Highlight:

Merencanakan Liburan Hemat ke Semarang dengan ShopBack

SEMARANG “cuma” berjarak 148,8 kilometer dari Pemalang. Naik kereta api jarak tersebut hanya perlu ditempuh dalam waktu 2,5-3 jam. Dekat sekali. Namun saya belum pernah mengajak anak dan istri berwisata ke sana. So, berwisata sekeluarga ke Kota Lumpia jadi salah satu whishlist yang ingin saya wujudkan tahun ini.

Sebenarnya kami sekeluarga pernah ke Semarang tahun lalu. Namun itu bukan atas inisiatif pribadi, melainkan study tour TK anak sulung saya. Dalam waktu sehari kami mengunjungi tiga tempat berbeda yang letaknya berjauhan, plus satu toko oleh-oleh. Yang paling tidak asyik, kunjungan di tiap-tiap tempat hanya dibatasi satu jam saja.

Tentu saja kami tidak puas, terutama anak-anak. Itulah sebabnya saya sangat ingin sekali kembali mengajak anak dan istri berwisata ke sana. Kami ingin berlama-lama mengunjungi tempat-tempat wisata di Semarang sampai anak-anak puas.

Kenapa Semarang?

Alasan pertama ya karena jaraknya dekat. Tidak perlu menempuh perjalanan jauh, pilihan moda transportasinya pun beragam. Mau naik bus umum bisa. Banyak sekali bus jurusan Semarang yang melewati Pemalang. Baik dari Tegal, Cirebon, Bandung, maupun Jakarta. Saya bisa langsung menyetop di pinggir jalan, atau membeli tiket di terminal.

Tapi selama ada pilihan kereta api, saya lebih suka memanfaatkan jasa PT Kereta Api Indonesia. Dengan kereta api yang terjadwal rapi saya bisa menyusun agenda perjalanan dengan cermat. Berangkat dari Pemalang jam berapa, sampai di Semarang jam berapa, termasuk juga merencanakan besarnya ongkos yang diperlukan.

Alasan berikutnya yang tak kalah penting, transportasi umum di Semarang sangat beragam pilihannya. Mau naik angkutan kota yang murah meriah ada, mau lebih praktis dan nyaman bisa menyewa rental mobil. Ada pula pilihan taksi online yang menawarkan kenyamanan dengan harga lebih bersahabat, yakni Go-Car.

Wisata Anak
Alasan lain, ibukota propinsi Jawa Tengah ini menyimpan begitu banyak destinasi wisata yang cocok bagi anak-anak. Ya, semenjak mempunyai anak saya selalu memperhatikan betul tujuan wisata yang dituju. Saya utamakan mendatangi tempat-tempat yang memang dikhususkan buat anak-anak. Atau setidaknya tempat wisata tersebut ramah anak.

Saya sudah mencatat beberapa tempat wisata di Semarang yang rasanya bakal membuat anak-anak senang mengunjunginya. Berikut beberapa yang ingin sekali saya kunjungi:

1. Puri Maerakaca
Tempat wisata ini berada di urutan pertama dalam daftar. Tempatnya sangat luas, anak-anak pasti senang sekali bermain-main di sini. Apalagi ada anjungan 35 kota dan kabupaten se-Jawa Tengah. Jadi, tak sekedar bersenang-senang melihat-lihat, saya dan istri juga bisa mengajarkan lebih banyak tentang Jawa Tengah pada anak-anak.

Anjungan Pemalang tentu saja jadi tujuan utama kami. Belum banyak yang diketahui anak-anak tentang kabupaten tempat tinggalnya sendiri. Dengan mengunjungi anjungannya di Puri Maerakaca, kami dapat memperkenalkan apa-apa yang ada di Pemalang pada mereka.

Kalau sudah bosan mengelilingi anjungan demi anjungan, anak-anak bisa bermain-main di area khusus untuk anak-anak yang tersedia. Opsi lain yang tak kalah menarik adalah naik becak air, naik kereta-keretaan, atau sekedar duduk-duduk di taman dan berfoto-foto di sekitaran area pohon mangrove di dekat laut.

Rasanya kami bakal betah seharian di sini.

2. Masjid Agung Jawa Tengah
Lihat kesamaannya dengan Puri Maerakaca? Yup, Masjid Agung Jawa Tengah jadi tujuan kedua karena tempatnya yang sangat luas sekali. Anak-anak saya suka sekali tempat-tempat yang luas di mana mereka bisa berlari-lari ke sana-sini.

Sewaktu ke sini bersama rombongan TK anak sulung, bus sampai di area masjid rembang petang. Kami hanya diberi waktu satu jam. Mana kami harus antri lama di kamar mandi sebelum masuk masjid. Akhirnya kami sengaja berlama-lama di masjid, menunggu waktu salat Magrib tiba baru kembali ke bus.

Padahal anak-anak masih asyik berlari-lari dan terlihat penasaran sekali dengan banyak hal baru yang dilihatnya di sana. Jadi, saya dan istri sudah berangan-angan kalau nanti ke Semarang lagi kami akan biarkan anak-anak berlari-larian di pelataran masjid. Saya juga ingin naik ke Menara Al Husna yang tingginya 99 meter.

3. Lawang Sewu
Anak sulung saya sangat suka kereta api. Sekalipun sudah punya mainan kereta api tiga, ia masih terus minta dibelikan yang baru. Kalau menonton YouTube, selain animasi anak-anak yang ia tonton adalah video-video kereta api. Jadi, kalau ke Semarang saya harus mengajaknya ke Lawang Sewu.

Di sini anak-anak saya dapat melihat foto-foto berbagai stasiun kuno di Jawa, utamanya Jawa Tengah. Juga dapat melihat foto-foto kereta api jaman dulu. Berbagai miniatur kereta api dan lokomotif pasti membuatnya senang. Saya sudah bisa membayangkan bagaimana ekspresinya melihat-lihat isi di dalam museum kereta api di Lawang Sewu.

Puas berkeliling, kami bisa melepas lelah dengan duduk-duduk di kursi-kursi yang ada di halaman. Saya pastikan anak-anak tidak bakal puas jika cuma berada di sini selama 1-2 jam. Tak masalah. Mau setengah harian di sini pun oke, saya layani. Hehehe.

4. Jl. Pandanaran, Simpang Lima, Kota Lama
Jalan legendaris ini tentu tak boleh dilupakan kalau sedang berada di Semarang. Berjalan-jalan di sepanjang jalan nan asri ini memberikan nuansa berbeda. Kami bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, berfoto-foto bersama patung Warak Ngendog di Taman Pandanaran, atau berbelanja buku di Gramedia.

Lanjut ke timur, ada Simpang Lima yang menawarkan banyak hal. Rasanya saya hanya akan mengajak anak-anak masuk ke lapangan bundar di tengah-tengah simpang. Tapi bisa jadi kalau khilaf bakal tertarik mencicipi berbagai makanan khas yang ada di sekitaran sana.

Sedangkan kawasan Kota Lama, mengingat lokasinya yang tak jauh dari Stasiun Tawang saya kira paling cocok didatangi menjelang pulang ke Pemalang. Jadi sekalian jalan ke stasiun, sembari menunggu jadwal keberangkatan kereta, kami manfaatkan waktu untuk mengeksplorasi kawasan ini.

Menyiapkan Liburan dengan ShopBack
Dengan tiga destinasi utama plus beberapa tujuan opsional di atas, saya perkirakan kami butuh waktu tiga hari di Semarang. Itu artinya kami harus menginap dua malam. Tenang saja, ada banyak pilihan hotel di Semarang. Tinggal pilih saja disesuaikan dengan budget yang ada.

Untuk lebih menekan anggaran, gunakan berbagai tawaran promo yang tersedia. Salah satunya dengan menggunakan layanan ShopBack. Di situs ini terdapat banyak promo dari berbagai merchant, termasuk untuk pemesanan tiket kereta api dan reservasi hotel.

Bagi yang belum tahu ShopBack, situs ini merupakan semacam marketplace yang bekerja sama dengan ratusan toko online. Lebih dari 500-an merchant. Kita tetap dapat berbelanja di toko-toko online favorit seperti Lazada, Zalora, Elevenia, atau AliExpress. Yang membuat berbeda, kita akan mendapat apresiasi berupa cashback dari setiap transaksi.

Coba ingat-ingat, toko online atau marketplace mana yang memberikan cashback pada konsumennya? Tidak ada, bukan? Nah, ceritanya jadi berbeda kalau kita belanja melalui ShopBack. Itulah sebabnya saya sekarang selalu mengecek ShopBack terlebih dahulu saat ingin membeli ini-itu.

Untuk mendapatkan cashback dari setiap transaksi online, buka situs atau aplikasi ShopBack lalu pilih toko online favorit. Kemudian sistem akan membukakan toko online pilihanmu di tab baru. Berbelanjalah seperti biasa sampai selesai. Selanjutnya tinggal tunggu cashback dihitung oleh ShopBack dan masuk ke dalam akun.

Lihat langkah-langkah mendapat cashback dari ShopBack pada gambar di bawah ini, atau baca lebih lengkap di halaman berikut (klik saja).

ShopBack merupakan cara baru, cerdas, dan hemat berbelanja online di Indonesia. Tak perlu momen tertentu untuk dapat diskon atau harga promo, di sini setiap kali berbelanja selalu ada cashback-nya. Setelah terkumpul sebanyak minimal Rp50.000, cashback dapat dicairkan dengan cara ditransfer ke rekening kita.

ShopBack pertama kali berdiri pada tahun 2014 di Singapura. Dari awalnya hanya menggarap pasar lokal Singapura, layanan situs ini sekarang sudah merambah ke empat negara tetangga lainnya: Malaysia, Filipina, India, Singapura, dan tentu saja Indonesia tercinta. Pertumbuhannya amat pesat, sehingga membuahkan berbagai penghargaan bergengsi.

Pencapaian dan penghargaan tersebut membuat ShopBack disorot media. Tak kurang dari Yahoo!, Daily Social, dan Tech In Asia pernah meliput kiprah perusahaan ini. Di Indonesia, media-media top seperti Kompas.com, detikcom, Okezone, Liputan6.com, TechnoID, dan Female Daily juga sempat mengangkat profil ShopBack.

Baca juga: Tips Shopping Cerdas: Dapat Cashback Setiap Belanja Online via ShopBack

Ngomong-ngomong, apa saja sih yang ada di ShopBack? Banyak! Dengan merchant berjumlah ratusan, nyaris semua yang kita butuhkan bisa dibeli melalui ShopBack. Karenanya saya pun bisa merencanakan liburan hemat dengan berbelanja via ShopBack.

1. Tiket Kereta Api
Saya biasa memesan tiket kereta api di Tiket.com yang merupakan satu di antara ratusan merchant ShopBack. Dulu saya langsung buka situs atau aplikasi Tiket.com. Tapi semenjak mengetahui ShopBack, saya selalu membukanya melalui situs maupun aplikasi ShopBack terlebih dahulu. Lumayan, ada cashback-nya lho.

Berapa besar? Untuk pemesanan tiket kereta api cashback-nya sebesar Rp2.500/transaksi. Ingat, per transaksi ya bukan per tiket. Kalau mau dapat cashback lebih banyak, pesan tiketnya satu-satu sehingga satu transaksi hanya satu tiket. Misalkan kita membeli empat tiket yang dibeli secara terpisah, maka total cashback-nya sebesar Rp2.500 x 4 = Rp10.000.

Ini cashback yang saya terima dari ShopBack setelah membeli tiket kereta api di Tiket.com.

2. Reservasi Hotel
Selain tiket kereta api, saya juga bisa memesan hotel yang akan diinapi selama di Semarang melalui ShopBack. Reservasi dapat dilakukan melalui banyak merchant. Di antaranya Tiket.com, Zen Rooms, Booking.com, Hotels.com, PegiPegi.com, Mister Aladin, dan masih banyak lagi yang lain.

Tiap-tiap merchant menawarkan jumlah cashback berbeda. Persentase terkecil diberikan oleh Mister Aladin (4%), lalu disusul PegiPegi (5%), Tiket.com dan Hotels.com (6%), Booking.com (8%), dan yang tertinggi Zen Rooms (15%). Namun perlu diingat besar persentase tidak berarti nominal cashback-nya besar. Pertimbangkan pula harga kamar yang menjadi dasar perhitungan cashback.

Saya sendiri ingin mencoba Zen Rooms. Namun rupanya belum ada hotelnya di Semarang. Jadi, sepertinya saya akan reservasi hotel di Booking.com saja. Ada banyak pilihan hotel sesuai budget di situs ini. Dan saya harus mencari hotel yang menyediakan kamar triple atau bahkan quadruple.

3. Taksi dan Ojek Online
ShopBack sudah bekerja sama dengan Uber dan Grab Bike. Jadi kita akan mendapat cashback jika memesan Uber dan Grab Bike melalui ShopBack. Menariknya, cashback Uber boleh dibilang paling cepat diterima, yakni hanya dalam waktu 15 menit sejak kita membayar. Dan cashback sudah bisa diklaim sehari setelahnya.

Bandingkan dengan cashback tiket kereta api yang harus menunggu hingga 60 hari untuk bisa diklaim. Sayangnya nih, Uber dan Grab belum ada di Semarang. Yang ada Go-Jek. Mudah-mudahan saja dalam waktu dekat ShopBack menjalin kerja sama dengan Go-Jek. Atau mudah-mudahan Uber dan Grab segera masuk Semarang.

UPDATE 6/3/2017: GrabCar sudah tersedia di Semarang. Dapatkan cashback hingga 20% dan gratis 10x Rp30.000 dengan Promo Grab ShopBack. Klik di sini untuk info lebih lengkap.

4. Berbagai Jenis Kamera
Belum punya kamera untuk merekam momen-momen saat liburan? Beli saja di toko-toko favorit melalui ShopBack. Beberapa merchant yang sudah bekerja sama antara lain Lazada, Elevenia, MatahariMall.com, Alfacart, Bhinneka.com, AliExpress, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu biasa belanja di Bhinneka.com, ShopBack menawarkan cashback sebesar 3,5% untuk pembelian kamera di toko online ini. Jadi misalkan saya membeli kamera Canon EOS M3 seharga Rp6.799.000 (foto di atas), maka saya berhak mendapat cashback sebesar Rp6.799.000 x 3% = Rp203.970. Wah, lumayan sekali!

5. Aneka Smartphone
Kalau tak mau menenteng kamera digital atau mirrorless, kamera smartphone sudah cukup untuk mengabadikan momen saat berwisata. Tentunya kita musti pilih smartphone yang pikselasinya besar dengan sensor bagus.

Ada banyak pilihan smartphone oke untuk keperluan memotret atau merekam video. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya menjagokan merek Xiaomi yang juga terkenal sebagai hape murah meriah. Istri memakai Xiaomi Mi4i dan hasil foto juga rekaman videonya sangat jernih.

Nah, kalau ingin belanja smartphone lebih hemat jangan lupa pakai ShopBack ya. Rata-rata merchant menawarkan cashback sebesar 1-1,5% untuk pembelian alat-alat elektronik. Misalkan kita membeli Xiaomi Redmi 4A yang baru di-launching seharga Rp 1,5 juta, maka kita akan dapat cashback sebesar Rp15.000. Lumayan…

Sudah Hemat, Dapat Cashback Pula
Sekarang saya coba susun rencana perjalanan plus budget yang diperlukan untuk berlibur sekeluarga selama 3 hari 2 malam di Semarang. Karena sudah punya kamera dan juga handphone memadai untuk keperluan dokumentasi, saya hanya perlu menganggarkan tiket kereta api dan akomodasi.

Tiket kereta api bisa dipesan lewat Tiket.com atau Tokopedia. Di Tiket.com hanya tersedia KA Kamandaka (Rp55.000) yang jam keberangkatannya dari Pemalang kurang bersahabat. Sedangkan di Tokopedia selain KA Kamandaka kita juga dapat memesan KA Kaligung (Rp50.000) dengan pilihan jam keberangkatan lebih fleksibel.

Khusus untuk hotel, mengingat anak-anak belum bisa tidur terpisah dari ibunya saya musti mencari kamar tipe triple atau bahkan quadruple. Dari pencarian di Booking.com saya menemukan Hotel Ibis Budget di Jl. Pierre Tendean, dekat dengan Stasiun Semarangponcol, juga tidak terlalu jauh dengan Tugu Muda dan Lawang Sewu.

Hotel ini menyediakan kamar triple dengan tempat tidur susun. Tarifnya? Ini yang bikin kantong aman. Booking.com menampilkan harga Rp796.440 untuk dua malam. Sudah termasuk sarapan buffet senilai Rp46.200/orang, pajak 10%, serta service tax 5%.

Oke, bungkus!

Rencana Kunjungan
Sekarang coba kita susun rencana kunjungan selama berada di Semarang nanti. Dengan beberapa destinasi yang sudah saya sebut di atas, kira-kira seperti ini itinerary-nya. Sengaja saya jadwalkan waktu minimal 2 jam di setiap destinasi agar anak-anak puas menikmatinya.

Agar memiliki waktu lebih banyak di masing-masing tempat wisata, saya pilih tempat-tempat makan siang/malam di sekitaran tempat tersebut. Misalnya makan Pecel Mbok Sador saat ke Simpang Lima, makan di Warung Seafood Bu Anna setelah mengunjungi Puri Maerakaca, atau masuk ke Gajah Pujasera di dekat pintu masuk Masjid Agung Jawa Tengah.

Setelah mempertimbangkan jarak, lokasi, dan waktu paling pas untuk mengunjungi masing-masing tempat wisata, saya susun itinerary seperti berikut ini:

Hari Pertama
09.52 – 11.49 WIB: Perjalanan Pemalang-Semarang(Stasiun Poncol)
11.49 – 13.00 WIB: Check in di Hotel Ibis Budget
13.00 – 14.00 WIB: Makan siang di Bakmi Djowo Pak Doel Noemani
14.00 – 16.30 WIB: Mengunjungi Lawang Sewu
16.30 – 18.30 WIB: Kembali ke hotel, mandi & salat
18.30 – 20.00 WIB: Ke Simpang Lima, makan malam
20.00 WIB: Kembali ke hotel, istirahat

Hari Kedua
07.00 – 08.00 WIB: Sarapan di hotel
08.00 – 11.30 WIB: Mengunjungi Puri Maerakaca
11.30 – 13.30 WIB: Makan siang di Warung Seafood Bu Anna
13.30 – 16.30 WIB: Ke Klenteng Sam Poo Kong
16.30 – 18.30 WIB: Kembali ke hotel, mandi & salat
18.30 – 20.00 WIB: Makan malam di Bu Sum Pandanaran, belanja oleh-oleh
20.00: Kembali ke hotel, istirahat

Hari Ketiga
07.00 – 08.00 WIB: Sarapan di hotel
08.00 – 10.00 WIB: Ke Klenteng Tay Kak Sie
10.00 – 13.00 WIB: Ke Masjid Agung Jawa Tengah
13.00 – 14.00 WIB: Makan siang di Gajah Pujasera
14.00 – 16.30 WIB: Keliling Kota Lama
16.30 – 17.00 WIB: Ke Stasiun Tawang
17.10 – 19.18 WIB: Perjalanan Semarang-Pemalang, makan malam di kereta

Tentu saja itinerary ini bersifat fleksibel. Maklum, jalan-jalan bersama anak-anak seringkali menghadapi banyak hal tak terduga. Entah si anak ngambek, kecapaian, atau malah tidak mau diajak pindah ke destinasi berikutnya karena terlalu asyik.

Perhitungan Anggaran
Berdasarkan itinerary di atas, kami berempat akan berangkat menggunakan KA Kaligung dari Pemalang dan turun di Stasiun Semarangponcol. Menginapnya di Hotel Ibis Budget selama dua malam, lalu pulangnya naik KA Kamandaka dari Stasiun Tawang.

Untuk makan, sarapan pagi sudah include harga hotel. Tinggal memikirkan biaya makan siang dan makan malam. Dengan memilih tempat makan sederhana, saya anggarkan budget Rp50.000 sekali makan per orang. Ini termasuk cemilan dan air minum kemasan. Kalau misalnya masih ada lebih dapat dimasukkan ke anggaran oleh-oleh.

Sedangkan untuk transportasi dalam kota saya lebih prefer naik Go-Car atau taksi Blue Bird, tergantung mana yang tersedia. Tak perlu pakai dua aplikasi, sebab taksi Blue Bird sekarang dapat dipesan lewat aplikasi Go-Jek. Dengan jarak tempuh rata-rata 2-3 km, setiap perjalanan membutuhkan ongkos antara Rp25.000-Rp40.000.

Berikut anggaran yang perlu saya siapkan:
– 1 kamar triple Hotel Ibis Budget (2 malam): Rp796.440,-
– 4 tiket KA Kaligung (pergi): Rp200.000,-
– 4 tiket KA Kamandaka (pulang): Rp220.000,-
– Makan 2 kali sehari x 4 orang x 2 hari: Rp500.000,-
– Ongkos Go-Car dan Blue Bird: Rp250.000,-
– Oleh-oleh dan lain-lain: Rp500.000,-

TOTAL ANGGARAN: Rp2.466.440,-

Bagi blogger yang menggantungkan penghasilan dari penulisan artikel sponsor, uang sebesar Rp2.466.440 tersebut setara dengan 5 sponsored post senilai Rp500.000, atau 7-8 artikel berbayar senilai Rp350.000. Kalau setiap bulan rata-rata mendapat dua job, saya baru bisa mengumpulkan uang sebanyak itu selama 2-3 bulan.


Berita baiknya, saya tidak harus membayari seluruh pengeluaran dari kantong sendiri. ShopBack tengah berbaik hati pada member-membernya. Cukup ceritakan apa yang ingin kita beli, ShopBack bakal mengabulkan keinginan tersebut. Syaratnya mudah: barang/jasa tersebut dapat dipesan di e-commerce yang sudah bergabung dengan ShopBack, dan maksimal nilainya Rp1.000.000.

Menilik daftar anggaraan tadi boleh dong saya berharap ShopBack mengabulkan keinginan saya memesan 1 kamar triple di Hotel Ibis Budget selama dua malam. Reservasi hotel ini dapat dilakukan via Booking.com yang merupakan salah satu merchant ShopBack. Lumayan, penghematan Rp796.440.

Uang sebanyak itu tentu sangat berarti bagi saya. Jika keinginan ini dikabulkan ShopBack, saya tinggal menyiapkan dana sebesar Rp1.670.000 saja. Jauh lebih sedikit. Dan kalau menggantungkan perolehannya semata-mata dari penulisan artikel sponsor, saya sudah bisa mengajak anak-istri berlibur ke Semarang 1-2 bulan ke depan. Allahumma amin.

Oya, mau ikut merasakan serunya dapat cashback dari setiap transaksi onlinemu? Yuk, daftarkan dirimu sebagai member ShopBack di sini dan dapatkan bonus langsung sebanyak Rp25.000.

Semoga bermanfaat!

Iklan

About Eko Nurhuda (357 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

16 Comments on Merencanakan Liburan Hemat ke Semarang dengan ShopBack

  1. Iya, Mas. Sekarang kalo belanja mending Shopback-in aja. Belum lama aku pesen kaos di situs print on demand, mayan dapet lagi tambahan cashback. Hehehe.

  2. Shopback emang keren, sekarang saya jaditau kalau belanja itu harusnya di shopback saja karena ada cashbacknya. Karena kemarin kemarin belanja reguler saja tanpa ada cashback

  3. Semarang emang puanaaaas pol, Mbak. Tapi kota ini asyik banget lho buat disusuri, terutama kawasan Kota Lama dan Kelurahan Sekayu (Lawang Sewu, Tugu, Muda, Jl. Pandanaran, Jl. Pemuda) yang asri banyak pepohonan di kiri-kanan jalan.

  4. Aku pernah kesemarang
    Kataku semarang panas jeh… iya ya ada lomba ini melu pisan ah *ikut2 ahahahha

  5. Traveloka belum kerja sama dengan ShopBack, Kak.
    Mudah-mudahan ke depan bakal bisa diorder via ShopBack juga.

  6. Aku sering pakai traveloka.com
    Mudahan ada di shopback, ya.
    Lumayan tu, casbacknya…

  7. Makasih doanya, Mbak.
    Bisa banget pesan tiket pesawat, kereta api, juga reservasi hotel. Di ShopBack ada 500 lebih merchant, jadi komplit deh mau beli apa aja ada dan bisa.

  8. lengkapnyaaaa, semoga terkabulkan, aku baru tau kalau di shopback bisa pesan tiket juga, aku pikir lebih ke e-commerce gitu

  9. Amin, amin. Makasih doanya ya, Mbak 🙂
    Sebenernya kalo nginepnya numpang di saudara dan nggak usah ribet bawa oleh-oleh ya nggak harus nyiapin dana sebanyak itu sih. Cukup buat ongkos-ongkos aja. Hehehe.

  10. Hihihi, silakan dicontek, Mbak. Itu cuma mengunjungi tempat-tempat wisata yang berjarak 2-3 km dari pusat kota (Simpang Lima), dan saya perkirakan bikin anak-anak happy. Sebenernya masih banyak tempat wisata lain yang nggak kalah oke di Semarang tapi nggak masuk list.

  11. Gan? Halo, ini bukan Kaskus ya.
    Hahahaha…

  12. Sama, Mas. Makanya pengen ngajak anak-anak ke sana 🙂

  13. Wah lengkap banget dan persiapannya mantap. Semoga shopback mengabulkan permintaannya biar tercapai membahagiakan keluarga piknikan di Semarang ya, Mas.

  14. Lengkaaap infonya mas Eko.. Lumayan bgt kalo bisa dpt cashback dari shopback ya.. Gudlak, semoga plan jalan2 ya ke Semarang bisa kesampaian.. Aku jg jd pingin euy ke Semarang, udah ada itinerary-nya lg di tulisan ini, jd bisa dicontek.. haha.. Tfs mas.. 😀

  15. Wah mantep gan reviewnya 😀
    btw sukses ya blog reviewnya..

  16. Saya malah belum pernah ke Puri Maerakoco

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: