Highlight:

Tips memilih web hosting terbaik untuk bisnis

web hosting terbaik untuk bisnis

Ilustrasi

PUNYA rencana membangun website untuk bisnis? Sebelum mewujudkannya, pastikan satu hal ini: pilih layanan web hosting terbaik. Jangan sampai salah pilih, karena web hosting adalah investasi jangka panjang yang dapat mendongkrak bisnismu. Berikut beberapa tips yang dapat saya bagi.

Ibarat toko, web hosting adalah ruko di mana kamu memajang barang dagangan. Ke sanalah calon pembeli akan berkunjung, melihat-lihat deretan produk di display toko (website), sebelum memutuskan membeli.

Toko tak hanya harus tampil cantik, seperti halnya sebuah website dengan template/theme keren. Agar mudah dikunjungi, toko juga musti mudah dijangkau calon pembeli. Karenanya, akses menjadi hal vital di sini. Dan, dalam alur sebuah website bisnis, kelancaran akses tadi sangat bergantung pada kualitas hosting.

Karena itu, berhati-hatilah dalam menentukan pilihan. Sangat penting bagi kamu untuk memerhatikan layanan web hosting pilihan secara teliti agar menemukan yang sesuai kebutuhan. Juga pas dengan budget tentu saja.

Sebagai panduan awal, coba perhatikan baik-baik poin-poin berikut ini sebelum memilih layanan web hosting:

#1 Kualitas server

Kualitas server adalah hal pertama yang wajib diperhatikan sebelum menjatuhkan pilihan. Jangan sampai kesuksesanmu di dunia maya terhalang oleh layanan hosting yang jelek, sehingga website sulit untuk diakses pengunjung, atau berbagai permasalahan teknis layanan lainnya yang akan mengganggu performa website kamu.

Terdapat cukup banyak acuan yang bisa dijadikan pedoman agar mendapat server oke. Salah satu paling simpel namun penting adalah memilih lokasi server yang tepat. Jika website kamu dibangun untuk audience di Indonesia, maka alangkah lebih baiknya memilih layanan hosting dengan server lokal saja.

Atau kalau ingin mencicipi sentuhan mancanegara, pilih server di luar negeri yang lokasinya paling dekat. Server Singapura, misalnya. Tapi, server lokal kualitasnya tidak kalah bagus kok kalau hanya dibandingkan dengan server di Singapura.

server at Google datacenter, Mayes County-Oklahoma

Server berkualitas adalah kunci bagi website bisnis yang oke. FOTO: google.com/about/datacenter

Hal lain yang penting diperhatikan agar mendapat server berkualitas adalah spesifikasi teknis. Mulai dari kecepatan processor, kapasitas RAM, jenis harddisk–disarankan memakai Solid State Drive (SSD) ketimbang HDD, hingga network speed server yang menentukan kecepatan akses.

Semakin tinggi kecepatan server tentu akan semakin baik. Kamu tentu tidak ingin website-mu disebut lola alias loading lambat, bukan? Pengunjung tidak suka dengan situs yang lambat dibuka halaman-halamannya, apalagi sering tidak dapat diakses karena server-nya kerapkali down.

#2 Harga terjangkau

Bagi pemula, harga selalu menjadi bahan pertimbangan. Tapi, jangan terpaku semata-mata pada tarif yang dibanderol sebuah penyedia jasa web hosting. Bandingkan price to value-nya. Sebandingkah harga yang dibayarkan dengan layanan yang akan kamu peroleh?

Misalkan sebuah penyedia web hosting mematok tarif sewa Rp50.000/bulan untuk paket WordPress Hosting. Lalu layanan lain memberi harga Rp45.000/bulan dengan spesifikasi persis, maka ini baru bisa dibilang lebih murah. Tapi kalau harga yang lebih rendah tadi ternyata datang dengan fasilitas dan kapasitas lebih sedikit, ya nggak bisa disebut murah.

Jadi, cermati betul spek yang ditawarkan. Jangan terjebak pada tarif yang terlihat lebih murah. Pastikan kamu mendapatkan harga terbaik untuk kebutuhan website-mu. Ingatlah selalu prinsip price to value.

#3 Layanan customer service 24 jam

Ini hal yang sangat penting. Kenapa? Sebab website yang kamu kelola tidak memiliki jam kerja. Web tersebut akan terus aktif setiap detik, setiap hari. Karenanya ia musti dapat selalu diakses kapan pun selama 24 jam sehari, 7 hari sepekan.

Karena aktif nonstop itu pula kita tidak pernah tahu kapan masalah datang sehingga website tidak dapat diakses. Kalau bertepatan dengan jam kerja tentu tidak jadi masalah. Tapi, bagaimana kalau trouble datang saat dini hari ketika kebanyakan orang sedang enak-enaknya tidur?

tata letak blog

Tata letak website yang menarik dan nyaman di mata tidak berarti apa-apa jika hosting-nya ambyar sehingga website susah diakses. Ilustrasi: shapedtheme.com

Itu sebabnya saya rekomendasikan agar memilih perusahaan yang memiliki layanan customer service 24 jam. Artinya, perusahaan layanan hosting akan selalu siap melayani kapanpun kamu membutuhkan bantuan. Tidak peduli di jam sahur, tidak peduli ketika jarum jam menunjukkan pukul 00.00.

Down satu jam saja dapat menimbulkan kerugian sangat besar bagi sebuah website bisnis. Jadi, jangan pernah berkompromi untuk masalah satu ini. Pilihlah perusahaan web hosting dengan layanan CS 24 jam. Dan pastikan itu benar-benar staf customer service yang berjaga 24 jam, bukan aplikasi messenger otomatis yang malah mengharuskan kamu menunggu bantuan hingga jam kerja.

Ketahui juga melalui cara apa kamu dapat menghubungi mereka. Umumnya, perusahaan layanan terbaik akan menyediakan banyak pilihan untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Mulai dari live chat, panggilan telepon, tiket, email, bahkan ada yang menyediakan nomor WhatsApp.

Baca juga: Tiga hal penting diperhatikan sebelum membangun blog

#4 Beragam fitur tambahan

Meskipun judulnya adalah web hosting, alias menyimpan berkas-berkas website di server, tapi umumnya layanan hosting menawarkan sejumlah fitur tambahan berkaitan dengan pengelolaan situs. Beberapa memang sangat membantu, malah boleh dibilang seperti wajib ada. Sementara sisanya tak lebih sebagai pemanis.

Beberapa fitur tambahan yang wajib ada, misalnya, SpamAssassin Protection, imunify360, dan SpamExperts. Ketiganya merupakan fitur keamanan yang teramat penting bagi sebuah website. Pastikan perusahaan web hosting yang kamu pilih menyediakan ketiganya.

Lebih banyak fitur tentu lebih baik. Terlebih fitur-fitur yang berkaitan dengan keamanan situs seperti di atas.

#5 Penawaran garansi

Ini harga mati. Katakan tidak dengan tegas pada penyedia layanan web hosting yang tak mau memberi garansi. Kita sudah membayar sejumlah harga, maka hal terbaik yang dapat dilakukan perusahaan untuk menjamin layanannya kita nikmati adalah adanya garansi.

Adanya garansi dapat dilihat sebagai tanda kualitas layanan yang diberikan. Kalau tak mau memberi garansi, kita tentu layak mempertanyakan kualitas web hosting yang dijual. Semakin “berani” sebuah garansi, bolehlah diartikan semakin baik kualitas layanan yang ditawarkan.

Ada bermacam-macam bentuk garansi. Beberapa yang lazim adalah garansi uang kembali jika layanan yang kita terima tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Adanya layanan ini tentu menjadi hal penting, sebab garansi adalah bentuk kesediaan penyedia hosting menjamin kepuasaan kita selaku pengguna jasa.

Niagahoster, top web host in Indonesia


Niagahoster, top webhost in Indonesia Dengan lebih dari 41.000 nama domain yang terdaftar dalam layanannya, Niagahoster memuncaki daftar “Top Webhost in Indonesia” versi Webhosting.info.

Kesimpulan

Memilih layanan web hosting tidak boleh sembarangan. Jangan hanya asal murah. Kamu harus memerhatikan faktor-faktor lain yang lebih menentukan kualitas layanan. Misalnya spesifikasi server, fitur yang ditawarkan, dan layanan purna jual, dll. Tak masalah membayar lebih untuk layanan yang benar-benar memuaskan.

Kalau kamu masih kebingungan memilih ‘rumah’ terbaik untuk website yang akan dibangun, Niagahoster rasanya dapat jadi solusi. Coba deh kamu bisa klik laman https://webhosting.info/web-hosting-statistics/country/IDN. Di halaman tersebut ada dua tabel di bawah judul besar, “TOP WEB HOSTS IN – INDONESIA”.

Lihat tabel pertama, perhatikan nama di bawah chart paling tinggi. Ya, Niagahoster. Lalu pindah ke tabel berikutnya, lihat nama di urutan pertama. Sama, Niagahoster.

Dari kedua tabel tersebut dapat kita lihat bahwa Niagahoster menempati urutan pertama dalam daftar Top Web Hosts in Indonesia versi WebHosting.info. Indikasinya adalah jumlah nama domain yang didaftarkan, yakni sebanyak 41.373 buah.

Karena pada umumnya nama domain dibeli satu paket dengan layanan web hosting, bolehlah kita simpulkan Niagahoster merupakan layanan terdepan di Indonesia dalam urusan ini. Tidak terlalu mengherankan kalau perusahaan satu ini jadi pilihan. Sebab paket hosting unlimited paling mahal saja, dengan berbagai fitur tambahan yang juga serba unlimited, hanya ditawarkan seharga Rp85.724,- sebulan.


Bicara soal price to value, Niagahoster bolehlah disebut perusahaan web hosting murah yang bakal menguntungkan konsumen. Tambahan lagi, setiap order akan mendapatkan gratis domain dan SSL selama satu tahun. Ini tentu tawaran yang tak boleh dilewatkan.

Bagi website bisnis, sertifikat SSL dapat menjamin keamanan secara lebih maksimal. Google pun lebih suka website yang dilengkapi sertifikat SSL. Artinya, fitur gratis SSL dari Niagahoster ini sangat membantu sekali untuk menaikkan peringkat SEO website-mua.

Hanya ingin daftar domain? Tetap saja Niagahoster pilihan tempat daftar domain murah.

Baca juga: Tips Memilih Nama Domain

Untuk nama domain berekstensi .com dibanderol seharga Rp125.000,- per tahun. Sedangkan ekstensi .net dihargai Rp155.000,- setahun. Buat yang suka ekstensi kekinian, ada domain .xyz yang oleh Niagahoster dibanderol Rp18.000. Ada pula ekstensi .site, .space, dan .website, yang kesemuanya ditarif Rp14.000,- per tahun.

Oya, Niagahoster memberi jaminan garansi uang kembali jika kamu merasa tidak puas. Ya, uang kembali! Masih kurang apa lagi coba?

About bungeko.com (36 Articles)
Let's blog with happiness :)

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: