2in biaya kuliah. boleh minta bantuan dan arahannya mas? terimakasih mas.

    Suka

  38. Makasih infonya mas. Kebetulan naru proses daftar. Sekalian mau tanya. Sy kan bru aja daftar buat lowongan SME ini di Lionbridge. Emang kt ga dapat email atau notif apa2 ya kl udah berhasil masuk submissionya? Dan brp lama ya kt nggu lolos apa tdk nya? Harap2 cemas jg takut tdk terkirim. Makasih

    Suka

    • Setelah isi formulir pendaftaran kita nggak akan dikasih pemberitahuan apa-apa, kecuali kalau diterima. Nanti kalau diterima, bakalan disuruh ikut semacam tes dulu. Kalau lulus tes, baru deh terima email lagi dan mulai kerja. Tapi dari ikut tes sampai dinyatakan lulus dan bekerja itu bisa sebulan sendiri waktu tunggunya.

      Kesimpulannya, kalau setelah isi form nggak ada kabar apapun dari Lionbridge sampai lebih dari 1-2 bulan, ya berarti nggak rejeki.

      Suka

  39. benar! setuju om.
    sangat2 kebangeten gampangnya, sangat banyak duitnya,
    kalau boleh tahu, berapa lama ya kontrak nya?
    oiya, ada saran untuk yang baru masuk
    selasa invoice masuk dari lionbridge ke workmarket, jumat masuk ke fastfunds kalo gak salah, dari fastfunds kalau mau dimasukkan ke workmarket, nunggu 30 hari, kalau mau diambil langsung boleh, kena potongan, 0,8/1$
    Dari workmarket saya kirim ke paypal, biasanya saya nunggu 3/4 x pembayaran baru saya kirim ke paypal, mengapa? karena per transaksi ada potongan 1$ , saving cost., sayang nya untuk pencairan fastfunds nya per transaksi (gabisa digabung, meminimalkan potongan). Bisa transfer ke rekening bank, tapi potongannya besar.
    Nah, dari paypal, kalo lebih dari 100$ setahu saya ga kena potongan, bayangin transaksi 4x dipotong 1$ per transaksi,
    abis itu dari paypal kirim deh ke rekening kita, biasanya senin/ selasa udah masuk.
    oiya, jumat langsung tarik aja kalau mau narik, sabtu minggu mereka libur, bank mereka di sono.
    TLDR : selasa invoice, jumat masuk dana, proses, senin/selasa gajian,cair.
    – Kemarin dapet notif job ambil foto dan video, rate nya lumayan.
    – Ngajak temen apply disini, kebanyakan bikin akun nya aja ga bisa, mau duitnya gamau usaha dikit :<

    Suka

    • Di Lionbridge kontrak SME itu maksimal 12 bulan (up to 12 month), jadi kalo mulai rating 1 November 2020, nanti terakhir kali dapet job 1 November 2021. Tentu dengan catatan kalo selama terikat kontrak kita nggak ngelanggar term yang bisa berakibat putus kontrak.

      Ditekuni aja, Masbro. Kalau untuk bujangan penghasilannya sangat lumayan sekali ini.

      Suka

    • kalo boleh tau job take foto sama video itu sama dari lionbridge juga kah mas?
      terkait pembayaran, kemren sabtu abis wd dari wm ke akun bank, itu bisa ga mas? soalnya di work market udh saya masukan akun bank saya

      Suka

Beri komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.