Highlight:

Pengalaman buka rekening saham Sinarmas Sekuritas lewat Stockbit

Buka rekening saham Sinarmas Sekuritas lewat Stockbit

BUKA rekening saham tidak pernah sama lagi sejak penggunaan smartphone semakin masif dalam beberapa tahun terakhir. Inilah yang saya alami ketika membuka rekening saham untuk kali pertama akhir tahun lalu. Rekening saham di Sinarmas, dengan perantara Stockbit.

UPDATE (Agustus 2021): Kerja sama antara Stockbit dan Sinarmas Sekuritas sudah berakhir. Sebagai gantinya, kini kamu dapat membuka rekening saham Mahakarya Artha Sekuritas melalui Stockbit.

Tahu dong ya Stockbit? Itu lho, aplikasi media sosial dengan target khusus peminat dunia investasi saham. Oleh pembuatnya, Stockbit dirancang menyerupai Facebook atau LinkedIn. Di mana kita dapat membagikan status dan berinteraksi dengan member lain, membahas tentang saham maupun topik-topik lain. Mau ghibahin member lain juga bisa kok, tapi tentunya tidak etis ya.

Baca juga: Belajar investasi saham di Sekolah Pasar Modal IDX Semarang

Yang membuat Stockbit berbeda dengan media sosial kebanyakan adalah adanya fitur untuk memantau saham. Di sana tercantum lengkap seluruh emiten yang melantai di Bursa Efek Indonesia, reksadana, juga komoditi. Data masing-masing emiten disajikan lengkap, mulai dari profil perusahaan, pergerakan harga saham, aksi korporasi yang pernah dan akan dilakukan, aksi-aksi insider, dan segambreng data terkait valuasi juga tingkat profitabilitas sebuah emiten.

Stockbit, menurut saya, juga aplikasi tepat untuk belajar bertransaksi saham. Begitu memiliki akun, kita akan mendapat dana virtual sebesar Rp100.000.000. Dengan dana virtual ini kita dapat melakukan pembelian saham–tentunya virtual trading, yang transaksinya mengikuti hari bursa sesungguhnya, dengan harga sesuai harga riil saham tersebut pada saat transaksi dilakukan.

Karena dana yang dipakai hanya bersifat virtual, tentu saja aset saham yang ada dalam portofolio kita juga bohongan. Hanya aset virtual. Tapi ini sangat membantu sekali untuk memahami pasar saham, menganalisa sebuah emiten, mengamati grafik pergerakan harga, yang kesemua itu bakal membantu sekali saat melakukan investasi dengan uang betulan.

Setelah beberapa tahun beroperasi, Stockbit menjalin bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Kemitraan ini memungkinkan penggunanya membuka rekening efek di Sinarmas melalui aplikasi tersebut. Saya memanfaatkan betul fitur ini untuk membuka rekening saham perdana dalam hidup saya, pertengahan Agustus 2019 lalu.

Oya, sebelum lanjut perlu dicatat bahwa Stockbit dan Sinarmas merupakan dua entitas berbeda. Keduanya hanya terikat kerja sama, di mana dengan kerja sama tersebut member Stockbit dapat membuka rekening saham Sinarmas. Dan berikutnya, setelah rekening saham jadi, member tersebut dapat melakukan pembelian-penjualan saham melalui Stockbit menggunakan dana yang tersedia di rekening saham Sinarmas kita.

UPDATE (Agustus 2021): Kerja sama antara Stockbit dan Sinarmas Sekuritas sudah berakhir. Sebagai gantinya, kini kamu dapat membuka rekening saham Mahakarya Artha Sekuritas melalui Stockbit.

Stockbit real account

Nggak bingung kan ya? Ringkasnya, Sinarmas Sekuritas adalah tempat di mana kita menyimpan dana yang akan dipergunakan untuk membeli saham, juga menampung dana hasil penjualan saham. Sedangkan Stockbit adalah aplikasi untuk mengeksekusi pembelian-penjualan tersebut.

Kelak, ketika rekening saham Sinarmas sudah jadi, kita sebagai nasabah Sinarmas Sekuritas akan mendapat akses ke aplikasi jual-beli saham milik mereka sendiri: Simas Mobile (belakangan jadi Simas Equity, lalu berubah lagi jadi Simas Invest). Dengan demikian, kita dapat melakukan jual-beli saham dengan dua aplikasi sekaligus: Simas Mobile/Simas Equity/Simas Invest milik Sinarmas dan Stockbit. Tinggal pilih saja cocok yang mana.

Saya pribadi lebih nyaman menggunakan Stockbit, tapi itu akan kita bahas di akhir.

Cetak Berkas dan Kirimkan

Oke, kembali ke pembuatan rekening saham Sinarmas Sekuritas di Stockbit. Prosesnya terhitung simpel. Cukup mengisi satu set formulir secara online di aplikasi Stockbit. Atau bisa juga dengan membuka web Stockbit dan masuk/login ke akun. Saya lebih menyarankan isi formulir lewat website untuk meminimalisir kesalahan memasukkan data.

Tentu saja semua kolom harus diisi secara lengkap dan benar ya. Setelah itu, submit deh formulir tersebut agar pengajuan pendaftaran diterima oleh sistem Stockbit. Kita akan mendapat email konfirmasi yang menyatakan pendaftaran telah diterima.

Hanya begitu? Saya sih awalnya berharap demikian. Tapi rupanya masih ada satu langkah lagi yang harus dilakukan. Ini akan diberi tahu oleh sistem Stockbit lewat email, juga di halaman web/aplikasi sesaat setelah formulir pembukaan rekening saham disubmit.

Apa itu? Mengunduh beberapa berkas berformat PDF, mencetaknya, lalu mengirimkan kesemua itu ke kantor pusat Sinarmas Sekuritas atau Stockbit di Jakarta. Dalam keterangannya disebutkan juga bisa dititipkan di kantor cabang Sinarmas Sekuritas terdekat.

Stockbit registration

Berkas-berkas yang harus diunduh dan dicetak itu sebetulnya formulir yang kita isi lewat web maupun aplikasi. Oleh sistem Stockbit, formulir tersebut diubah menjadi berkas PDF sejumlah 28 halaman. Kita musti membubuhkan tanda tangan basah, juga menempelkan beberapa materai, sebelum mengirimkannya.

Rincian berkas tersebut adalah:
– Formulir Pembukaan Rekening Efek
– Perjanjian Pembukaan Rekening Efek
– Surat Kuasa Autodebet & Autokredit
– Tanda Terima
– Formulir Tatap Muka
– Formulir Rekening Dana Nasabah di Bank Sinarmas
– Formulir W9 (keterangan pajak bagi warga negara AS)

Jika berniat membuka rekening dana nasabah (RDN, tempat menyimpan uang untuk membeli saham) di Bank Sinarmas, maka cukup berkas PDF 28 halaman itu saja yang harus diunduh. Bila ingin RDN di Bank BCA atau Bank Niaga, maka ada tambahan satu formulir lagi yang musti diunduh, untuk kemudian dicetak, diisi, dan dikirim bersamaan dengan formulir sebelumnya.

Saya sendiri memilih RDN di Bank BCA, karena ketika itu lupa kalau di Pemalang sudah ada kantor cabang Bank Sinarmas. Hihihi. Nggak ding. Alasan utamanya adalah karena saya sudah punya rekening BCA, jadi bisa lebih enak untuk transfer dana dari dan ke rekening pribadi-RDN.

Oya, saya sarankan cetak juga berkas panduan mengisi dan menanda-tangani berkas-berkas tersebut demi meminimalisir kesalahan. Panduan lengkap nan rinci dapat diakses di laman bantuan Stockbit sih. Tapi sebaiknya dicetak saja agar lebih praktis. Jadi ketika mengisi nggak perlu sambil buka-buka laptop/gawai.

Setelah beres semua, kemas deh dalam amplop besar. Jangan lupa lampirkan fotokopi KTP dan NPWP. Kalau tidak punya NPWP ada satu berkas lagi yang harus diunduh dan diisi, untuk kemudian dilampirkan. Kirim semua berkas tersebut ke:

Kantor Stockbit
Menara Standard Chartered Lt. 35
Jl. Prof. Dr. Satrio No. 164
Jakarta Selatan 12930
Telepon: (021) 57906242

Atau bisa juga dikirim ke:

Kantor Pusat Sinarmas Sekuritas
Sinarmas Land Plaza Menara 3 Lt. 5
Jl. M.H. Thamrin No. 51
Jakarta Pusat 10350
Telepon: (021) 3925550

Saya sendiri lebih memilih via kantor Stockbit. Sempat terpikir menitipkannya ke kantor cabang Sinarmas Sekuritas di Tegal atau Pekalongan. Namun, selain harus bermotor setidaknya satu jam PP, saya khawatir berkas justru lebih lama sampai. Sementara kalau dikirim lewat jasa ekspedisi, berkas sudah sampai tujuan keesokan harinya.

Aktivasi pendaftaran online Sinarmas

Tunggu Konfirmasi

Setelah itu tinggal menunggu deh. Kalau berkas sudah diterima dan tidak ada yang perlu dikonfirmasi, maka proses akan ke tahap berikutnya. Kalau dari pihak Stockbit atau sekuritas ingin memastikan sesuatu yang kita isikan di berkas, mereka akan menelepon.

Ketika itu saya sempat ditelepon, di mana CS Stockbit ingin mendapat kejelasan lebih lanjut mengenai sumber penghasilan saya. Di formulir hanya saya isi content creator, yang saya maksudkan sebagai seluruh aktivitas saya baik sebagai blogger maupun pembuat video di YouTube. Namun, rupanya ini harus dijelaskan lebih rinci.

Oleh CS Stockbit, saya disarankan memilih sumber pendapatan yang penghasilannya lebih rutin dan lebih banyak. Maka saya pilih YouTube, sehingga dengan persetujuan saya isian pada kolom tersebut diubah oleh CS Stockbit.

Proses pembuatan rekening efek terhitung cepat, seingat saya hanya kisaran 5 hari kerja sejak berkas diterima. Atau tepatnya sejak saya ditelepon CS Stockbit. Sekuritas akan mengirimi kita email pemberitahuan saat akun sudah jadi. Saya tidak tahu apakah standarnya begini, namun judul email untuk saya ketika itu berbunyi “Aktivasi Pendaftaran Online”.

Dalam email tersebut berisi User ID dan kata sandi sementara yang harus dimasukkan di web Sinarmas untuk mengaktifkan akun. Alamat web dimaksud dilampirkan pula dalam email. Kita tinggal klik tautan tersebut, lalu isikan User ID dan kata sandi sementara di sana.

Sudah! Akun rekening efek Sinarmas selesai dibuat. Langkah selanjutnya, ini opsional tapi penting menurut saya, adalah mengganti User ID dan kata sandi akun kita. Saran saya sih lakukan segera setelah aktivasi. Pilih nama pengguna dan kata sandi yang mudah kita ingat, tapi sulit ditebak orang lain.

Setelah mendapatkan User ID dan kata sandi, kita dapat menghubungkan akun Stockbit dengan rekening efek Sinarmas. Caranya tinggal buka saja menu Real Trading, lalu login deh dengan User ID dan kata sandi tadi. Tapi, sampai langkah ini kita belum bisa beli saham karena rekening dana nasabah (RDN) belum jadi.

Entah mengapa ketika itu pembuatan RDN Bank BCA saya lebih lama selesainya. Sebagai gambaran, akun rekening efek Sinarmas saya aktif pada 14 Agustus 2019. Namun saya musti menunggu hingga sepekan sampai RDN di BCA selesai dibuat pada 21 Agustus 2019.

Mungkinkah keseluruhan proses akan lebih cepat jika saya memilih RDN di Bank Sinarmas? Entahlah.

akun Sinarmas di Stockbit

Setelah diintegrasikan, akun rekening efek Sinarmas dapat diakses melalui Stockbit.

Plus-Minus Sinarmas Sekuritas

Kalau rekening efek dan RDN sudah jadi begini, itu artinya kita sudah siap bertransaksi saham. Tinggal isi saldo di RDN, begitu dana masuk tinggal beli saja saham yang diincar. Seperti sudah disinggung di atas, untuk pembelian saham kita bisa menggunakan aplikasi Stockbit maupun Simas Mobile milik Sinarmas. Tinggal pilih.

Saya sendiri lebih memilih melakukan transaksi di Stockbit. Alasannya, sekilas pandang saja tampilan maupun fitur Stockbit lebih menarik ketimbang Simas Mobile. Ini belum berbicara mengenai kemudahan dalam membeli maupun menjual saham. Ringkasnya, dengan Stockbit transaksi jadi lebih mudah dan menarik.

Sebagai contoh, untuk membeli saham di Simas Mobile kita musti mengisi order form. Dan itu membutuhkan beberapa langkah, yaitu mengisikan secara manual kode saham yang ingin dibeli, harga yang diinginkan, jumlah lot, PIN trading, memilih sumber dana (trading limit atau saldo), baru dipungkasi dengan memencet tombol Send.

Di sini kita harus menghitung sendiri berapa dana yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian. Kalau hanya harga saham sih mudah ya menghitungnya. Tapi untuk fee dan segala macam biaya lain sepertinya hanya bisa dikira-kira. Yang jelas harus sedia dana lebih agar transaksi tidak gagal.

Sedangkan di Stockbit cukup klik tombol Buy, lalu di halaman berikutnya isikan harga dan jumlah lot yang diinginkan, selesai deh. Saat kita mengisi kolom harga dan lot, sistem Stockbit secara otomatis menghitungkan total dana yang dibutuhkan dan apakah saldo kita mencukupi. Lebih praktis.

Demikian pula untuk urusan memantau masing-masing saham, saya merasa Stockbit lebih nyaman digunakan. Di sini masing-masing saham disajikan secara lengkap mulai dari profil perusahaan, ringkasan laporan keuangan terkini plus dua tahun terakhir, macam-macam statistik valuasi dan profitabilitas, dan yang paling asyik adalah posting member yang tengah membahas saham tersebut.

Simas Mobile vs Stockit

Baca juga: Saham pertama yang memberi tiga pelajaran penting pada saya

Terlepas dari aplikasi trading-nya yang nggak banget, sebagai broker layanan Sinarmas terhitung oke. Wajar, sekuritas yang berdiri sejak 1988 ini mengantungi begitu banyak penghargaan bergengsi. Yang terbaru adalah penghargaan dalam RRI Financial Awards 2019 – Iconomics, yang digelar awal Desember 2019.

Di tahun 2017, Sinarmas Sekuritas mendapat penghargaan sebagai Mitra Galeri Investasi BEI Terbaik untuk kategori nilai transaksi. Lalu pada 2011, penghargaan Marketeers Award Indonesia Brand Champion 2011 untuk kategori Most Recommended Brand of Brokerage House mereka sabet. Mundur jauh ke tahun 2005, Sinarmas memperoleh penghargaan sebagai Sekuritas Terbaik versi majalah Investor.

Saya tentu punya alasan sendiri mengapa memilih Sinarmas. Kemudahan membuka akun secara online adalah faktor pertama. Lalu yang tak kalah penting, fee jual-beli di Sinarmas lebih kecil dibanding sekuritas lain yang banyak direkomendasikan. Fee belinya 0,15%, sementara fee jual 0,25%.

Bagaimana dengan saldo RDN? Seingat saya ada ketentuan batas minimum setoran awal ke RDN. Sepertinya Rp500.000, namun ketika itu saya transfer hanya Rp400.000 dan masuk dengan sukses. Setelahnya saya bahkan pernah mencoba transfer sebesar Rp25.000 dan masuk tanpa masalah.

Sejak punya RDN saya arahkan semua bayaran dari sponsored post dan content placement di blog ini ke rekening tersebut. Jumlahnya bermacam-macam, mulai dari Rp200.000 sampai Rp500.000. Semuanya saya terima dengan baik dan sebagian besar telah berubah menjadi saham.

Lalu ada pula aturan mengenai dormant account, yakni apabila jumlah saldo di bawah batas minimum Rp500.000. Namun ini dapat disiasati dengan menyimpan setidaknya 1 lot saham di akun. Terlepas berapapun nilai saham tersebut, ini dapat menghindarkan akun kita dari status nonaktif jika saldonya di bawah batas minimum.

Sebagai kesimpulan, berikut poin-poin yang harus diperhatikan jika berminat membuka akun di Sinarmas Sekuritas:
– Pembukaan akun dapat dilakukan lewat Stockbit
– Tersedia tiga pilihan RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
– Hanya tersedia akun Reguler, belum tersedia akun Syariah
– Setoran awal fleksibel (tapi pastikan dulu ke CS ya, bisa jadi sudah berubah)
Fee untuk online trading adalah beli 0,15% dan jual 0,25%
– Biaya data feed/real time market info Rp0,- alias gratis

Semoga bermanfaat ya.

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (412 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

59 Comments on Pengalaman buka rekening saham Sinarmas Sekuritas lewat Stockbit

  1. Salam bung eko,saya sdh memiliki rek BCA kalau saya ingin membuka RDN di BCA lagi apakah ada syarat khususnya? Krn KTP kan sama.itu saja,Sukses ya!

    Suka

    • Halo, Mas Prayudi. Terima kasih ya sudah mampir ke sini.

      Untuk membuka RDN persyaratannya mirip seperti membuka rekening umum. Tapi, kita nitip dibuatkan pada perusahaan sekuritas pada saat buka akun saham di sekuritas bersangkutan.

      Suka

  2. Apakah ada ketentuan saldo minimum di akun sinarmasnya Kak atau bagaimana?

    Suka

  3. misi gan saya mau tanya, saya kok belum dapat email konfirmasinya ya padahal daftar sudah dari tanggal 4 januari hingga sekarang belum dapat emailnya ( 15 januari )

    Suka

  4. Baharsyaikh aulia hafizh // Kamis, 24 Desember 2020 pukul 01.26 // Balas

    Apakah saldo minimal yang kita setir sebesar 500.000 itu menjadi saldo kita di stockbit dalam membeli sahama?

    Suka

  5. Akun youtubenya apa om ? Ada ulasan daftar skuritas-stokbitnya di YouTube ? Sy mau tonton kalau ada

    Suka

  6. Selamat pagi Pak, terima kasih atas tulisannya. Saya berencana membuka rekening di stockbit karena tertarik dengan fitur pro yg sangat membantu. Selain itu saya kurang puas dengan sekuritas saya yang sekarang karena fee yg tinggi tidak sebanding dengan fiturnya. Sepanjang pengalaman Bapak dalam transaksi beli atau jual saham lewat apps stockbit apakah ada kendala? Terima kasih sebelumnya.

    Suka

    • Hai Hasta, terima kasih banyak ya sudah membaca posting ini.
      Sejauh ini selama memakai Stockbit saya belum pernah menemui kendala berarti. Kecuali satu sih, tapi itu pun jarang-jarang terjadi dan tergantung koneksi internet kita juga, yakni: kesulitan login ke akun Sinarmas.

      Suka

      • Bung Eko sebelumnya terima kasih banyak sudah berbagi pengalaman via artikel ini. Ijin bertanya apakah jika sudah mendaftar akun via stockbit, kita bisa mengakses fitur2 stockbit yang Pro seperti comparison, bandarmology, dsb? atau tetap harus berlangganan ya yang berbayar? mohon jawaban dan kabar baiknya terima kasih

        Suka

        • Hai, Patrick. Terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini.
          Dulu kalau kita membuka rekening saham Sinarmas Sekuritas via Stockbit, kita ar dapat mengakses fitur-fitur PRO jika nilai equity di akun tersebut senilai lebih dari Rp 5 juta. Tapi itu dulu ya. Untuk perkembangan sekarang, coba saja chat dengan CS di aplikasi Stockbit. Mereka sangat responsif kok.

          Suka

  7. Bungeko, saya baca2 tetangga sebelah yang logonya aladin koq klaim tarifnya lebih rendah dari stockbit ya (sekitar 0,10% – 0,08%).
    Apa benar itu?
    Dan kalo Bungeko sendiri lebih prefer mana nih?

    Suka

    • Hai, Mas. Ajaib kan ya yang dimaksud? Patut dicatat bahwa fee broker yang tertera dalam web app tersebut terdapat catatan: belum termasuk PPN, levy, dll. Jadi sebetulnya jatuhnya ya sama saja, kisaran 0,16% s.d. 0,18%.

      Suka

  8. Makasih gan buat informasinya. Mau nanya. Saya sudah bisa daftar akun lewat stockbit. Sudah dpt konfirmasi juga, sudah aktivasi pin dan password juga.
    1.Selanjut nya apa ya?
    2.Apa masih ada yg print document?
    3.Kalo RDN nya sudah pasti sinarmas (seandainya), kalo deposit harus dari sinarmas dong ya? Gabisa dari bank lain?

    Makasih

    Suka

    • Hai Ardian, terima kasih banyak ya sudah membaca posting ini. Untuk pertanyaan-pertanyaannya, berikut yang dapat saya sampaikan:

      1. Kalau sudah dapat PIN dan password, itu sudah bisa untuk login ke akun Stockbit juga ke akun Sinarmas. Tapi kalau RDN belum jadi, kita belum dapat bertransaksi saham.
      2. Sekarang sudah nggak perlu print dokumen lagi, terlebih yang daftar lewat smartphone.
      3. RDN sifatnya seperti rekening bank pada umumnya, jadi bisa menerima transfer dana dari rekening mana saja. Tapi tentunya kalau beda bank ada biaya.

      Demikian. Semoga membantu ya.

      Suka

  9. pak, kalau membuka account sinarmas sekuritas pada stockbit apa sudah dapat fitur pro pada stockbit atau harus bayar langganan lagi per bulannya?

    terima kasih

    Suka

    • Hai, Mas Indra. Terima kasih banyak sudah membaca posting ini.
      Untuk fitur PRO di Stockbit dulu dapat diperoleh cuma-cuma kalau jumlah equity di akun kita senilai Rp5.000.000 ke atas. Saya tidak tahu apakah ini masih berlaku, sebaiknya ditanyakan ke CS-nya langsung.

      Suka

  10. Gan, mau tanya pengalaman agan. Waktu jual saham dalam 1 bulan, pernah meraih untung berapa? Rata-rata saja, Gan, untuk membuka wawasan saya dari benefitnya. Kalau rugi, apakah ada gambaran dari pengalaman Agan?

    Suka

    • Saya mainnya lama, Mas. Belum tentu sebulan pegang terus dijual, jadi agak bingung mau bikin rata-rata bulanan.

      Sebagai gambaran aja ya, meski ini juga nggak bisa dijadikan patokan baku, empat bulan pertama (Agustus-Desember 2019) di bursa saham, saya catatkan pofit 29% sekian dari total investasi. Itu dengan salah satu saham profit 100% setelah dipegang dua bulan.

      Sepanjang 2020 ini, dari Januari sampai komentar ini ditulis, posisi baru profit 3% dari total porto. Floating profit bervariasi, ada yang 50% ada yang nol koma sekian persen, tapi karena belum dijual sahamnya ya masih berupa keuntungan di atas kertas saja.

      Target saya sih sampai akhir tahun nanti minimal bisa profit 25% dari total dana yang diinvestasikan. Semoga tercapai.

      Suka

      • Makasih pencerahannya, Gan. Semoga sukses. Oiya, Gan… satu lagi. Agan beli saham yg lapis 1, 2, atau 3? Saran Agan buat pemula baiknya ikut yg lapis mana?

        Suka

        • Sebaiknya sesuaikan dengan modal. Kalau modal terbatas, sebaiknya main di lapis 2 atau malah 3 saja. Yang terpenting pilih perusahaan sehat, bagus, dan valuasinya sedang murah. Saya sendiri selama ini hanya main di saham-saham tidak populer atau tergolong lapis 2 bahkan lapis 3. Misalnya yang pernah saya pegang TOTL, WSBP, TPMA, RAJA, POWR, BISI, dan masih banyak lagi.

          Suka

  11. Sory ndan mau tanya, saya punya rekening BCA trs buka RDN Sinarmas bisa gk yah? Mohon pencerahannya ndan saya msh blm paham 🙏🙏… terima kasih ndan

    Suka

  12. kelvin cahyadi // Kamis, 11 Juni 2020 pukul 12.49 // Balas

    sekarang udah ga bisa daftar rdn sekuritas sinarmas lagi ya via aplikasi stockbit? harus print form lagi ya sekarang?

    Suka

    • Wah, saya malah belum update nih. Tapi emang ada perkembangan terbaru yang sedang ramai dibahas di forum, di mana nasabah Sinarmas yang dulu membuka rekening saham tidak melalui Stockbit tidak bisa lagi bertransaksi saham via Stockbit. Harus dikonfirmasi ke Sinarmas dan Stockbit langsung ini.

      Suka

      • kelvin cahyadi // Kamis, 11 Juni 2020 pukul 22.16 // Balas

        iya sudah saya konfirmasi ke instagram sinarmas_sekuritas gan. katanya memang kalo sekarang daftar di aplikasi sinarmasnya langsung nanti ga bisa buat pake di stockbit. terus pas saya mau daftar akun rdn sinarmas di stockbit katanya lagi ditutup sementara karena volume yang daftar udah terlalu tinggi. nanti katanya kalau sudah bisa daftar diinfokan via email atau ga via chat diaplikasi stockbitnya langsung

        Suka

      • wah forum mana mas? bisa minta linknya

        Suka

  13. Wahh terima kasih atas informasinya, lumayan tercerahkan. Namun ada yg mengganjal banyak:

    1. Baiknya membuat rek RDN bisa dilakukan sesudah/sebelum daftar di stockbit? Karena saya ingin membuat RDN di BCA, mengingat rek pribadi ada disitu.
    2. Prinsip deposit itu gimana disini jika utk ini? Melalui stockbit kah atau bisa lsg deposit ke RDN lsg?

    Sekali lagi terima kasih

    Suka

    • Hai, Mas Aji. Terima kasih banyak sudah membaca.

      1. Kalau menurut saya sih langsung buka rekening tidak apa-apa. Toh, tidak langsung digunakan juga tidak apa-apa. Apalagi membuka RDN tidak seperti kita membuka rekening biasa yang pada saat membuka harus ada uang yang disetor. Kalau RDN, kita bisa setor dana kapanpun kita mau setelah rekening jadi. Tapi mau belajar dulu pakai dana virtual yang disediakan Stockbit juga baik.

      Oya, kalau prefer pakai RDN di BCA, menurut saya lebih baik buka akun di BCA Sekuritas saja. Sebab, pengalaman terbaru dari teman yang buka akun Sinarmas lewat Stockbit bulan lalu, opsi RDN hanya ada Bank Sinarmas. Kalau saat saya buka rekening pertengahan tahun lalu, opsinya ada BCA dan CIMB Niaga selain Bank Sinarmas.

      2. Deposit adalah mengisi saldo RDN kita. Dana di saldo RDN ini yang nantinya dapat kita gunakan untuk membeli saham. Sedangkan untuk deposit kita transfer langsung ke nomor RDN. Adapun Stockbit hanya aplikasi untuk membeli dan menjual saham saja.

      Semoga pertanyaannya terjawab ya.

      Suka

  14. berapaa lama ketika sudah transfer ke RDN Bank Sinarmas kemudian masuk ke trading balance di stockbit? apa langsung masuk apa kita nungggu?
    posisi RDN sdh aktif

    Suka

    • Biasanya instan, Kak. Langsung masuk dananya sepanjang pengalaman saya selama ini. Paling hanya menunggu beberapa menit saja. Terkecuali kalau transfernya di luar jam operasional bank ya, seperti BCA kan ada jam-jam tertentu di mana sistem mereka offline.

      Suka

  15. halo, apa benar ketika kita menggunakan sinarmas sebagai tempat trading….kita bisa membuka full feature stockbit?soalnya feature pro nya stockbit sangat oke menurut saya…cuma kan harus bayar 250rb per bulan.

    Suka

    • Halo. Stockbit sempat ada promo fitur Pro gratis asalkan kita menyetor dana minimal Rp 5 juta ke RDN terdaftar. Status Pro akan terus melekat sepanjang equity saham kita bernilai Rp 5 juta. Coba ditanyakan ke CS Stockbit apakah promo ini masih berlaku. Terakhir saya mendapat status Pro berkat promo ini pada Februari 2020.

      Suka

  16. Selamat sore,
    Mohon infonya untuk RDN selain sinarmas apakah akan terkena biaya transfer tambahan (berapa)?
    Untuk pembukaan awal dana yang di setor berapa ya? Dan untuk yang 5 juta langsung jadi pro itu apakah betul?
    Terima kasih.

    Suka

    • Halo. Untuk promo fitur Pro bagi yang setor Rp 5 juta sebaiknya tanyakan saja pada CS Stockbit langsung. Terakhir saya dapat status Pro gratis dengan promo ini pada Februari 2020 lalu. Untuk transfer dari bank berbeda, seperti umumnya transfer antarbank lainnya akan dikenai biaya. Berapa besarnya saya kurang paham karena belum pernah mencoba. Tapi bisa disiasati dengan Dana yang punya promo transfer gratis 10x sebulan ke bank terdaftar (termasuk ke Bank Sinarmas).

      Suka

  17. Sore pak, apakah waktu mendaftar anda dimintai KK dan juga KTP?
    Saya sudah punya NPWP sendiri, jd saya krg paham knp msh diminta KTP ortu dan KK.
    Selain itu halaman untuk download form error, waktu saya tanya ke CSnya, tdk dijwb malah disrh daftar dl. Pdhl saya inginnya lgsg print semua formnya, biar ringkas.
    Makasih sebelumnya.

    Suka

  18. gan apakah jika ingin deposit rdn sinarmas dari rekening pribadi ada biaya transfernya? terimakasih

    Suka

    • RDN-nya Bank Sinarmas ya?
      Kalau transfer dari Bank Sinarmas nggak ada biaya apapun. Tapi kalau transfer dari bank lain, kena biaya transfer antarbank. Besar biaya tergantung bank pengirim, tarifnya berapa.

      Suka

  19. pak, misalnya di rekening RDN kan sudah jual saham, lalu untuk menarik dananya jika diperlukan, waktunya apakah sama dengan bibit max 7 hari kerja? atau instant?

    Suka

    • Kalau untuk di Sinarmas via Stockbit, uang diperkirakan masuk ke rekening kita antara 1-2 hari bursa sejak penarikan dana dari RDN. Sedangkan untuk penarikan di atas pukul 15.00 WIB, waktu prosesnya maksimal 3 hari bursa.

      Suka

  20. gan, ane daftar melalui stockbit, RDN nya cuman bs bank sinarmas gan,. dan setelah itu dia minta aktivasi tandatangan digital . agan ngerti apa itu maksudnya gan?

    Suka

    • Iya, sekarang emang gitu modelnya. Jadi nggak perlu lagi kirim dokumen, cukup pake digital sign kaya di Bibit ataupun Tanamduit. Lebih praktis dan irit. Cuma kalo sekarang hanya boleh RDN Sinarmas, wah, agak disayangkan sih.

      Suka

      • Pak , tapi kok saya masih harus kirim berkas ya ?

        Suka

        • Mungkin saya yang salah ya. Jadi, kalau kita daftar di web tetap harus kirim berkas (saya begini). Tapi kalau daftar via aplikasi, tidak (teman saya daftar lewat cara ini). Sama seperti daftar di Indopremier Sekuritas, kalau daftar via web tetap harus kirim berkas (saya juga daftar lewat web dan masih harus kirim berkas). Tapi kalau daftar via aplikasi mereka tidak (beberapa pengakuan di forum Stockbit). CMIIW.

          Suka

12 Trackbacks / Pingbacks

  1. Saham pertama yang memberi tiga pelajaran penting pada saya – bungeko.com
  2. Belajar investasi saham di Sekolah Pasar Modal IDX Semarang – bungeko.com
  3. Merancang program pensiun dengan dividen saham – bungeko.com
  4. Berapa lembar saham yang dibutuhkan agar dapat dividen Rp 100 juta per tahun? – bungeko.com
  5. Day trading vs swing trading, manakah yang lebih baik dalam menghasilkan keuntungan dari saham? – bungeko.com
  6. Saham third liner yang bikin saya merasakan bagger untuk pertama kali – bungeko.com
  7. Benar-Benar Ajaib! Buka rekening saham di sekuritas ini cuma hitungan jam – bungeko.com
  8. Pengalaman (mau) ikut SPM Online dari pelosok desa transmigrasi – bungeko.com
  9. Mudahnya top up saldo RDN Ajaib Sekuritas dengan Gopay – bungeko.com
  10. 4 Kuadran investor/trader saham di pasar modal Indonesia — menurut saya 😁 – bungeko.com
  11. Dollar cost averaging vs swing trading, manakah yang lebih menguntungkan dalam investasi saham? – bungeko.com
  12. Yang gagal diraih dan yang tak terduga sepanjang 2020 – bungeko.com

Beri komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.