Iklan
Highlight:

Bujet terbatas? Begini cara liburan hemat ke Tegal bersama keluarga

gerbang-kota-tegal

Gerbang yang merupakan batas sekaligus gapura selamat datang Kota Tegal. FOTO: Twitter/infotegal

INGIN liburan sekeluarga tapi tak mau saldo tabungan jebol? Tulisan ini cocok sekali kamu baca. Sebab, di sini bakal saya beberkan pengalaman berwisata seru nan hemat bersama anak-istri ke Tegal, sebuah destinasi asyik di kawasan pantai utara Jawa. Lanjutkan membaca ya! šŸ™‚

“Tapi, Mas, kamu kan tinggal di Pemalang. Pemalang-Tegal cuma sepelemparan batu. Ya iyalah hemat.”

Oke. Tegal jadi salah satu tujuan liburan keluarga favorit saya karena, salah satunya, jaraknya paling dekat dari Pemalang. Tergantung jenis moda yang dipilih, jarak Pemalang-Tegal dapat ditempuh paling lama satu jam. Efek rembetannya tentu saja biaya transportasi jadi lebih hemat.

Akan tetapi, Tegal masih terhitung destinasi dekat lagi murah kok bagi kamu yang tinggal di kota-kota lain di Jawa. Karena terletak di salah satu jalur perekonomian paling sibuk di Indonesia, akses menuju kota ini terbilang mudah. Kamu bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Tegal, bisa juga naik bus antarkota yang berhenti di Terminal Tegal.

Ambil contoh dari Jakarta. Naik KA Tegal Bahari dari Stasiun Gambir, Tegal dapat dijangkau hanya dalam waktu kurang dari 5 jam! Ongkosnya pun terhitung ramah kantong, yakni Rp135.000 untuk kabin ekonomi dan Rp170.000 untuk kabin eksekutif.

Demikian pula buat kamu yang tinggal di Bandung, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya. Pasalnya, Kota Tegal dilewati jaringan kereta api rute Pantura dengan semua jenis klasifikasinya (ekonomi, bisnis, eksekutif). Sedangkan bagi yang berdomisili di Purwokerto, Jogja, atau Solo, sudah ada KA Joglosemarkerto yang menghubungkan kota-kota besar di Jawa Tengah-DI Yogyakarta.

Ingin merasakan perjalanan lebih seru? Panaskan mesin mobilmu dan lakukan road trip melewati Tol Trans Jawa.

So, cukup berbekal libur weekend kamu bisa menginap satu-dua malam di Tegal untuk menjelajahi tempat-tempat wisata menarik bersama keluarga. Tambahan lagi, tersedia aneka pilihan akomodasi hemat lagi nyaman sebagai tempat menginap buatmu sekeluarga di sini.

Penasaran? Yuk, ah, contek dulu cara dan itinerary liburan hemat sekeluarga di Tegal di bawah ini!

Airy Apss

Rencanakan liburanmu sekeluarga dengan Airy apps untuk mendapatkan akomodasi murah nan nyaman di Kota Tegal. FOTO: bungeko.com/Eko Nurhuda

Tips: Booking Hotel Secara Online

Setelah urusan transportasi, biaya akomodasi sangat mempengaruhi anggaran liburan. Karenanya kita musti pintar-pintar memilih hotel di kota tujuan. Tetap utamakan kenyamanan, tapi juga perhatikan baik-baik tarifnya agar tetap sesuai bujet.

Berita baiknya, di Tegal kamu bisa mendapatkan akomodasi hemat lagi nyaman. Tempatnya pun berada di lokasi strategis, tepat di sisi jalan poros yang membelah kota. Itu artinya, hotel mudah dijangkau bahkan dengan hanya menumpang angkot.

Untuk mendapat penginapan murah di lokasi strategis kota Tegal, coba deh buka aplikasi Airy atau kunjungi situsnya. Berkat 7 jaminan kenyamanan yang berlaku di seluruh jaringan properti hotel, kamu sekeluarga bisa beristirahat dengan fasilitas memadai.

Airy menjamin setiap propertinya memiliki (1) tempat tidur bersih, (2) air conditioner alias penyejuk ruangan, (3) televisi layar datar, (4) shower air panas, (5) perlengkapan mandi, (6) snack dan minum gratis, juga (7) akses Wi-Fi gratis agar kamu bisa tetap eksis selama berlibur.

Selain itu, metode pembayaran yang ditawarkan begitu fleksibel sehingga tidak akan membuat kamu kewalahan. Mau bayar melalui transfer bank, kartu kredit, atau lewat gerai Indomaret? Tinggal pilih. Terpenting, simpan bukti pemesanan hotel di smartphone. Pada waktu check-in, tunjukkan deh e-ticket ini pada resepsionis. Praktis, bukan?

Baca juga: Airy Eco Senen Kramat Lima 3G, Hotel Murah dekat Taman Ismail Marzuki

Rita Supermall Tegal

Satu ruas jalan utama di Tegal, dengan latar belakang Rita Supermall. Di sebelah mal inilah terdapat Rita Park, Dufan-nya Tegal. FOTO: Wikipedia

Deretan Destinasi Seru di Tegal

Oke, urusan transportasi beres, tagihan akomodasi juga tidak bikin duit belanja berkurang. Tapi, ada apa saja sih di Kota Tegal? Yuk, simak beberapa hal seru yang dapat kamu lakukan di kotamadya yang bermotto Kota BAHARI (Bersih, Aman, Hijau, Asri, Rapi, dan Indah) ini.

Uji nyali di berbagai wahana Rita Park

Kalau Jakarta punya Dufan, maka di Tegal ada Rita Park. Letaknya persis di sebelah Rita Super Mall. Beberapa wahana yang bakal memacu adrenalin antara lain Space Travel, Bom-bom Car, Space Shuffle, Rodeo, Kincir-kincir, Mini Coaster, Rumah Hantu, Sepeda Terbang, dan Bioskop 5 Dimensi.

Satu yang paling sering diingat pengunjung adalah Circle 360! Sesuai namanya, wahana ini berbentuk seperti lingkaran. Pengunjung yang naik akan diputar hingga 360 derajat. Seru! Oya, jangan lupa potret si kecil di miniatur Menara Eiffel yang jadi salah satu ikon taman rekreasi ini.

Lelah bermain-main, kamu dapat mengajak anak-anak makan dan minum di Rita Super Mall. Sekeluar dari Rita Park, kita cukup berjalan kaki menuju food court yang terletak di sisi barat mal. Pilihan makanan dan minumannya banyak sekali. Bersantap di sini bakal jadi penutup pas buat hari yang menyenangkan.

Agar lebih puas menghabiskan waktu di kedua tempat ini, pesan saja hotel dekat sini.

Lokomotif tua PG Pangka, Tegal

Begini penampakan lokomotif tua buatan Berlin yang masih terawat dengan baik di PG Pangka, Tegal. FOTO: IndonesiaKaya.com

Tur perkebunan tebu di Loco Antik

Gula merupakan bagian tak terpisahkan dalam keseharian kita. Namun, tak banyak yang tahu bagaimana sebuah gula dihasilkan. Jadi, mengajak anak-anak mempelajari proses produksi gula sembari naik kereta api kuno bisa jadi pilihan bagus di Tegal.

Destinasi kedua ini bernama Agrowisata Loco Antik. Terletak di Jalan Raya Slawi-Pangkah yang sudah masuk wilayah Kabupaten Tegal, tepatnya di Pabrik Gula Pangkah. Tempat ini menawarkan wisata edukasi dan alam yang cocok untuk keluarga. Di mana pengunjung diajak berkeliling perkebunan tebu dengan lokomotif dan gerbong antik.

Nama Loco Antik sendiri diambil dari keberadaan sebuah lokomotif tua yang masih dimiliki PG Pangkah. Lokomotif bermesin diesel buatan tahun 1927 tersebutlah yang digunakan berkeliling perkebunan. Meski berusia nyaris 100 tahun, lokomotif ini masih sanggup menarik 3 gerbong wisata berisi sekitar 75 orang penumpang dewaasa atau 100 penumpang anak-anak.

Sunset di Pantai Alam Indah Tegal

Indahnya sunset di Pantai Alam Indah, Tegal, tak kalah menakjubkan dari sunset di Bali. FOTO: GoTravelly.com

Berburu sunset di Pantai Alam Indah

Ada tempat tepat menikmati sore hari sambil menanti matahari terbenam di Tegal, yaitu Pantai Alam Indah. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, hanya sekitar 5,3 km. Dalam kondisi lalu lintas normal, kita dapat mencapainya dalam tempo 14 menit berkendara.

Terbentang sejauh 500 meter dari area Pelabuhan Tegal, Pantai Alam Indah terhitung komplit atraksinya. Tidak melulu menikmati deburan ombak kecil dan pasir hitamnya, di sini juga terdapat Museum Bahari, waterboom, kereta kuda, sepeda wisata, area permainan anak-anak, dan tentu saja tenda-tenda makanan.

Dan yang paling dinanti-nantikan adalah sunset-nya. Tidak kalah indah dengan sunset di Bali lho.

Santap malam lezat: kupat glabed

Berburu kuliner malam di Tegal artinya harus mencoba kupat glabed. Makanan ini sepintas pandang mirip opor ayam. Terlebih karena disajikan dengan kuah kuning nan kental yang membaluri irisan-irisan ketupat dan potongan daging ayam. Tapi coba deh cicipi, rasanya berbeda kok meski sama-sama enak. Rasa gurih kuah kental ketupat akan menghangatkan perut di tengah sejuknya udara malam Tegal.

Kupat glabed dapat kamu temukan di kawasan alun-alun Kota Tegal. Namun banyak yang merekomendasikan warung bernama Kupat Glabed Randugunting di Tegal Selatan. Cari saja di Google Maps sebagai petunjuk jalan, review-nya yang berangka 4,8/5 adalah jaminan rasa.

Sebagai teman menikmati kupat glabed, biasanya disajikan pula sate blengong, sate jeroan, atau sate telur puyuh. Jangan lupa pesan teh poci wasgitel alias wangi, panas, legi, kentel sebagai minumannya ya!

Kupat glabed kuliner Tegal

Salah satu kuliner khas Tegal yang wajib dicicipi, kupat glabed. FOTO: Tribunnews

Beli oleh-oleh khas Tegal

Sebelum pulang meninggalkan Tegal, cari oleh-oleh dulu dong! Buat yang doyan ngemil, oleh-oleh Tegal yang kebanyakan berupa makanan ringan adalah anugerah. Beberapa yang wajib dibeli adalah pilus, kacang bogares, atau keripik tahu.

Sementara untuk camilan lebih “berat” selama perjalanan pulang, kamu bisa membeli tahu aci–sesuai namanya adalah tahu campur aci yang digoreng, kue latopia yang mirip bakpia kering, dan olos yang mirip cimol. Hmm, semuanya mengenyangkan!

Bagaimana, seru kan liburan di Tegal? Jadi, segera persiapkan liburanmu dengan menggunakan aplikasi Airy!

Baca juga: Yuk, Seru-seruan Naik Aneka Wahana Ekstrem di Jatim Park 1 Malang

Iklan
About bungeko.com (36 Articles)
Let's blog with happiness :)

2 Comments on Bujet terbatas? Begini cara liburan hemat ke Tegal bersama keluarga

  1. Jujur aku belum pernah ke Tegal. Selalu seru ya kalau melihat rekomendasi traveler lain yang lagi explore tempat-tempat baru. Semoga bisa liburan hemat ke sini juga šŸ˜€

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: