Highlight:

Memilih pipa air kualitas premium, tahan lama, dan ramah kantong

SATU hal penting yang harus dipersiapkan dengan baik saat mulai membangun rumah adalah saluran air. Dari mana sumbernya, bagaimana sistem pengaliran airnya, dan tentu saja untuk itu kita musti memilih pipa yang tepat. Nah, dalam tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memilih pipa air yang baik dan tahan lama.

Beberapa tahun lalu saya dan istri sepakat memulai pembangunan rumah. Mumpung dananya ada–meski belum 100% sih, juga mumpung tanahnya sudah dapat yang cocok. Sebuah rumah yang dalam gambaran kami sederhana saja, baik dalam hal ukuran maupun tampilannya, namun bakal menjadi perwujudan dari ungkapan “Baity jannaty. Rumahku, surgaku.”

Jauh sebelum hari peletakan batu pertama, saya sudah berkali-kali berkeliling lokasi pembangunan. Bukan cuma untuk keperluan membuat denah bangunan agar selaras dengan ukuran bidang tanah, namun juga merancang-rancang hal lain menyangkut kebutuhan kami kelak: saluran air bersih, saluran pembuangan air limbah, juga penempatan septic tank dan kamar mandi.

Syukurlah, setelah mengetahui lokasi septic tank dan sumur milik tetangga terdekat, kami dapat menempatkan milik kami tanpa masalah. Lokasinya di belakang rumah, tak jauh dari tempat di mana kamar mandi kelak diposisikan. Sempurna!

Sedangkan untuk saluran pembuangan limbah, kami diuntungkan dengan keberadaan got milik tetangga yang melintas tepat di sisi timur rumah alias berada di atas lahan kami. Nebeng nggak ada salahnya kan? Toh, mereka juga sudah lebih dulu nebeng sama kami. Hehehe.

Yang jadi PR terbesar adalah saluran air bersih. Kami tak mungkin membuat sumur di belakang rumah karena sudah ada septic tank di sana. Lahan yang terbatas membuat sumber air bersih tak mungkin diposisikan di area yang sama. Di samping kiri-kanan juga tidak bisa. Jadi, pilihan paling memungkinkan hanya di depan rumah.

Di sinilah tantangannya. Panjang rumah kami dari depan ke belakang adalah 12,5 meter. Jika sumber air bersih dibuat di depan, sementara dapur dan kamar mandi di belakang, maka saya musti merancang saluran air bersih dengan pipa yang terbentang sepanjang 15-20 meter.

Pipa Kualitas Premium nan Ramah Kantong

Mengingat rangkaiannya yang panjang dan sebagian besar bakal terekspose sinar matahari karena berada di tempat terbuka, maka saya perlu pipa terbaik agar tahan lama. Dan karena saya perlu menekan anggaran sehemat mungkin, maka pipa tersebut mustilah ramah kantong.

Kesimpulannya, saya membutuhkan pipa kualitas premium tapi harganya bersahabat. Sebuah perpaduan yang terlihat sulit ditemukan, namun berdasarkan pengalaman selama ini bukan tidak mungkin dicari. Saya sudah berkali-kali membuktikan, mendapat barang berkualitas sangat baik dengan harga sangat terjangkau itu bisa dilakukan.

Seperti biasa saya lakukan sepanjang pembangunan rumah, saya pun berkonsultasi dengan seorang saudara jauh yang mempunyai beberapa toko bangunan. Sesuai urut-urutan silsilah keluarga, saya memanggilnya paman. Dari toko beliaulah sebagian besar material rumah kami dipasok.

Paman jauh tersebut menambahkan, selain faktor kualitas dan harga saya juga wajib mempertimbangkan kelengkapan aksesori. Untuk membangun sebuah sistem saluran air yang sempurna, saya butuh aksesori-aksesori pelengkap yang tidak sedikit. Baik untuk sambungan antarpipa, juga lem perekat. Masukan yang tentu saja saya simak dengan serius.

Meski demikian, sebagai pedagang yang baik paman tersebut tidak mau memberi rekomendasi merek tertentu. Tugas sayalah untuk mencari merek yang pas sesuai kriteria-kriteria tersebut di atas: kualitas premium, harga bersahabat, dan aksesorisnya lengkap.

Mesin pencari Google menjadi tempat saya bertanya selanjutnya. Saya menelusuri satu demi satu referensi yang dimunculkan olehnya sampai akhirnya menemukan satu merek yang cocok: RUCIKA. Merek yang slogannya pas betul dengan kebutuhan saya, “di mana air mengalir sampai jauh.”

5 Alasan Memilih Rucika

Dari berbagai referensi yang saya baca, saya menemukan setidaknya lima alasan yang menjadikan Rucika sebagai pilihan tepat. Dua di antaranya sesuai kriteria yang saya tetapkan, dan satu lagi seperti yang disarankan paman yang bos toko bangunan tersebut.

Berikut kelima alasan memilih pipa air Rucika:

1. Kualitas premium

Produk-produk Rucika memiliki standar industri Jepang atau Japanese Industrial Standard (JIS). Dengan demikian pipa airnya dijamin memiliki kualitas premium. Terbuat dari bahan resin uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride) yang aman dari korosi, Rucika dapat bertahan hingga 30 tahun. Tahan lama.

Aksesorinya lengkap

Merancang sistem saluran air bersih tak hanya membutuhkan pipa. Kita juga butuh aneka sambungan yang bentuk serta kegunaannya bermacam-macam. Nah, Rucika menyediakan 300 ragam sambungan pipa (fitting). Pilihan yang sangat banyak sekali. Adapun untuk lem perekat sebagai penguat sambungan, Rucika mempunyai produk lem pipa yang diakui sangat handal dalam hal merekatkan sambungan pipa air.

Tahan sinar ultraviolet

Sebagian besar pipa pada sistem saluran air di rumah kami bakal berada di bawah paparan langsung sinar matahari. Rucika menggunakan bahan khusus dalam proses produksinya, sehingga mampu menawarkan pipa yang tahan terhadap sinar ultraviolet. Tak hanya itu, produk Rucika didesain tahan terhadap kondisi terlalu asam maupun terlalu basa yang dapat mempercepat kerusakan pipa.

Ramah lingkungan

Dibesarkan oleh keluarga yang menggantungkan hidup pada hasil alam, saya tumbuh sebagai sosok yang lebih peduli pada kelestarian lingkungan. Ketika memilih produk, faktor ramah lingkungan menjadi salah satu poin penting dalam penilaian saya. Rucika menawarkan produk-produk sesuai kriteria tersebut. Material uPVC yang digunakan Rucika diproduksi dari bahan thermoplastic sehingga dapat didaur ulang. Saya tak bakal dihantui rasa bersalah menggunakannya.

Pipa serba guna

Awalnya saya hanya mencari pipa untuk saluran air bersih. Namun rupa-rupanya produk Rucika begitu serba guna sehingga dapat dipakai untuk berbagai keperluan. Toh, saya bakal butuh pipa juga untuk saluran pembuangan limbah (dapur, kamar mandi, juga WC). Bahkan, sifat isolator pada pipa Rucika yang tidak menimbulkan api membuatnya aman dijadikan sebagai selubung kabel listrik.

Pipa PVC Rucika sendiri terdiri atas dua model berbeda. Keduanya adalah tipe AW dan tipe D, sangat cocok digunakan untuk saluran air bertekanan (seperti yang saya perlukan untuk menyedot air bersih dari sumur) hingga saluran tidak bertekanan (seperti untuk mengalirkan air limbah ke selokan). Bahannya yang aman dari korosi juga ramah lingkungan, menjadikan pipa ini sebagai pilihan tepat bagi berbagai keperluan penyaluran air.

Lho, poin ramah di kantong kok nggak disebut?

Justru kelima poin tersebutlah yang membuat Rucika adalah pilihan hemat. Coba pikir, berapa sih harga yang pantas dibayarkan untuk mendapat sebuah pipa air kualitas premium berstandar Jepang, awet hingga puluhan tahun karena tahan sinar UV dan tahan korosi, ramah lingkungan, dan dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan?

Rasa-rasanya saya sudah memantapkan hati untuk memilih Rucika ketika nanti membangun sistem penyaluran air bersih di rumah kami. Sebuah pilihan bijak yang tak hanya akan menghemat anggaran saya untuk saat ini, namun juga hingga puluhan tahun ke depan.

Kamu juga sedang butuh pipa PVC untuk membuat sistem saluran air bersih di rumah? Coba deh kunjungi situs resmi Rucika dan lihat-lihat berbagai produk yang ditawarkan di sana.

Semoga bermanfaat.

Beri tip untuk blog ini
About Bung Eko (44 Articles)
Let's blog with happiness :)

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: