Iklan
Highlight:

Berobat ke Penang Jadi Mudah Berkat BerobatKePenang.com

Penang International Airport

Penang International Airport, pintu masuk utama Penang bagi pengunjung yang menggunakan transportasi udara. FOTO: malaysiaairports.com.my

TREN pasien Indonesia berobat ke luar negeri semakin meningkat tiap tahun. Mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu menuturkan, dari berkisar sejumlah 350.000 orang pasien pada 2006, angkanya terus meningkat hingga lebih dari 100% pada tahun-tahun berikutnya[1].

Lebih lanjut Mari, dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Penasihat Indonesia Services Dialog (ISD), menyatakan fenomena tersebut terjadi karena kualitas layanan rumah sakit di luar negeri lebih baik. Demi layanan terbaik itulah orang Indonesia tidak keberatan berobat jauh-jauh hingga ke negara tetangga.

Lantas negara-negara mana saja yang jadi favorit pasien Indonesia? Mengutip laporan Bisnis.com[2], Bank Dunia mencatat sekitar 1% masyarakat Indonesia memilih berobat ke Malaysia, lalu 2% lagi lebih suka ke Singapura.

Mengenai angka persisnya, Kementerian Kesehatan RI merilis data jumlah orang Indonesia yang berobat ke Malaysia mencapai 12.000 orang setiap tahun[3]. Adapun National Health Care Group International Business Development Unit (NHG-IBDU) Singapura menyebut, tak kurang dari 50% pasien internasional di Negara Singa berasal dari Indonesia.

Selain kualitas layanan, ada sederet alasan lain yang mendorong orang Indonesia berobat ke luar negeri. Misalnya, soft skill tenaga medis di mana dokter dan perawat dinilai lebih ramah terhadap pasien. Secara ekonomis biaya pengobatan di luar negeri juga seringkali lebih murah untuk tindakan medis yang sama.

Tak jarang pula yang memasukkan unsur “sekalian berwisata” sebagai alasan berobat ke luar negeri. Sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui, kata pepatah. Sembari berobat, apa salahnya sekalian berlibur?

Berobat ke Penang

Kualitas layanan rumah sakit yang tinggi menjadi alasan banyak orang Indonesia menjalani pengobatan ke Penang. FOTO: BerobatKePenang.com

Berobat ke Penang

Data ISD mencatat, saat ini Malaysia menjadi negara tujuan berobat paling favorit di kawasan Asia Tenggara[4]. Hampir 2/3 orang Indonesia yang berobat ke luar negeri memilih rumah sakit di Malaysia. Sisanya dibagi ke Singapura dan Thailand.

Di Malaysia, tempat yang menjadi tujuan utama berobat adalah Penang. Banyaknya jumlah rumah sakit bertaraf internasional, dipadu dengan baiknya kualitas layanan yang diberikan, mengangkat nama Penang sebagai tujuan wisata medis terkemuka dalam beberapa dekade belakangan.

Terdapat enam rumah sakit milik pemerintah di seluruh negara bagian Penang, yang terbagi di Pulau Penang dan Seberang Perai. Ini masih ditambah dengan keberadaan setidaknya 15 rumah sakit swasta yang sebagian besar menjadi tujuan berobat pasien-pasien asal Indonesia[5].

Bagi sementara WNI yang berdomisili di utara Pulau Sumatera, berobat ke Penang terasa lebih dekat sekaligus lebih murah ketimbang berobat ke Jakarta. Terlebih kini ada banyak maskapai penerbangan yang melayani direct flight ke Penang dari Medan. Tiket pesawat Medan-Penang untuk waktu-waktu tertentu bahkan hanya sepertiga tiket Medan-Jakarta.

Ngomong-ngomong, berobat di dalam negeri saja suka repot mengurus ini-itu, bagaimana dengan berobat ke luar negeri ya?

Bagi yang belum pernah berobat ke luar negeri tentunya bakal dipusingkan oleh agaimana menentukan rumah sakit yang tepat, memilih dokter yang sesuai, juga mengatur janji temu untuk konsultasi? Belum lagi urusan di luar medis namun tidak kalah penting, misalnya memesan penerbangan menuju ke Penang, memesan hotel maupun atur jemputan dari bandara.

Wajar saja kalau bingung, namanya juga belum pernah. Nah, agar perjalanan berobat jadi lebih mudah dan menyenangkan, kamu dapat meminta bantuan dari BerobatKePenang.com. Mereka adalah perwakilan resmi dari beberapa rumah sakit di Penang, seperti Island Hospital, Loh Guan Lye, Gleneagles, Pantai Hospital, atau Mount Miriam.

Pantai Hospital Penang

Pantai Hospital Penang, salah satu rumah sakit unggulan di Penang. FOTO: BerobatKePenang.com

Dengan BerobatKePenang.com kamu bisa meminta bantuan untuk:

1. Mencari rekomendasi dokter yang sesuai keluhan

Memilih dokter yang sesuai keluhan adalah langkah awal keberhasilan pengobatan. Kalau kamu tidak tahu harus menemui dokter siapa, BerobatKePenang.com memiliki tim dokter umum yang dapat memberi rekomendasi dokter spesialis yang nantinya bakal menangani keluhan calon pasien.

Kalau sebelumnya kamu pernah memeriksakan penyakit di rumah sakit lokal, hasil-hasil pemeriksaan ini akan sangat membantu pekerjaan tim dokter BerobatKePenang.com. Berkas-berkas ini dapat dikirimkan sehingga dokter spesialis yang direkomendasikan lebih tepat dan (mudah-mudahan) di Penang nanti kamu dapat langsung ditangani tanpa perlu menjalani berbagai tes permulaan.

2. Cek jadwal dokter

Jarak yang jauh membuat kita kesulitan mengecek jadwal dokter pilihan. Karenanya, jangan langsung beli tiket pesawat atau memesan hotel setelah menentukan dokter dan rumah sakit tujuan. Sebaiknya mintalah BerobatKePenang untuk mengecek jadwal dokter bersangkutan di tanggal keberangkatanmu. Pastikan dokter tersebut tidak sedang cuti atau ada jadwal operasi. Jangan sampai kamu sudah pergi ke sana, eh, dokternya tidak bisa ditemui. Kan sayang banget.

3. Buat janji ketemu

Jika jadwal sudah cocok, kita dapat minta dibuatkan janji temu dengan dokter. Untuk membuat janji temu ini kamu perlu melampirkan biodata agar dapat terlebih dahulu didaftarkan ke rumah sakit. Biasanya butuh waktu satu hari (1x24jam) sebelum kita memperoleh konfirmasi janji temu dari dokter.

4. Atur jemputan dari bandara ke RS

Semua rumah sakit di Penang menyediakan jemputan dari bandara ke rumah sakit. Tapi untuk menikmati layanan ini kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu setidaknya dua hari sebelum tiba. Jika tidak mendaftar, jangan harap diperbolehkan menumpangi kendaraan jemputan rumah sakit sekalipun kamu sudah mengantungi janji dengan dokter di sana.

Jemputan bandara ini hanya tersedia pada hari dan jam kerja, yakni Senin – Jumat pukul 08.00 hingga 17.00 dan Sabtu pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Ingat, waktu di Malaysia satu jam lebih cepat ketimbang di Indonesia.

Dokter rumah sakit Penang

Soft skill yang dimiliki tenaga medis di Penang membuat banyak pasien asal Indonesia lebih suka berobat kemari. FOTO: BerobatKePenang.com

5. Booking tiket dan hotel

Terkadang sanak dan famili ingin pula ikut mengantar ke rumah sakit, sementara ada batasan penunggu pasien yang diberlakukan setiap rumah sakit. Beberapa bahkan tidak memperkenankan pasien ditunggu seperti kebanyakan terjadi di rumah sakit Indonesia. Karenanya kita membutuhkan tempat menginap selama di Penang.

Selain itu, kita juga perlu memesan tiket penerbangan menuju ke Penang. Berita baiknya, tim BerobatKePenang.com dapat membantu kamu dalam urusan satu ini. Cukup informasikan saja kapan rencana terbang, nama maskapai pilihan, tipe kelas kabin, dan serahkan sisanya pada mereka. Demikian pula untuk pemesanan hotel.

6. Medikal evakuasi Ke Penang

Ada kalanya pasien yang ingin pergi berobat berstatus bed rest alias sedang dalam perawatan yang cukup intensif. Keluarga berniat membawa pasien tersebut ke Penang dengan harapan mendapat penanganan medis lebih baik sehingga dapat sembuh lebih cepat.

Masalahnya, pasien seperti ini tidak dapat menumpangi pesawat komersil. Butuh penanganan khusus yang membuat pasien bed rest harus diperlakukan secara khusus pula. Dan tak jarang untuk itu diperlukan terbang menggunakan pesawat carter.

Tapi, jangan khawatir. BerobatKePenang.com dapat membantu proses evakuasi menggunakan pesawat pribadi sehingga pasien dapat diterbangkan menuju Penang dengan selamat.

Oya, semua bantuan yang diberikan oleh Tim BerobatKePenang.com di atas gratis lho. Kita tidak perlu khawatir bakal ditagih biaya-biaya lain di luar ongkos medis yang menyebabkan biaya berobat ke Penang jadi lebih mahal. Kenapa bisa gratis? Karena mereka adalah perwakilan resmi dari rumah sakit di Penang.

Hmmm, saya sih sudah lama sekali ingin pergi ke Penang. Tempat ini, utamanya kota Georgetown di Pulau Penang, menyimpan banyak sekali sejarah yang sedikit-banyak berkaitan dengan sejarah Indonesia. Bangunan-bangunan jaman kolonial juga masih banyak berdiri di sana.

Tentunya saya tidak berharap datang ke Penang sebagai pasien rumah sakit. Tapi, kalaupun itu terjadi, saya tidak akan bingung karena sudah tahu kemana harus mencari bantuan untuk berobat ke Penang.

Semoga bermanfaat!

Catatan Kaki:

  1. neraca.co.id/article/67814/berobat-ke-luar-negeri-kebutuhan-atau-gengsi
  2. industri.bisnis.com/read/20180703/12/812357/setiap-tahun-rp100-triliun-melayang-karena-pasien-ri-berobat-di-luar-negeri
  3. blog.go.care/id/topik-umum/alasan-berobat-ke-luar-negeri
  4. intisari.grid.id/read/0396750/inilah-alasan-kenapa-orang-indonesia-lebih-suka-berobat-ke-luar-negeri-dibanding-di-negara-sendiri
  5. en.wikipedia.org/wiki/Penang#Health_care
  6. Iklan
About bungeko.com (32 Articles)
Let's blog with happiness :)

5 Comments on Berobat ke Penang Jadi Mudah Berkat BerobatKePenang.com

  1. 1st time coming here
    jadi inget anak murid istriku yang harus berobat ke penang karena di sana jauh lebih murah daripada di jakarta

    Suka

  2. Halo Bung, saya kirim email, coba dicek ya

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: