Highlight:

Tahun yang Membangkitkan Optimisme

TINGGAL hitungan jam hari terakhir di tahun 2016 bakal berlalu. Tepat pada pukul 00.00 WIB nanti hari baru sekaligus membawa tahun baru, 2017. Saya tak sabar menantikan apa yang bakal diberikan tahun baru ini. Namun sebelum itu saya ingin mengilas-balik apa saja yang telah terjadi sepanjang 2016.

Sejak memutuskan berhenti berdagang uang lama pada akhir 2014, lalu disusul mengundurkan diri sebagai content writer di sebuah blog populer awal 2015, saya resmi “menganggur” total. Masa-masa yang sulit bagi saya dan istri. Terlebih anak-anak mulai masuk sekolah dengan diawali Damar di Taman Kanak-Kanak.

Toh, saya dan istri percaya sepenuhnya Allah-lah Sang Pemberi Rejeki. Berdagang, menjadi content writer, atau apapun itu, semuanya hanyalah wasilah alias perantara. Artinya, meskipun tak lagi berdagang dan berstatus content writer, rejeki untuk kami akan tetap ada. Allah menyalurkannya lewat perantara lain. Dan Allah adalah sebaik-baiknya tempat bergantung.

Teman-teman dan saudara yang tahu persis berapa pendapatan saya sewaktu masih berdagang uang lama bertanya-tanya kenapa saya menghentikan usaha tersebut. Well, jawabannya terkait dengan keyakinan. Intinya saya sudah tidak mantap lagi memperdagangkan uang lama, sehingga merasa lebih nyaman untuk meninggalkannya.

Alhamdulillah, meski sempat agak kaget dengan perubahan kondisi finansial yang teramat drastis, kami mampu bertahan. Ada saja jalan yang diberikan Allah sehingga kami terus-menerus mendapatkan rejekinya dari berbagai pintu. Terkadang dari arah yang tidak kami duga-duga. Salah satunya lewat program periklanan WordAds dari blog sepakbola yang saya kelola.

Mendekati akhir 2015, saya semakin mantap untuk kembali memaksimalkan skill menulis dalam mencari nafkah. Sebenarnya masih ingin berdagang lagi. Namun saya belum menemukan produk apa yang hendak dijual, jadi ini untuk rencana jangka panjang saja. Untuk saat ini saya ingin kembali menulis.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mengaktifkan blog pribadi ini. Bungeko.com terlantar sejak akhir 2011. Sempat saya ubah jadi blog sepakbola, lalu ganti jadi blog gado-gado yang mengangkat semua hal yang sedang trend, dipindah ke WordPress, dikembalikan lagi ke Blogger, dan lagi-lagi dibiarkan terlantar.

Berkah Ikut Fun Blogging
Adalah Fun Blogging yang kemudian membuat saya kembali bersemangat mengurus Bungeko.com. Saya kenal komunitas ini dari banner yang terpajang di blog Pakde Abdul Cholik. Saya kenal beliau sejak tahun 2011, di masa-masa awal beliau ngeblog. Kami selalu saling kunjung dan berbalas komentar masa itu. Saya malah pernah memenangkan giveaway yang diadakan Pakde.

Awalnya saya membuka situs Fun Blogging. Tapi tak banyak informasi yang saya dapat di sana. Lalu saya buka grupnya di Facebook. Sama saja, sebab itu grup tertutup sehingga saya harus bergabung terlebih dahulu untuk bisa mengetahui isinya.

Didorong rasa penasaran saya banyak bertanya mengenai Fun Blogging kepada Pakde. Ndilalah, waktu itu tengah dibuka pendaftaran angkatan 8, 9, dan 10. Saya nekat mendaftar. Incaran saya kalau tidak bisa ikut yang di Semarang, saya bakal pergi ke Jogja. Syukurlah, ternyata saya bisa mengikuti event di Semarang.

Baca juga: Hilang Fokus di Jl. Pandanaran Semarang (Kenangan Fun Blogging 9)

Oke, saya paham soal online money-making sejak 2005. Saya bahkan sudah berpenghasilan rata-rata US$ 250 sebulan dari blog pribadi di tahun 2007-2009. Namun apa yang saya ketahui dulu tentu berbeda jauh dengan perkembangan saat ini. Saya belajar dari nol lagi. Dan beruntung sekali saya berguru pada orang-orang yang tepat.

Dan tanpa bermaksud menyombongkan diri ataupun pamer, berikut yang telah saya dapatkan sepanjang 2016. Semuanya berkat kemurahan Allah SWT, serta bantuan dan contoh yang diberikan oleh trio founding mother Fun Blogging: Kak Haya Aliya Zaki, Teh Ani Berta, dan Mbak Shintaries.

1. Juara II Lomba Blog Fun Blogging 9
Tak sampai sebulan sejak mengikuti Fun Blogging 9 di Semarang, saya langsung mendapatkan rejeki. Saya terpilih sebagai Juara II dalam lomba blog yang diadakan khusus bagi peserta workshop. Hadiahnya membuat istri saya tersenyum ceria, yakni voucher Indomaret senilai Rp300.000.

Kami jadi tahu caranya berbelanja pakai voucher di Indomaret! Hahaha…

2. Job pertama + action cam
Masih di bulan April, saya langsung mendapatkan job dari Fun Blogging. Teh Ani yang mendapat proyek buzzer untuk event Traxx Unlock the City dari Daihatsu memilih saya bersama beberapa belas teman anggota grup lainnya. Fee-nya Rp250.000, fee pertama saya sebagai blogger.

Allah Maha Baik. Selain fee, saya berturut-turut masuk dalam daftar pemenang hadiah di tiga pekan penyelenggaraan event tersebut. Pekan pertama mendapat tumbler, pekan kedua voucher MAP Rp100.000, dan pekan ketiga mendapat action cam Xiaomi Yi lengkap dengan tongsis dan memory card 16GB. Wow!

3. Plesir ke Palembang, kota kelahiran
Mei 2016, nama saya masuk dalam tiga pemenang Lomba Blog Musi Triboatton 2016. Ini kali pertama saya memenangkan lomba blog sejak terakhir kali pada April 2010 dan medio 2011. Sebagai hadiah, saya diongkosi dari Pemalang ke Palembang untuk menyaksikan balapan Musi Triboatton 2016.

Yang membuat haru, beberapa pekan sebelumnya nenek saya di Palembang meninggal. Saya seharusnya datang ke sana bersama-sama Bapak, Ibu, dan adik-adik yang berdatangan dari Jambi, Jakarta dan Bogor. Tapi keadaan tak memungkinkan saya ikut datang. Ternyata Allah memberi jalan lain, sehingga saya bisa berziarah ke makam Simbah.

Baca juga: Jadi Turis di Kota Kelahiran Sendiri

4. Dapat smart watch
Setelah kembali gagal sepanjang Juni, pada Juli 2016 saya terpilih sebagai Juara IV dalam lomba blog yang diadakan Bebasbayar.com. Jujur, saya sebenarnya mengincar juara II yang berhadiah smartphone karena saat itu tengah tidak punya. Tapi Allah berkehendak lain dan saya mendapat smart watch. Lumayan.

Tak lama berselang, saya juga terpilih sebagai salah satu pemenang dalam giveaway yang diadakan Pak Nnher. Hadiahnya? Rahasia dong. Yang jelas sangat bermanfaat sekali untuk tukang ngemil seperti saya. Hahaha…

5. Plesir ke Lampung dan Banjarnegara
Agustus tampaknya jadi bulan terbaik bagi saya. Di bulan ini saya mendapat empat hadiah sekaligus. Dan hadiah-hadiahnya terhitung komplit sekali, ada barang, ada uang, dan ada jalan-jalan. Malah satu lomba memberikan dua hadiah sekaligus: uang tunai dan jalan-jalan. Nikmat Allah yang mana yang mau didustakan?

Keempat pencapaian di bulan Agustus 2016 tersebut:
– Pemenang hiburan giveaway Asus-nya Mbak Uniek, berhadiah sepatu keren dari The Warna
– 10 besar lomba penulisan Come ON Inspire yang diadakan Bank OCBC NISP, berhadiah uang tunai
– Juara lomba blog Sunpride, berhadiah jalan-jalan ke Lampung plus paket buah
– Juara III lomba blog Banjarnegara, berhadiah uang tunai dan wisata gratis

6. BALI!!!
Saya kira Agustus merupakan bulan terbaik, rupanya Allah memberi rejeki lain yang lebih membahagiakan. Iseng-iseng mengikuti lomba video yang diadakan Frisian Flag Indonesia, saya dan keluarga terpilih sebagai salah satu dari tiga pemenang utama. Hadiahnya tur ke Bali selama 5 hari empat malam untuk saya, istri, dan dua anak tercinta. Masya Allah πŸ™‚

Eh, itu kan bukan lomba blog? Iya. Tapi, di tahun ini saya juga tengah memperdalam keterampilan dalam olah video. Jadi, bagi saya ini merupakan hadiah yang menumbuhkan optimisme tinggi. Sepulang dari Bali saya jadi bersemangat memproduksi video untuk satu channel YouTube. Kini, channel tersebut mulai memberi hasil (baca: uang :D).

Di bulan ini saya juga mendapat hadiah yang seolah memberi tamparan. Apa itu? Paket buku My Stupid Boss ditambah banyak buku lain dari Penerbit Indonesia Tera, serta kaos. Hadiah ini didapat setelah saya memenangkan lomba menulis yang diadakan Desa Bahasa Borobudur dan Indonesia Tera. Lomba terbatas sih, khusus untuk peserta kunjungan yang terdiri dari member-member Ibu-Ibu Doyan Ngeblog (IIDN) Semarang dan komunitas blogger Gandjel Rel.

Saya sebut hadiah ini tamparan sebab sudah lama sekali saya tidak membaca buku. Pun membeli buku. Hihihi…

6. MacBook Air
Karena keasyikan mengedit video, banyak sekali lomba blog yang saya lewatkan. Namun begitu membaca info mengenai lomba blog My BCA Experience saya tak mau absen. Saya harus ikut! Begitu tekad saya waktu itu. Mengandalkan pengalaman nyata sewaktu memesankan tiket pesawat untuk Ibu, alhamdulillah, saya terpilih sebagai Juara I.

Hadiahnya? MacBook Air 11.6 inchi! Harganya berkali-kali lipat dari sepeda motor second merek Taiwan yang selama ini saya pakai. Lagi-lagi ini merupakan kemurahan Allah, sebab sudah lama sekali saya mengidam-idamkan komputer/laptop yang punya spek lebih oke untuk keperluan video editing.

Selama ini saya mengedit video menggunakan laptop dengan spek pas-pasan: RAM 2 GB, prosesor 1,4 GHz. Seringkali terjadi laptop lag atau crash saat tengah menggarap video. MacBook Air hadiah dari BCA ini pas sekali dengan kebutuhan saya. Alhamdulillah…

7. Xiaomi Mi4i
Di penghujung tahun, saya kembali iseng mengikuti lomba video. Lagi-lagi melibatkan istri dan anak-anak. Ndilalah, usaha saya sekeluarga membuahkan rejeki. Kali ini smartphone Xiaomi Mi4i yang kece badai. Anak-anak saya sampai bersorak kegirangan sewaktu saya beri tahu kalau kami masuk dalam salah satu dari 10 pemenang.

Entahlah, mungkin Allah sudah cukup menguji istri saya yang sejak September lalu tidak pegang hape. Hapenya rusak, sudah dua kali diservis tetap rusak. Mau beli baru tak ada budget.

Dan saya hanya bisa berucap, alhamdulillah

8. Dipercaya berbagai brand
Seperti yang diajarkan dalam workshop Fun Blogging, yaitu blog monetizing, akhirnya bungeko.com dipercaya oleh berbagai brand sebagai media promosi. Blog ini pertama kali mendapat job dari sebuah agency yang menangani promo Traveloka pada Juni 2016. Honornya? Rahasia perusahaan! Hahaha.

Semenjak itu job demi job berdatangan lewat berbagai pintu. Mula-mula lewat info di grup Fun Blogging, ada juga yang hasil iseng nyamber status orang, dari grup WhatsApp, dan belakangan tawaran langsung masuk melalui mailbox saya. Hingga 31 Desember 2016 saya telah menulis untuk Blanja.com, ShopBack, Sejasa.com, Priceza, Scotch-Brite, Elevenia, Tiket2.com, SaleDuck, Polytron, Paylesser, Pertamina, serta satu job yang entah untuk apa saya tidak tahu karena tidak menyertakan backlink sama sekali.

Besar fee-nya bervariasi, dan saya selalu bersyukur berapapun nominal yang didapat. Entah itu Rp50.000, Rp100.000, Rp250.000, Rp300.000, Rp500.000, Rp800.000, atau Rp1.000.000.

Jangan kagum dulu. Nominal terakhir itu baru sebatas impian. Hehehehe.

*****
Jam di sudut kanan bawah monitor laptop saya menunjukkan angka 23:29 WIB sewaktu saya menuliskan paragraf ini. Tinggal setengah jam lagi tahun berganti. Saya berharap semoga 2017 kembali memberikan keberkahan bagi kami sekeluarga. Mau lebih banyak atau lebih sedikit, Allah Maha Pengatur Rejeki dan Maha Tahu apa yang dibutuhkan hamba-Nya. Tugas saya hanyalah berusaha dan berdoa.

Satu hal yang pasti, semua yang telah saya capai sepanjang 2016 membangkitkan satu optimisme dalam diri ini. Optimisme bahwa saya bisa mencapai apapun yang saya inginkan dengan menulis dan blog sepanjang saya mau berusaha secara sungguh-sungguh.

Semoga bermanfaat!

Iklan

About Eko Nurhuda (360 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

46 Comments on Tahun yang Membangkitkan Optimisme

  1. Wah, Mas Rudi awas betul. Langsung dikoreksi deh. Suwun, Mas.
    Ayo, ditunggu posting pencapaian 2016. Kan dapet Asus kece tuh πŸ™‚

  2. Amin, amin. Hehehe, aku masih bingung makenya πŸ™‚

  3. Btw, itu terlupa ya harusnya nomor 6 adalah tujuh, berulang tuh. Mantab pokoke, Dab! AKu mau juga ah bikin posting kayak gini hehe.

  4. Gapapa, Mas. Justru the power of kepepet jadi pelecut. Moga tambah ngacir aja pas tahun baru, apalagi berbekal si mesin canggih keceh itu tuh, haha…

  5. Hehehe, kata tangguh itu bikin aku malu. Boleh dibilang ini the power of kepepet, Mas. Kalo masih asyik jualan kayanya aku nggak seperti ini dan malah ogah ngeblog. Hahaha. Makasih doanya. Semoga tahun ini memberi banyak kebaikan buat kita semua πŸ™‚

  6. Amin, amin… Makasih doanya ya, Mbak.
    Saya juga ajarin biar produktif lagi nulis buku dong. Sudah lima tahun lebih nggak garap buku nih πŸ™‚

  7. Tangguh dan inspiratif banget Mas kisahmu. Aku jadi semakin terpacu, apalagi dengan rencana baruku itu yang akan menuntut menjadi blogger fulltime yang harus lincah. Kita akan makin sering bersaing dalam lomba, haha. Aku juga pernah nerima job dari Teh Ani duluuu pas belum tahu monetize, alhamdulillah honornya mah lumayan bingit. Untuk Fun Blogging, aku belum ikut walau diadakan beberapa kali di Jakarta. Karena kondisi fisik dan sebagainya. Semoga justru nanti di Jawa Timur atau Tengah, aku bisa ikutan. Rezekinya ngikutin Bungeko yang dahsyat. Bisa nambah vlog juga. Top dan semoga tahun 2017 banyak lagi peluang ya Mas. Berkah

  8. Alhamdulillah, pencapaian gemilang di 2016, semoga 2017 lebih moncer lagi aamiin..aakk semoga ketularan rejekinyaa bung eko..

  9. Hihihi, makasih banyak, Mbak Myra. Soal vlog, saya masih harus banyak belajar lagi nih. Fasilitas sudah dikasih, alhamdulillah. Tinggal mengasah skill pengambilan gambar sama olah video.

  10. Baca namanya aku kaget, kukira istriku yang kasih komentar. Hahaha. Namanya sama persis sih. Btw, iya banget. Katanya kalo ragu-ragu mending ditinggalkan. Berat sih mengingat penghasilan sudah oke banget waktu itu, koneksi juga sudah sana-sini, langganan dan reseller banyak. Tapi ya lillahi ta'ala aja, niatnya menjauhi barang yang bersifat remang-remang alias syubhat.

  11. Mas Eko kereeeenn! Tulisan-tulisannya memang terasa hidup, gak monoton bacanya. Vlognya pun makin bagus. Semoga semakin sukses, ya. aamiin

  12. Aku selalu percaya kalo kita meninggalkan pekerjaan yang diragukan kehalalan penghasilannya pasti dikasih pintu rezeki lainnya yang berlipat dan kadang nggak disangka. Selamat atas pencapaiannya di tahun 2016 ya, Mas. Istri dan anak-anakmu pasti bangga punya suami dan bapak yang bekerja keras πŸ™‚

  13. Amin ya Rabbal 'alamiin. Makasih doanya, Mas Ihwan. Semoga tahun 2017 memberikan berkah lebih banyak lagi πŸ™‚

  14. Sama-sama, Mbak. Saya juga banyak terinspirasi sama blogger-blogger lain. Banyak belajar dari mereka dan semoga bisa menyamai pencapaian mereka semua πŸ™‚

  15. Sama-sama, Mbak. Ini juga sebagai pelecut semangat bagi diri sendiri πŸ™‚

  16. Inspiratif ceritanya, hasil yang kita dapat tidak akan mengingkari usaha kita, yakin ituu. Semoga di tahun 2017 kita semua bisa lebih sukses Mas, keep blogging with fun!

  17. tulisan ini betul-betul menginspirasi saya mas. terima kasih untuk sharingnya, semoga semakin sukses ya di tahun selanjutnya

  18. TFS Pak buat tulisannya. Bisa jadi motivasi buat saya di 2017 ini. Moga makin sukses ya Pak.

  19. Amin. Terima kasih banyak doanya, Mbak Titis πŸ™‚

  20. Makasih banyak, Kakak. Semoga aku bisa semakin gigih dan fokus untuk mewujudkan impian-impianku di tahun-tahun mendatang πŸ™‚

  21. Terima kasih, Bunda. Trio guru kita memang keren-keren. Saya juga abung di WB sama beberapa komunitas blog lain, tapi sejauh ini Fun Blogging yang bikin nyaman πŸ™‚

  22. Makasih banyak, Mas. Jangan cuma ditiru, kalo bisa melebihi πŸ™‚

  23. Hihihi, makasih banyak untuk doanya, Mbak Lucky.
    Sama-sama, smeoga Mbak juga semakin banyak berkah dan kebaikan di tahun 2017. Amin.

  24. Makasih banyak, Mbak Rien πŸ™‚

  25. Hihihi, punten pisan, Teh. Tapi sudah diwakili sama nominalnya. Hehehe.
    Makasih banyak ya, Teh. Tanpa kebaikan Teh Ani saya gak bakal ngerasain nikmatnya job sebagai blogger/influencer πŸ™‚

  26. Alhamdulillah, 2017 makin sukses ya Mas Eko πŸ™‚
    Kok yg job Indosat dariku gak disebut di sini? Padahal fee nya lumayan hihihi

  27. Alhamdulillah. Barakallah mas Eko

  28. Mas ekooo favoritt bangeett..Semogaa terus menginspirasi lewat tulisan. Selamat tahun baru 😁 Semoga semakin banyak berkah dan kebaikan di tahun 2017. Aamiin.. πŸ˜‡

  29. Kereeen Mas Eko, saluuut dengan pencapaiannya, patut ditiru πŸ™‚

  30. Mas Eko, bunda juga beruntung banget nih bisa nangguk fulus dikit-dikit berkat pelajaran yang didapat dari Trio Cikgus kita yang keceh, trus tambah lagi tuh dari komunitas lain, KEB,BP dan WB. Tinggal belajar gimana caranya menjaga untuk bikin konte lebih gimanaaa…gitu. Selamat buat hadiah-hadiahnya, ya.

  31. Gigih dan fokus, 2 kata yang menginspirasi dari capaian Bung Eko.
    Sangat menginspirasi.
    Sepertinya aku bakalan 'berlabuh' di sini. :).

  32. Semoga semakin berlimpah rezekinya mas di tahun 2017 πŸ™‚

  33. Juga tahunmu, Koh. Dapet iPhone, dapet laptop super keren, wisata ke Raja Ampat, ke Australia. Apalagi coba? Semoga tahun depan lebih baik ya, Koh πŸ™‚

  34. Itulah, Mbak. Justru karena aku nggak punya job lain jadinya yang dipegang ya blog terus. Hihihi. Sawang-sinawang sih asline. Kalo pas sepi job gitu aku suka mbatin, “enak ya yang punya pekerjaan tetap gitu. Biarpun blognya sepi job tetap ada pemasukan.” Hihihi…

  35. Makasih banyak doanya, Kakak! Allahumma amin πŸ™‚
    MacBook Air di salah satu marketplace ada yang nawarin 11 juta. Entah tipe apa. Kalau yang kuterima, di resi JNE tertulis nilai barang 12 juta.

  36. Amin, amin…
    Makasih banyak ya, Mbak πŸ™‚

  37. Padahal duluuuu banget ada temenku yang berkomentar kalo aku ini paling gampang hilang fokus, hihihi. Sama-sama belajar, Mbak. Saya juga banyak terinspirasi sama teman-teman, utamanya di grup Fun Blogging.

  38. Makasih banyak, Kakak. Tahun ini emang kudu lebih rajin ngevlog, semakin mempertajam fokus biar brand lebih tertarik. Hehehehe.

  39. Alhamdulillah, Mbak Ika. Berguru sama teman-teman yang tepat sangat membantu sekali. Insya Allah, tahun 2017 jadi tahun yang lebih baik lagi bagi kita semua. Plesir ke Derawan? πŸ™‚

  40. Wuih keren emang tahun 2016 kamu ya mas

  41. Wah kerennya mas Eko… seneng ya mas klo blog udah bisa menghasilkan gitu..aku mah boro2 bagi waktu sama ngajar aja susyeh bgt.
    Tp tahun ni pengen lebih semangat ngeblog lagi mupeng liat temen2 yg sukses blognya kya mas eko gini

  42. Alhamdulillah panennya manis tenan, Mas Eko. Itu Macbook kalo gak salah sekarang 13 jutaan ya, Mas. Moga makin sukses di tahun 2017. Aamiin!

  43. Waah semakin sukses Mas eko sebagai blogger ya Mas..

  44. Ehm, jadi ingat pertama kali ketemu sama Mas Eko pas acara FB di Semarang ini. Darimu aku belajar soal kegigihan dan fokus, Mas. Terima kasih sudah menginspirasiku.

  45. kerennn mas Ekooo, semoga makin sukses ngeblog dan ngevlog-nya di tahun 2017 ini, yaaa…

  46. Saluuut dan kagum sama mas Eko. Hadiah-hadiah dan job yang berdatangan sepadan dengan perjuangan mas Eko. Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik lagi dari tahun lalu.
    Semoga begitu pula denganku. Aamiin

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: