Iklan
Highlight:

Ramadan Ekstra, Cara Asyik Mengisi Bulan Suci bersama Tokopedia

TAK terasa Ramadan hanya tinggal hitungan hari. Kalau memakai maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PDF) sebagai patokan, maka 1 Ramadan 1439 Hijriyah jatuh pada 17 Mei 2018 mendatang. Tiga hari lagi! Sudah mempersiapkan apa saja untuk menyambut bulan istimewa yang kian dekat ini?

Ramadan adalah bulan penuh berkah, di mana pahala setiap ibadah dilipat-gandakan oleh Allah Swt. Sungguh sayang sekali jika ada amalan Ramadan yang terlewat. Sungguh merugi sekali kalau hanya menahan lapar dan haus, tanpa melaksanakan ibadah lain terutama Tarawih dan tadarus al-Qur’an.

Ibarat kita berbelanja di supermarket atau marketplace, Ramadan adalah masa-masa penuh bonus, promo, dan diskon. Sebagaimana kita dengan penuh semangat menyerbu diskon atau promo, seharusnya seperti itu pulalah sambutan terhadap datangnya Ramadan.

Khusus tahun ini, saya ber-azzam membaca al-Qur’an sebanyak-banyaknya. Jika di bulan-bulan lain hanya beberapa halaman sehari, sepanjang Ramadan musti bisa membaca satu juz sehari. Jadi, begitu Ramadan berakhir selesai deh 30 juz. Khatam.

Lalu target utama lain adalah menunaikan salat Tarawih secara berjamaah di masjid/musala selama sebulan penuh bagaimana pun kondisinya. Mau hujan kek, mati lampu kek, gerah kek, tidak ada urusan. Pokoknya harus salat Tarawih berjamaah di masjid atau musala setiap malam Ramadan.

Saya optimis target ini tercapai, insya Allah, karena tidak berencana mudik ke Jambi. Tidak ada malam Ramadan yang bakal dihabiskan di perjalanan seperti tahun lalu. Sebulan penuh untuk beribadah mereguk berkah agar Ramadan tahun ini menjadi Ramadan Ekstra.

belanja di supermarket

Berbelanja kebutuhan Ramadan dan persiapan lebaran di supermarket sungguh menyita waktu. Tak jarang sampai harus mengorbankan waktu ibadah Ramadan. Sayangnya… FOTO:

Godaan Belanja Lebaran

Satu godaan yang biasanya membuat barisan jamaah Tarawih di masjid berkurang pada pekan akhir Ramadan adalah berbelanja kebutuhan lebaran. Saya ingat betul ceramah almarhum KH Zainuddin MZ yang saya dengar sewaktu kecil, kebanyakan kita jadi lebih sibuk berbelanja ketimbang Tarawih dan tadarus al-Qur’an di penghujung Ramadan. Sungguh disayangkan.

Belanja kebutuhan lebaran memang sangat menyita waktu. Karena permintaannya yang tinggi, harga-harga melambung tinggi. Kalau ingin uang Tunjangan Hari Raya (THR) cukup, kita dituntut pintar-pintar memilih barang juga memilih toko tempat berbelanja agar hemat. Ini sungguh memakan waktu.

Kini, hal tersebut tak perlu lagi terjadi. Kenapa? Karena belanja cukup dengan jari. Belanja online membuat kita tak perlu menghabiskan banyak waktu berkeliling dari satu toko ke toko lain, satu mal ke mal lain, untuk membeli keperluan lebaran.

Terlebih beberapa marketplace seringkali menggelar promo dengan diskon berlimpah setiap Ramadan dan jelang lebaran. Seperti Tokopedia, misalnya, yang telah menyiapkan promo ekstra spesial di laman Ramadan Ekstra.

Beberapa program yang disiapkan Tokopedia selama Ramadan adalah Ekstra Flash Sale, di mana kita dapat membeli produk dengan harga diskon dalam jangka waktu tertentu. Ada pula Shake-Shake, program yang memungkinkan kita mendapat berbagai hadiah kejutan hanya dengan menggoyang-goyangkan smartphone.

Kemudian ada Ketupat Ekstra Hadiah, sebuah program berhadiah di mana pengguna berpeluang mendapat hadiah setiap kali login atau bertransaksi di Tokopedia. Tentu saja juga disiapkan berbagai produk eksklusif Ramadan, sehingga segala kebutuhan kita dapat terpenuhi hanya dengan membuka laman atau aplikasi Tokopedia.

Jadi, tidak perlu lagi deh mengorbankan salat Tarawih di masjid dengan alasan berbelanja kebutuhan lebaran.

online shopping

Belanja online, cara mudah dan efisien memenuhi kebutuhan selama Ramadan juga mempersiapkan kebutuhan lebaran. FOTO: blog.forty-four.de/vertriebskanal-onlineshop-marktplatz/

Tips Belanja Online

Nah, supaya Ramadan-mu tambah ekstra lagi, ikuti deh tips belanja online berikut agar dapat lebih berhemat. Lumayan kan selisih uangnya bisa untuk tambahan angpao lebaran.

Bandingkan harga di setiap toko online
Di Tokopedia banyak terdapat toko online berkualitas dan terpercaya. Tapi, masing-masing toko tentu punya standar harga berbeda. Jadi, sebelum membeli mula-mula sempatkan waktu untuk membandingkan harga produk-produk kebutuhan di beberapa toko.

Caranya mudah saja. Cukup cari produk yang dibutuhkan di kolom pencarian, lalu lihat satu-satu ribuan produk dengan berbagai harga yang muncul di daftar hasil pencarian. Pilihlah produk yang dibutuhkan dengan harga sesuai anggaran.

Hemat ongkir dengan cari toko online terdekat
Selain harga sesuai anggaran, perhatikan pula lokasi toko online penjual produk tersebut. Sangat disarankan untuk membeli pada penjual yang lokasinya tidak jauh dengan kota domisili kita. Dengan cara ini kita dapat menghemat ongkos kirim.

Kelihatannya sih tidak seberapa ya. Tapi kalau kita sering berbelanja selama Ramadan, dan belanjaannya banyak-banyak, pengeluaran untuk ongkos kirim bisa sangat lumayan lho jumlahnya. Di Tokopedia, informasi mengenai lokasi toko online tertera jelas sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terdekat.

Pilih metode pengiriman paling tepat
Hal yang berkaitan dengan ongkos kirim adalah metode pengiriman itu sendiri. Dewasa ini ada banyak sekali jasa pengiriman barang, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya. Termasuk dengan tarifnya masing-masing yang bisa berbeda satu sama lain.

Bandingkan terlebih dahulu tarif tiap ekspedisi. Pilih yang paling efisien. Tapi juga perhatikan apakah di kota kita sudah ada perwakilan perusahaan kurir tersebut. Kalau sampai memilih jasa ekspedisi yang tidak punya kantor perwakilan di kota kita, bisa-bisa pengirimannya jadi lebih lama.

Manfaatkan promo dan diskon
Ini tidak kalah penting untuk menghemat pengeluaran. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya tiap promo dan diskon yang diberikan. Khusus di bulan Ramadan kali ini Tokopedia menggeber berbagai promo sehingga pembeli dapat menikmati bulan suci kali ini lebih ekstra.

Apa itu? Tunggu tanggal mainnya pada 25 Mei nanti ya. Ada rahasia kejutan dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan-mu jadi lebih spesial lagi dari sebelumnya. Catat ya…

Tokopedia Ramadan Ekstra

Pilih cara pembayaran yang cocok
Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah begitu bervariasinya cara pembayaran yang disediakan. Terdapat berbagai metode pembayaran untuk kita gunakan, mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank yang bisa dilakukan melalui e-banking maupun transfer ATM, hingga pembayaran melalui minimarket.

Pilih salah satu metode yang paling cocok buatmu demi kemudahan pembayaran. Saya sendiri paling suka dengan metode pembayaran lewat minimarket. Sebab lokasi minimarket lebih dekat dari bilik ATM. Alasan lain, biasanya minimarket mengadakan promo sehingga kita bisa mendapat produk tertentu secara cuma-cuma saat membayar pembelian online.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal
Last but not least, langkah menghemat yang tak kalah penting adalah membeli produk-produk lokal. Bukan saatnya lagi berpikiran bahwa kita harus menggunakan barang branded dengan harga selangit untuk tampil oke. Sudah banyak kreator lokal yang mampu menghasilkan barang-barang tak kalah berkelas kualitasnya.

Tokopedia sebagai e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi hasil kreasi kreator lokal terbaik. Beberapa di antaranya telah menjadi Official Store sehingga lebih terjamin lagi. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk dari kreator lokal. Jangan kuatir, kualitasnya tidak kalah bersaing kok sekalipun dengan harga lebih miring.

*****

Orang yang beruntung adalah orang yang amalan hari ini lebih baik dari hari kemarin, demikian kata Rasulullah Saw. Jika diterapkan ke dalam ibadah puasa, kita akan menjadi orang beruntung apabila Ramadan kali ini lebih baik dari Ramadan tahun lalu.

Sudahlah, tidak perlu lagi mengabiskan banyak waktu untuk berbelanja ke sana-sini dan mengorbankan waktu puasa ataupun waktu salat Tarawih. Rugi. Semua yang kita butuhkan bisa diperoleh di Tokopedia, cukup dengan berbelanja melalui smartphone maupun laptop di sela-sela kegiatan berpuasa.

Tambahan lagi, Tokopedia telah menyiapkan berbagai kejutan dengan promo Ramadan Ekstra. Mulai dari Ekstra Flash Sale, program Shake-Shake khusus bagi pengguna aplikasi, maupun Ketupat Ekstra Hadiah yang menawarkan kejutan setiap kali kita login atau bertransaksi.

Jadi, sudah siap jadikan Ramadan-mu kali ini lebih ekstra?

Iklan
About Eko Nurhuda (351 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

4 Comments on Ramadan Ekstra, Cara Asyik Mengisi Bulan Suci bersama Tokopedia

  1. tokopedia memang menjadi solusi bagi saya untuk mencari barang2.. harganya yang bersaing.. sama aja dengan kompetitornya.. namun tampilan tokped yang user friendly, maka saya lebih senang belanja via tokopedia

    Suka

  2. Saya kalau sudah buka ecommerce bahaya. Suka mau langsung beli. ๐Ÿ™‚

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: