Highlight:

Benar-Benar Ajaib! Buka rekening saham di sekuritas ini cuma hitungan jam

Buka rekening saham Ajaib Sekuritas

BERAPA lama waktu yang dibutuhkan sampai sebuah rekening saham (RDN/RDI) selesai dan siap digunakan berinvestasi? Saya pernah mengalami yang 10 hari kerja, 5 hari kerja, lalu 3 hari kerja, sampai kemudian menemukan satu sekuritas yang dapat menyelesaikannya hanya dalam hitungan jam. Benar-benar ajaib!

Ya, kalau kamu menebak saya akan membahas Ajaib Sekuritas, maka tebakan tersebut 100% benar. Berawal dari seringnya iklan sekuritas berlogo lampu Aladdin ini muncul, saya jadi penasaran mencari referensi lebih lanjut. Rasa penasaran tersebut semakin membuncah sehingga kemudian saya mengunduh aplikasinya dari App Store dan mendaftarkan diri.

Eh, lha kok kesan saya terhadap sekuritas anyar satu ini semakin membekas setelahnya. Pasalnya, proses pendaftaran seluruhnya dilakukan secara daring. Full online kalau menurut istilah generasi kiwari. Tak ada satupun berkas yang perlu dikirim. Saya hanya perlu mengisi serangkaian formulir pada aplikasi, merekam video beberapa detik, membubuhkan tanda tangan digital, selesai!

Okelah, sekarang sudah banyak sekuritas yang memberlakukan hal serupa. Tapi, saya dibuat semakin terkesan oleh Ajaib Sekuritas karena rekening saham saya begitu cepat selesai dibuat. Saya mendaftarkan diri pada malam hari, di luar jam kerja. Eh, besok pagi-pagi saya sudah dapat notifikasi kalau RDN selesai dibuat dan siap menampung dana.

Kenapa kecepatan proses pembuatan rekening saham menjadi penting? Karena momentum merupakan salah satu faktor menentukan dalam investasi saham. Kita nggak mau kehilangan momentum hanya karena RDN nggak selesai-selesai, bukan?

Dikaitkan dengan kondisi terkini, di mana wabah Covid-19 masih menghantui negeri kita tercinta, maka proses pembukaan rekening saham yang full online seperti ditawarkan Ajaib adalah sebuah keniscayaan. Pendaftaran secara daring sepenuhnya membuat kita tidak perlu kontak dengan orang asing, juga paperless.

Alasan Memilih Ajaib Sekuritas

Meski demikian, alasan pertama saya tertarik pada Ajaib bukan terletak pada sisi teknis pendaftaran tersebut. Yang pertama kali membuat saya tertarik, Ajaib menawarkan solusi investasi yang lengkap: bisa beli saham dan sekaligus reksadana dalam satu aplikasi.

Tapi, Bung, kan ada sekuritas lain yang di aplikasinya malah bisa beli saham, reksadana, dan obligasi sekaligus?

Nah, masalahnya saya tidak suka obligasi. Kenapa? Karena obligasi itu kan surat hutang. Jika itu obligasi negara, maka kita memberi hutang pada negara. Jika ada imbal hasil yang kita dapat dari obligasi tersebut, berarti kelebihan uang tersebut adalah bunga alias riba. Istilahnya bisa macam-macam: kupon, return, dll., tapi tetap saja itu riba.

Indikator teknikal Ajaib

Balik lagi ke alasan memilih Ajaib, sekuritas ini juga tidak mewajibkan minimum setoran awal. Kita dapat membuka rekening saham bermodal dengkul, tanpa modal alias Rp0. Tentu saja kita tetap butuh dana untuk membeli saham. Namun setidaknya ketentuan tanpa setoran awal ini sangat meringankan sekali.

Alasan berikut yang tak kalah penting, Ajaib menyediakan indikator teknikal yang terhitung lengkap. Terdiri atas 14 jenis indikator teknikal seperti Fibbonaci Pivot Points, Stochastic, RSI, Moving Average, dan masih banyak lagi. Indikator teknikal tersebut tersedia di masing-masing halaman saham pada aplikasi Ajaib.

Bagi yang belum tahu, indikator teknikal sangat penting sebagai acuan masuk ke sebuah saham. Berbekal data-data pada berbagai indikator tersebut kita dapat membeli saham pada harga yang tepat secara momentum pergerakan harga. Baik untuk tujuan jangka pendek-menengah (trading), maupun tujuan jangka sangat panjang (investasi), membeli saham pada harga dan momentum yang tepat menjanjikan profit maksimal.

Baca juga: Saham third liner yang bikin saya merasakan bagger untuk pertama kali

Ambil contoh saham ARNA (PT Arwana Citramulia, Tbk.) pada gambar di atas. Ketika saya buka profil saham tersebut di aplikasi Ajaib, tersajilah berbagai indikator teknikal yang menyarankan untuk membelinya. Ajaib bahkan memberi kesimpulan 100% Beli untuk saham produsen keramik itu.

Tak cuma indikator teknikal, Ajaib melengkapi informasi dengan berbagai indikator fundamental. Mulai dari rasio profitabilitas perusahaan (persentase ROE, GPM, NPM), rasio solvabilitas (DER, quick ratio, current ratio), dan rasio-rasio penting lain untuk menilai bagus-tidaknya sebuah perusahaan.

Sama halnya indikator teknikal, pada menu fundamental saham juga diberikan kesimpulan yang menyatakan apakah saham tersebut sehat dan layak beli atau sebaliknya. Meski masih terhitung data-data mendasar, tapi indikator ini sudah sangat membantu sekali. Setidaknya untuk screening awal, sebelum melanjutkan riset lebih mendalam dengan memeriksa laporan keuangan dan lainnya.

Alasan-alasan itulah yang kemudian membuat saya mengunduh aplikasi Ajaib dan membuka rekening saham.

Langkah-Langkah Membuka RDN di Ajaib Sekuritas

Untuk membuka rekening saham di Ajaib sangat mudah sekali. Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja mengunduh aplikasinya di App Store bagi pengguna iOS, atau di Google PlayStore bagi pengguna smartphone berbasis Android.

Setelah aplikasi terpasang pada gawai, buka untuk mengawali proses pendaftaran. Mula-mula kita akan disuguhi tiga banner berisi keunggulan-keunggulan Ajaib–sebagian sudah kita ulas sebelumnya:

  1. Satu aplikasi untuk saham dan reksadana sekaligus
  2. Aman dan terdaftar, Ajaib terdaftar resmi sebagai anggota Bursa Efek Indonesia serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
  3. Modal kecil, di mana untuk buka RDN bisa modal Rp0 dan beli reksadana bisa mulai dari Rp10.000,-

Klik tombol biru bertuliskan “DAFTAR” pada bagian bawah salah satu dari ketiga banner tersebut. Pada tampilan berikutnya, tersaji sebuah formulir pendaftaran. Isikan nomor handphone, alamat email, password, serta kode referal.

Oya, Ajaib memberi tawaran menarik berupa reksadana gratis bagi pendaftar baru. Untuk mendapatkannya kamu musti memasukkan kode referal eko.587 pada formulir seperti pada gambar berikut. Jangan salah, gunakan kode referal eko.587 ya.

Pastikan kamu telah mengisi seluruh kolom dengan benar. Jika sudah, tap tombol “DAFTAR” pada bawah formulir. Hanya dalam sekejap kemudian akun kamu jadi. Kamu pun sah tercatat sebagai salah satu pengguna Ajaib.

Tapi, ini baru akun untuk login di aplikasi Ajaib ya. Kamu masih harus menempuh beberapa langkah lagi untuk membuka rekening saham di Ajaib Sekuritas. Pada tampilan depan, kamu akan diminta melengkapi data diri agar dapat mulai berinvestasi. Untuk itu, tap saja tombol “Isi Sekarang”.

Buka rekening saham Ajaib

Pada tampilan berikutnya akan tersaji formulir-formulir yang meminta (1) Identitas diri, (2) KTP dan informasi rekening bank, (3) Profil risiko calon investor, dan (4) Alamat calon investor.

Berikutnya aplikasi akan meminta kita untuk melakukan live video mengucapkan kalimat “Hai, saya [nama]. Saya mau investasi saham di Ajaib.” Lalu tersaji syarat dan ketentuan rekening efek yang sebaiknya dibaca sebelum disetujui.

Selesai? Sedikit lagi. Langkah berikutnya adalah membubuhkan tanda tangan secara digital pada bagian bawah laman syarat dan ketentuan tadi. Terakhir, kita diminta membuat PIN yang akan ditanyakan setiap kali kita melakukan transaksi tertentu.

Semua langkah di atas, mulai dari mengunduh aplikasi Ajaib hingga membuat PIN transaksi, saya jalani mulai pukul 20.08 WIB hingga pukul 20.25 WIB. Artinya, saya hanya membutuhkan waktu 17 menit untuk membuka rekening saham Ajaib Sekuritas!

Menurut saya ini terhitung cepat. Apalagi saya melakukannya sembari rebahan di atas kasur. Bandingkan dengan saat saya buka rekening saham Sinarmas Sekuritas lewat Stockbit, di mana masih harus mengirim setumpuk berkas fisik dan menunggu dua pekan.

Selanjutnya bagaimana? Tinggallah waktunya menunggu akun dan rekening saham kita selesai dibuat. Ajaib menjanjikan proses ini berlangsung maksimal 3 jam kerja. Karena saya mendaftar di malam hari, di luar jam kerja, maka saya pun memilih tidur.

Keesokan paginya rekening efek Ajaib saya sudah selesai. RDN-nya menggunakan Bank Permata, bank swasta terkemuka yang pada Mei 2020 lalu baru saja diakuisisi Bangkok Bank. Saya pun siap menjajal fitur-fitur yang ditawarkan sekuritas baru tapi lama ini.

Rekening saham Ajaib

Kesimpulan: Plus-Minus Ajaib Sekuritas

Tertarik membuka rekening saham Ajaib? Menilik kemudahan proses pendaftaran serta persyaratannya yang tidak memberatkan, Ajaib memang menarik dicoba. Tapi tunggu dulu. Sebelum mengambil keputusan coba kita rinci apa saja kelebihan-kelebihan dan juga kekurangan-kekurangan sekuritas satu ini.

Kekurangan

Kita mulai dari kekurangannya dulu ya. Setidaknya ini yang saya catat berdasarkan pengalaman memakai Ajaib serta dari berbagai referensi:

  • Pilihan bank untuk RDN hanya Bank Permata, tidak ada pilihan lain. Kalau rekening utamamu bukan Bank Permata, rasa-rasanya kamu bakalan jadi pelanggan setia Flip agar tak kena biaya tambahan saat topup.
  • Tidak ada fitur GTC (Good ‘Till Canceled) yang memungkinkan kita memasang order di luar jam bursa maupun mengincar harga tertentu. Jika harga bid (untuk beli) ataupun ask (jual) tidak match pada hari tersebut, kita harus pasang order lagi keesokan harinya.
  • Terdapat delay yang terhitung lama. Ini menyebabkan data harga dan orderbook yang kita lihat pada aplikasi tidak sesuai dengan yang sedang terjadi di pasar. Konon, kita dapat menikmati data real time jika transaksi harian di atas sekian ratus juta.
  • Bagi investor awam seperti saya, fee transaksi yang ditetapkan Ajaib agak membingungkan. Di web resmi tertulis biaya transaksi sebesar 0,10% untuk transaksi harian senilai kurang dari Rp 150 juta. Namun, biaya tersebut belum termasuk biaya levy (KPEI, KSEI, BEI), PPN biaya broker, dan PPh.
  • Pada tampilan profil saham, tidak terdapat informasi mengenai para pemegang saham (shareholders) baik nama-namanya maupun persentase kepemilikan. Bagi saya informasi ini penting, sebab mengetahui pemilik saham merupakan salah satu cara mengidentifikasi sebuah perusahaan bagus atau tidak.
  • Pada saat mendaftar, di aplikasi nama sekuritas yang tertulis adalah PT Ajaib Sekuritas Asia. Namun, entah mengapa di profil saya dalam laman Akses KSEI tidak ada nama tersebut. Yang tertera justru PT Primasia Unggul Sekuritas. Ya, betul. Ajaib mengakuisisi PT Primasia Sekuritas. Itu sebabnya saya tadi mengatakan Ajaib sebagai sekuritas baru tapi lama.
  • Mengutip data di laman BEI ini, Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Ajaib Sekuritas d/h Primasia Unggul Sekuritas sebesar Rp26.631.875.289,31. Angka ini hanya sedikit di atas batas minimun MKBD yang ditetapkan otoritas, yakni Rp 25 miliar. Jika MKBD turun di bawah angka tersebut, sekuritas tersebut akan disuspensi oleh BEI.


Kelebihan

Lalu, apa saja kelebihan Ajaib? Sependek catatan saya, berikut beberapa di antaranya:

  • Buka rekening saham modal dengkul. Tak ada ketentuan mengenai setoran pertama alias Rp0. Sebagai perbandingan, ada satu sekuritas yang memberi syarat setoran pertama Rp 5 juta.
  • Proses pembukaan rekening sangat ringkas sehingga dapat dilakukan dalam tempo cepat. Full online, paperless, dan cepat.
  • Tampilan aplikasinya bersih dan sederhana. Kita dapat dengan mudah mengerti cara menggunakan aplikasi ini beserta segala fiturnya.
  • Terdapat indikator teknikal yang terdiri atas 14 jenis indikator. Ini sangat membantu dalam menentukan kapan waktu tepat untuk membeli sebuah saham.
  • Kecuali daftar pemegang saham, informasi mengenai fundamental perusahaan yang disajikan Ajaib boleh dibilang lengkap. Ajaib juga menyajikan data historis pembagian dividen.
  • Meski agak kurang jelas persentase finalnya, tapi menurut saya fee transaksi Ajaib terhitung murah. Coba saja dihitung manual. Fee untuk transaksi harian di bawah Rp 150 juta adalah 0,10%, biaya levy 0,043%, PPN biaya broker 10% dari 0,10% alias 0,01%. Totalnya 0,153%. Untuk transaksi jual, terdapat tambahan PPh. final sebesar 0,01% dari nilai transaksi.

Jadi bagaimana, tetap mantap membuka rekening saham di Ajaib Sekuritas? kalau iya, jangan lupa masukkan kode referal eko.587 pada saat mendaftar ya. Ada reksadana gratis dari Ajaib buatmu lho. Jangan nolak rejeki, pamali atuh 🙂

Semoga bermanfaat.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (379 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

1 Trackback / Pingback

  1. Mudahnya top up saldo RDN Ajaib Sekuritas dengan Gopay – bungeko.com

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: