Highlight:

Cari penginapan dekat kampus Binus? Coba deh ke Airy Eco satu ini

Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55 Jakarta

NAMA penginapan satu ini betul-betul sulit diingat. Untuk menuliskan namanya di posting ini saja saya musti mengopi-pes judul video ulasan di YouTube, yang lebih dahulu saya publikasi. Tapi, mencarinya jauh lebih mudah kok. Dijamin nggak bakal nyasar! Sebab patokannya sangat terkenal, yakni kampus Binus Kijang alias Universitas Bina Nusantara. Inilah dia Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55.

Dari namanya yang memakai kata Eco, mudah ditebak ini tipe Airy level bawah. Biasanya berupa kos-kosan, guest house, atau hotel kelas melati. Benar saja, saat saya tiba di lokasi dan melakukan check in, di salah satu bagian area “resepsionis” terpampang nama asli properti ini: Kost 53.

Saya memesan kamar di sini sebagai tempat menginap bagi seorang teman yang mengantar saya dan keluarga ke Jakarta. Tadinya ia mau tidur di mobil, tapi saya dan adik yang jadi tempat jujugan merasa tidak tega. Terlebih ia harus istirahat cukup agar dalam kondisi bugar saat menyetir.

Rute perjalanan kami ketika itu lintas pulau. Tujuan sebenarnya adalah Kota Metro di Lampung. Jadi, dari Pemalang kami singgah dulu di Jakarta, mampir di tempat adik untuk menjemput ibu, lalu lanjut ke Metro lewat Selat Sunda. Karenanya, pengemudi kami harus cukup istirahat.

Cari punya cari penginapan murah meriah di sekitar tempat tinggal adik lewat aplikasi, dapatlah kamar kosong di Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55 ini. Lokasinya tak jauh dari tempat tinggal adik. Hanya saja jalanan menuju ke sana sangat padat, sehingga perjalanan dengan mobil memakan waktu paling cepat 15 menit.

Lalu karena waktu itu tepat di malam Boxing Day serta menjelang Tahun Baru, tarifnya terhitung tinggi. Saya kena charge Rp187.726 semalam. Di hari-hari biasa, tarifnya hanya berkisar di angka Rp160.000 per malam.

Tarif jadi terasa tambah mahal karena pada saat check in resepsionis, atau lebih tepatnya petugas jaga malam, meminta deposit Rp100.000. Memang deposit ini dikembalikan ketika kami check out. Namun, menilik isi kamarnya saya heran apa sih yang membuat tamu harus memberi jaminan berupa deposit?

Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55 Jakarta

Profil Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55 Jakarta di laman resmi Airy.

Awalnya saya coba bernegosiasi, meminta dispensasi agar tidak diharuskan membayar deposit. Tapi petugas jaga malam bersikeras, dan tidak mengijinkan kami check in kecuali membayar deposit. Bisa dimaklumi sih, karena mungkin ia hanya menjalankan instruksi bosnya.

Saya pun mengalah karena malam sudah terlalu larut dan kami mengantuk berat. Saya ulurkan selembar uang bergambar Soekarno-Hatta, dan kami pun diberi kunci kamar. Petugas jaga memberi petunjuk singkat di mana kamar kami terletak, lalu menghilang begitu saja di balik dinding ruang “resepsionis”.

Masuk ke dalam kamar, saya kembali merasa tarif di properti Airy satu ini tergolong mahal. Okelah, cuma Rp187.726 semalam. Tapi di tempat lain ada properti Airy Eco yang lebih nyaman, bersih, serta luas dengan tarif yang bahkan di bawah itu.

Kalau mau dibandingkan dengan sesama properti Airy Eco yang kos-kosan, Airy Eco Miroto Seteran Serut di Semarang menurut pengalaman saya jauh lebih baik dalam hal kebersihan dan keramahan petugasnya. Atau dengan sesama Airy Eco di Jakarta, kamar di Airy Eco Syariah Senen Kramat Lima 3G jauh lebih nyaman dengan tarif hanya Rp20.000 lebih tinggi.

Walau sama-sama tak dapat sarapan, namun tetamu Airy Eco Syariah Senen Kramat Lima 3G Jakarta bebas membuat kopi atau teh sepuasnya. Terdapat satu common area di lantai bawah di mana tetamu bebas mau membuat minuman atau masak. Tambahan lagi, mbak-mbak penjaganya begitu ramah serta murah senyum setiap menghadapi tamu.

Saya tidak terlalu mempersoalkan ukuran luas kamar serta perpaduan furniture di dalamnya yang membuat ruangan tersebut terasa sempit. Namun, kebersihan kamar serta kamar mandinya bagi saya di bawah standar. Lalu pelayanan yang diberikan oleh resepsionis, eh, petugas jaga malam, juga saya rasa kurang menyenangkan hati.

Meski demikian, saya tetap merekomendasikan penginapan satu ini sebagai pilihan murah meriah di dekat kampus Binus. Khususnya bagi yang hanya membutuhkan tempat menginap, alias hanya untuk tidur. Jangan berharap terlalu banyak. Pokoknya hanya check in, tidur, besoknya langsung check out.

Berada di area kampus, kita bakal dimanjakan dengan begitu banyaknya pilihan tempat makan standar kantong mahasiswa di dekat-dekat penginapan ini. Emmm, standar mahasiswa Binus sih, tapi tetap kok harga-harganya masih terhitung ekonomis.

Sayang sekali saat itu sudah tengah malam, sehingga saya tidak bernafsu lagi untuk mencoba-coba kuliner di sekitar penginapan. Sekalipun memesan lewat Gofood. Yang saya lakukan hanya membuat video room tour singkat, lalu membersihkan diri dan berangkat tidur.

Keesokan harinya, pagi-pagi sekali kami langsung check out. Tak ada yang perlu ditunggu karena tidak ada sarapan bagi tamu. Setelah kamar dicek oleh petugas jaga malam, dan uang deposit Rp100.000 dikembalikan tanpa ada sepatah katapun dari si petugas, kami langsung keluar.

Dengan pengalaman menginap di berbagai properti Airy di Pulau Jawa, saya dapat memberi penilaian bahwa ada setidaknya dua poin yang dapat ditingkatkan dari Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55. Poin yang paling saya soroti adalah kebersihannya yang di bawah standar, lalu berikutnya keramahan petugas jaga yang masih harus ditingkatkan lagi.

Tentu saja penginapan ini mempunyai nilai plus. Misalnya, AC yang sejuk dan berfungsi dengan baik. Kemudian jaringan wifi-nya sangat kencang sekali, saya betul-betul terbantu dibuatnya. Dan handuk mandi yang disediakan di dalam lemari kondisinya bersih lagi wangi.

Satu nilai tambah lagi meski terlihat sepele, Airy Eco Palmerah Kemanggisan Ilir Tiga 55 memiliki area parkir yang terhitung luas. Jadi kalau kalian membawa mobil, tidak perlu khawatir mencari tempat parkir. Ini Jakarta, Bung! Cari parkir mobil adalah perkara yang bisa bikin puyeng tujuh keliling di ibukota.

Oya, kawasan penginapan juga dipagar besi nan tinggi dan dikunci saat malam, sehingga keamanannya lebih terjaga. Pendek kata, kalau kalian membutuhkan penginapan murah meriah nan strategis di dekat kampung Binus Kijang, coba deh ke Airy Eco satu ini.

Semoga bermanfaat!

Catatan: Semua foto di dalam posting ini diambil dari laman Airy.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (373 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

2 Comments on Cari penginapan dekat kampus Binus? Coba deh ke Airy Eco satu ini

  1. Dengan banyaknya konsep penginapan murah namun dengan standar layanan yang oke kayak Airy ini, sebagai pelancong jadi terbantukan banget ya mas. Sama kayak keberadaan ojol, intinya sekarang kalau mau jalan gak mesti ribet lagi.

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: