Highlight:

Mudahnya top up saldo RDN Ajaib Sekuritas dengan Gopay

Cara top up saldo RDN Ajaib

“INVESTASI mudah, modal rendah” menjadi salah satu jargon unggulan Ajaib Sekuritas. Setelah membuka rekening saham di sekuritas ini beberapa waktu lalu, saya pun coba membuktikannya. Eh, ternyata betul juga. Saya bisa melakukan top up saldo Rekening Dana Nasabah (RDN) Ajaib lewat Gopay dengan mudah sekali.

Harus diakui saya hanya iseng saja membuka rekening saham Ajaib. Tujuan saya membuat akun murni untuk membuktikan kepraktisan prosesnya yang diklaim 100% online. Dan memang begitulah adanya. Saya dapat membuat akun baru dalam tempo belasan menit saja, full online lewat aplikasi di smartphone, tanpa harus mengirim berkas cetak apapun.

Selang beberapa bulan setelahnya, saya belum juga bermaksud melakukan top up maupun menggunakan akun Ajaib tersebut. Terlebih saya tengah berada di tengah pelosok desa transmigrasi di Muaro Jambi. Pun saya sudah punya dua akun saham lainnya yang sudah digunakan lebih lama, yakni di Sinarmas Sekuritas dan Sucor Sekuritas.

Baca juga: Pengalaman buka rekening saham Sinarmas Sekuritas lewat Stockbit

Saya baru kepikiran untuk mencoba top up di Ajaib ketika mendapat hadiah saldo Gopay dari sebuah survei. Pemberi hadiah nan baik hati itu adalah Exabytes, salah satu penyedia hosting dan nama domain langganan saya. Jumlahnya tidak bisa dibilang banyak, tapi juga tidak bisa dibilang sedikit: Rp50.000. Lumayan, bukan?

Begitu saya mengonfirmasi nomor handphone lewat email, saldo tersebut langsung masuk ke akun Gopay. Saldo Gopay saya yang tadinya berjumlah Rp100, bertambah menjadi Rp50.100. Nominal inilah yang akan saya coba kirim ke rekening saham Ajaib.

Topup RDN Ajaib lewat Gopay

Pas sekali Ajaib menyediakan pilihan top up yang sangat beragam. Dari cara konvensional dengan transfer bank (via ATM, e-banking, virtual account) hingga menggunakan dompet digital (Gopay, OVO, Dana, dll.).

Saya pun memasang ulang aplikasi Gopay di smartphone. Dulu saya uninstall karena jarang terpakai, di Pemalang cuma ada Grab.

Saya jadi semakin tertarik mencoba setelah ada tulisan berwarna oranye berbunyi “Gratis biaya admin 3x” pada aplikasi Gopay. Itu artinya saya bisa utuh mengirim Rp50.100 dari Gopay ke saldo RDN Ajaib. Terbayang di pelupuk mata dengan uang sebesar itu saya bisa nyicil beli saham incaran selot.

Sayang, entah kenapa rupa-rupanya saya masih kena biaya admin. Besar potongannya Rp2.500, sehingga jumlah yang masuk ke RDN saya menjadi Rp47.600 saja. Tak apalah. Anggap saja ngelarisi dagangannya Pak Nadiem Makarim.

Lantas, bagaimana cara top up saldo RDN Ajaib dengan Gopay?

Mudah sekali. Mula-mula pastikan saldo Gopay-mu cukup ya. Nggak perlu banyak-banyak kok, yang penting cukup. Sebab saldo banyak juga belum tentu bikin cukup, hehehe.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gojek, dan tap tombol “Bayar” pada kolom Gopay.
  • Pada tampilan berikutnya, pilih “Ke rek. bank” pada bagian bawah layar.
  • Kemudian pilih “Transfer instan ke rek. baru” saat tampilan selanjutnya terbuka.
  • Ketikkan nama bank pada kolom yang muncul kemudian. Karena rekening Ajaib saya memakai Bank Permata, maka saya pun mengetikkan nama Permata.
  • Setelahnya akan tampil kolom untuk mengisikan nomor rekening. Masukkan nomor rekening saham dan tap tombol “Verifikasi”. Pastikan namamu muncul sebagai nama pemilik rekening. Jika sudah benar, tap tombol “Lanjut”.
  • Berikutnya masukkan nominal uang yang akan dikirim. Seperti saya sebut di atas, karena ada biaya admin sebesar Rp2.500 maka dari saldo Gopay sebesar Rp50.100 saya hanya dapat mengirim Rp47.600 ke saldo RDN Ajaib. Jangan lupa tap tombol “Lanjut” untuk melanjutkan.
  • Tampilan berikutnya adalah halaman konfirmasi, yang memperlihatkan detil transfer. Jika sudah sesuai, tap tombol “Konfirmasi”.
  • Gopay akan meminta kamu memasukkan nomor PIN. Begitu PIN diisikan ke kolom tersedia, dan tentunya jika tidak salah, proses transfer pun dilakukan. Tunggu beberapa saat.
  • Apabila transfer sukses dan dana sudah berpindah dari Gopay ke Ajaib, kedua aplikasi bakal memberi notifikasi.

Jika kamu lebih suka melihat petunjuk visual, berikut saya buatkan screenshot urut-urutan proses transfer saldo RDN Ajaib dari Gopay. Klik tanda panah ke kanan untuk melihat slide berikutnya ya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Berdasarkan pengalaman saya ini, proses transfer hanya berlangsung beberapa kedipan mata. Tak sampai semenit saya rasa, uang hadiah survei Exabytes sudah berpindah dari Gopay ke RDN Ajaib.

Saldo RDN saya pun berubah dari Rp0 menjadi Rp47.600. Sedangkan saldo Gopay sebaliknya, menjadi Rp0. Saldo Pak Nadiem? Ya mana mungkin saya tahu.

Saya segera membuka aplikasi Ajaib untuk mengecek, kira-kira saham incaran mana yang bisa saya cicil selot-selot dengan uang ini. Tadinya saya mau mencicil saham PT Cikarang Listrindo, Tbk. (POWR), tapi saldo RDN bahkan tak cukup untuk membeli selot.

Setelah membanding-bandingkan sekian pilihan dalam wishlist, saya kemudian memutuskan untuk membeli saham PT Sumi Indo Kabel, Tbk. (IKBI). Harganya ketika itu Rp216, jadi dengan saldo RDN sebesar Rp47.600 saya dapat mencicil dua lot seharga Rp43.200 ditambah fee. Masih ada kembalian.

Lumayanlah, uang hadiah yang didapat hanya dengan mengisi survei kepuasan pelanggan selama beberapa menit berubah menjadi saham dalam portofolio. Ini baru namanya investasi tanpa modal. Hehehe.

Investasi kok cuma dua lot? Ya karena uangnya cuma cukup buat beli dua lot. Nanti kalau ada uang lagi, saya cicil lagi selot-selot. Dalam investasi itu yang penting disiplin. Kalau disiplin mencicil beli, nanti dari selot demi selot begini lama-lama bisa jadi sejuta lembar.

Oya, Ajaib memberi tawaran menarik berupa reksadana gratis bagi pendaftar baru. Untuk mendapatkannya kamu musti memasukkan kode referal eko.587 pada formulir pendaftaran di aplikasi. Jangan salah, kode referalnya eko.587 ya.

Semoga bermanfaat.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (379 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: