Highlight:

Nyobain Airy Rooms di Semarang, Akomodasi Nyaman Harga Aman

bantal dan majalah Airy Rooms

MENGIKUTI dua event luar kota dalam dua hari berturut-turut, dan keduanya sama-sama digelar sore hari. Tak mungkin bolak-balik karena jatuhnya malah mubazir waktu. Jadilah saya kemudian menganggarkan biaya menginap semalam. Untunglah dapat akomodasi murah meriah.

Kejadian ini sudah dua bulan lalu. Awal Maret, saya mendaftar acara YouTube Round Table dan kemudian sebuah workshop bertema aerial photography garapan telusuRI yang dikomandoi Mas Muhammad Syukron. Dua-duanya di Semarang.

Kebetulan atau tidak, kedua acara tersebut berlangsung berurutan pada 4 dan 5 Maret. Padahal saat saya mendaftar YouTube masih belum menentukan waktu pelaksanaan event tersebut. Berbeda dengan workshop telusuRI yang sudah jelas waktunya, yakni 5 Maret. Cuma saya mendaftarnya setelah mengisi formulir YouTube Round Table.

Ndilalah, kok ya YouTube kemudian mengumumkan acaranya berlangsung pada 4 Maret. Ndilalah-nya yang lain, kedua acara sama-sama digelar di Impala Space pada pukul 15.00 WIB. Perfectly coincidental!

Itu artinya saya musti berada di Semarang selama dua hari berturut-turut. Bolak-balik ke Pemalang jelas tidak efektif. Memang, Impala Space hanya sepelemparan batu dari Stasiun Tawang, dan kereta terakhir menuju Pemalang berangkat pukul 17.00 WIB. Tapi, saya memilih menginap saja.

Pertimbangan utama saya soal waktu. Sebab, demi mengikuti event yang dimulai pukul 15.00 WIB, saya musti berangkat dengan kereta Kaligung pukul 10 pagi. Kalau pilih kereta selanjutnya jelas bakal telat, sedangkan kereta sebelumnya kepagian. Serba salah.

Daripada serba tanggung, bukankah lebih baik menginap? Jadi, setelah mengikuti acara YouTube Round Table pada 4 Maret sore, saya dapat menikmati Semarang di malam hari. Lalu keesokan harinya saya punya waktu lebih dari setengah hari untuk eksplor Kota Lumpia sebelum menghadiri workshop telusuRI.


.

Airy Eco Miroto Seteran Serut

Sendirian dan hanya semalam, pilihan saya kemudian jatuh pada Airy Eco Miroto Seteran Serut. Sebuah penginapan dengan tarif murah tapi memberikan fasilitas lengkap tak ubahnya hotel. Semua yang ditawarkan penginapan satu ini pas sekali dengan apa yang saya butuhkan.

Berikut beberapa yang jadi pertimbangan saya:

1. Lokasinya sangat strategis

Meski terletak di sebuah gang di Jl. Seteran Serut, tapi tempat ini jauh dari kata terpencil. Properti berlokasi tak jauh dari mulut gang, hanya kira-kira 25 meter. Gerbang dan bangunan hotel ini terlihat dari gapura yang menjadi pintu masuk gang.

Lalu dari mulut gang berjalan ke kiri sebentar, kita akan sampai di Jl. Moh. Suyudi. Di sepanjang jalan ini ada banyak sekali pilihan warung makan dan resto dengan berbagai hidangan. Mulai dari yang menyajikan makanan khas Semarang, hingga restoran fast food. Ada pula kafe-kafe kekinian.

Kalau mau agak keluar, dari mulut Jl. Seteran Serut berbeloklah ke kiri lagi. Berjalan santai sekira 5 menit kita akan sampai di Jl. MH Thamrin, yang kalau terus ditelusuri ke selatan bakal menyambung ke Jl. Pandanaran.

Misalkan yang diambil arah kanan, tinggal lurus saja ke timur menyusuri sepanjang Jl. Moh. Suyudi, maka kita akan berakhir di Jl. Gajah Mada. Lagi-lagi, di sepanjang jalan ini bertebaran warung dan resto. Sungguh surga bagi pecinta kuliner.

gerbang pagar Airy Eco Miroto Seteran Serut

Tampak depan Airy Eco Miroto Seteran Serut Semarang, dengan gerbang besinya nan tinggi. FOTO: bungeko.com/Eko Nurhuda

Mau ke Simpang Lima? Atau ke Pujasera di sebelahnya? Atau ke Mal Ciputra? Airy Eco Miroto Seteran Serut hanya berjarak 1 km-an ke tempat-tempat tersebut.

Pendek kata, saya memilih Airy Eco Miroto Seteran Serut karena lokasinya yang sangat strategis. Dan karena terletak di gang, bukan di jalan utama, suasana di sini sangat tenang.

2. Tarifnya pas di kantong

Well, saya cuma numpang menginap semalam saja. Wajar dong kalau saya rasanya agak-agak berat hati dan berat kantong kalau mau keluar uang banyak-banyak. Budget saya waktu itu maksimal Rp150.000 semalam.

Tadinya saya sudah siap-siap kalau dapat penginapan backpacker yang model dormitory. Satu kamar besar berisi ranjang tingkat untuk 6-8 orang. Pasalnya di sejumlah situs booking hotel cuma penginapan model begitu yang tarifnya sesuai budget.

Tapi kemudian saya ingat Airy Rooms. Tahu dari mana memangnya? Sebelumnya saya pernah mendapat job content placement untuk Accomodation Network Orchestrator (ANO) satu ini. Lalu promosinya juga cukup sering nongol di banner iklan Google AdSense sejumlah situs.

Iseng-iseng saya pun membuka situsnya. Saya ketik “Semarang” di kolom pencarian, lalu isi tanggal check in dan check out, setelah itu muncullan berbagai pilihan hotel dalam jaringan Airy Rooms. Tinggal pilih, mau hotel berbintang atau hotel melati, mau yang include sarapan atau tidak.

Karena pertimbangannya tarif, saya set daftar berdasarkan harga. Nama Airy Eco Miroto Seteran Serut pun nangkring di urutan teratas dengan rate Rp139.230 semalam. Saya tidak tahu kenapa angkanya tidak genap begitu. Yang saya tahu, tarif tersebut pas dengan budget.

Bungkus!

Area lobi Airy Eco Miroto Seteran Serut, Semarang,

Area lobi Airy Eco Miroto Seteran Serut, Semarang, dilihat dari lantai 3 yang merupakan lantai khusus tamu-tamu Airy Rooms. FOTO: bungeko.com/Eko Nurhuda

3. Fasilitas lengkap, ada snack gratis pula!

Sekalipun tarifnya murah, tapi soal fasilitas rupanya tidak kalah dengan hotel standar. Apalagi kalau dibandingkan dengan penginapan-penginapan ala backpacker yang menginap ramai-ramai sekamar, yang tarifnya hanya terpaut sekitar Rp20.000-Rp30.000 saja.

Di Airy Eco Miroto Seteran Serut, saya mendapatkan kamar bersih dengan single bed. Kamarnya dilengkapi AC, televisi layar datar, kamar mandi dalam dengan shower air hangat, serta perlengkapan mandi (sabun, sampo, sikat gigi, dan handuk). Plus, ada paket snack berupa tiga jenis biskuit dan air minum gratis.

Yang paling penting, di hotel ini juga terdapat wifi gratis seperti halnya hotel-hotel standar. Saya bawa laptop hari itu, jadi tetap bisa online dan menggarap beberapa pekerjaan sembari menunggu kantuk datang.

Rupa-rupanya, seluruh fasilitas tersebut sudah jadi standar pelayanan Airy Rooms. Atau menurut bahasa di web mereka, itu adalah jaminan kenyamanan Airy Rooms. Jadi, seluruh hotel Airy Rooms se-Indonesia Raya dipastikan menyediakan tujuh hal mendasar berikut:

1. Tempat tidur bersih
2. Koneksi wifi gratis
3. Televisi layar datar
4. Air conditioner alias AC
5. Fasilitas air hangat
6. Perlengkapan mandi (sabun, sampo, sikat gigi + pasta, dan handuk)
7. Air minum gratis, baik berupa botol kecil di kamar atau galon isi ulang di dekat kamar

Mustinya masih ada nomor 8, yakni snack gratis. Di Airy Eco Miroto Seteran Serut Semarang saya diberi paket camilan berisi masing-masing satu bungkus Malkist, Better, dan. Lumayan buat ngemil sembari menggarap pekerjaan di laptop.

selasar kamar Airy Eco Miroto Seteran Serut, Semarang

Eco dan Standar

Tiga alasan itulah yang lantas membuat saya memilih menginap di Airy Eco Miroto Seteran Serut untuk menghabiskan Sabtu malam di Semarang. Ini jadi pengalaman pertama saya mencicipi pelayanan hotel dalam jaringan Airy Rooms.

Kesan saya? Overall, saya merasa puas. Kalau mau diberi rating, dari 1-10 saya beri nilai 8. Kebersihan kamar dan kelengkapan fasilitas, juga lokasinya yang strategis, adalah poin-poin yang properti ini memiliki nilai jual lebih.

Oya, jangan lupakan juga tarifnya yang ekonomis.

Satu saja sih yang ingin saya komplain, kenapa kok resepsionisnya berbeda dengan yang di foto ya? Di web ditampilkan foto resepsionis cewek. Eh, pas saya check in yang menerima mas-mas. Ini PHP namanya! 😀

Kalau ada yang bertanya kenapa tarifnya bisa semurah itu, salah satu alasannya adalah jenis properti. Airy Rooms selaku orchestrator memiliki dua tipe penginapan berdasarkan jenis properti, yakni Eco dan Standar. Tipe Eco untuk penginapan sekelas guesthouse dan selevelnya, tipe Standar untuk hotel melati hingga berbintang tiga.

Airy Eco Miroto Seteran Serut sendiri aslinya sebuah kos-kosan harian, sekaligus guest house. Namamya Omahku Seteran kalau versi buku menu, atau Seteran Guesthouse kalau melihat yang tertera di banner di gerbang masuk.

Kamar-kamar khusus untuk tamu Airy Rooms berada di lantai tiga, paling atas. Terdiri dari lima kamar bernomor 3A sampai 3E. Saya waktu itu dapat kamar 3B. Sedangkan kamar-kamar di lantai lebih bawah untuk penghuni kos.

Sekalipun berbeda tipe, tapi jaminan kenyaman Airy yang tujuh poin tadi (delapan ditambah paket snack) sama saja. Sehingga mau pilih tipe Eco maupun Standar, tamu tetap dapat menikmati kamar ber-AC yang bersih, mandi air hangat, menonton televisi layar datar, berselancar dengan koneksi wifi gratis, dan lain-lainnya.


.

Btw, saya mengabadikan pengalaman menginap di Airy Eco Miroto Seteran Serut Semarang dalam video di atas. Yang penasaran seperti apa kamar yang saya inapi, tonton saja videonya.

*****

Itu dia pengalaman pertama saya menginap di Airy Rooms, tepatnya Airy Eco Miroto Seteran Serut di Semarang. Sebuah penginapan murah meriah dengan kamar mungil, tapi sangat nyaman sekali dan fasilitasnya lengkap. Worth a try, kalo kata orang Jawa.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang butuh penginapan murah meriah di Kota Lumpia.

Booking kamar Airy Rooms lewat http://airyrooms.refr.cc/promo100 dan dapatkan diskon langsung Rp100.000. Tanpa minimum order, menginap kapan saja dan di mana saja. Yuk, mari!

Iklan

About Eko Nurhuda (357 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

10 Comments on Nyobain Airy Rooms di Semarang, Akomodasi Nyaman Harga Aman

  1. aku bbrp kali pake airy rooms pas lagi nanganin event yg pake gak pulang 🙂 enak krn deket sama lokasi acara plus nyaman dan murmer ya mas..

  2. Keren banget emang ya airyroom dalam memberikan jaminan kenyamanan. Salut juga sama cara mereka bangun channel dimana-mana. Tapi sejauh ini saya belum pernah nyobain airyroom, biasanya pakai airbnb hehe 😀

    • Iya, pilihannya juga banyak lho. Mulai dari penginapan biasa kaya yang saya pilih waktu di Semarang ini, sampai hotel berbintang. Btw, saya punya kredit lumayan di airbnb. Suatu saat pengen pake, ah. Nyobain 🙂

  3. asyiknya booking Airy banyak promo. padahal high season biasanya mahal2

  4. waaaah harganya bersahabat banget di kantong. ..boleh lah nanti pas pergi” berkelana coba nginep di airy rooms 😁 tfs mas ekoo. .

  5. Wiii, aku butuh vouchere buat plesir. Makasih mas eko infonyaa

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: