Highlight:

Tips Belanja di Sale Natal-Tahun Baru dan Produk Elektronik

Year End Sale Zalora

AKHIR tahun semakin dekat. Pusat-pusat perbelanjaan dan toko-toko online mulai menawarkan berbagai diskon menarik. Maklum, sudah jadi semacam tradisi kalau tingkat konsumsi meningkat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Awas, jangan sampai “terjebak” diskon dan promo. Bersikaplah bijak agar belanja akhir tahun nggak bikin kantong jebol.

Coba cek mailbox, sudah berapa kali toko-toko online tempat kamu pernah belanja mengirim email promosi? Kalau setiap toko mengirimi satu email saja setiap hari, maka mailbox kita mendapatkan tujuh tawaran sale akhir tahun dalam sepekan terakhir. Itu baru dari satu toko online ya.

Saya sendiri entah sudah menghapus berapa belas atau malah puluh email semacam itu. Isinya tawaran berbagai promo dan diskon. Mulai 15%, 25%, sampai ada yang 80-90%. Mulai dari toko sepatu, pembuatan memorabilia, dan tidak ketinggalan marketplace yang menyediakan segala macam barang.

Memang sebenarnya ada satu yang jadi incaran saya: televisi layar datar ukuran minimal 24″. Bukan, bukan untuk menonton siaran televisi. Saya butuh ini untuk keperluan video editing. Jadi lebih sebagai monitor besar yang akan dihubungkan dengan laptop, jadi saya dapat mengedit video dengan dua monitor sekaligus.

Hanya saja budget-nya belum ada nih. Mau tidak mau saya harus rem dulu keinginan tersebut. Padahal sedang ada banyak diskon year-end sale. Dan televisi incaran saya sedang didiskon 23% di Lazada. Sayangnya. Tapi saya tetap saja tidak tertarik karena sadar diri belum saatnya membeli sekalipun email-email promosi terus membanjir.

Nah, seringkali tawaran yang begitu gencar membuat kita penasaran, lantas tertarik, dan ujung-ujungnya membeli. Kalau barang yang dibeli memang sedang dibutuhkan tidak jadi masalah. Tapi tak jarang kita membeli hanya karena ingin membeli, dengan alasan-alasan yang sebenarnya hanyalah apologi semata untuk membenarkan khilaf dompet.

Okelah, khilaf satu barang masih bisa dimaafkan. Yang gawat kalau lihat diskon di sini beli, tahu diskon di sana beli lagi, lihat toko online langganan menggelar promo lagi-lagi beli. Tahu-tahu jumlah tagihan membengkak. Padahal tidak semua barang yang dibeli benar-benar dibutuhkan.

So, agar belanja akhir tahun tidak malah membebani keuanganmu, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

clearance sale Lazada

1. Manfaatkan Sale Natal dan Tahun Baru

Akhir tahun begini identik dengan promo Natal dan Tahun Baru atau Christmas New Year Sale. Berbagai toko serta merchant menawarkan promo dengan diskon tidak tanggung-tanggung. Biasanya karena sekaligus dijadikan momen cuci gudang, diskonnya rata-rata 50% bahkan ada yang berani memberi diskon 70%. Wow!

Jangan sia-siakan momentum ini. Manfaatkan berbagai sale dan promo tersebut untuk mendapatkan barang-barang incaranmu. Lumayan, kita bisa menghemat banyak karena membeli jauh di bawah harga pasaran. Kelebihan anggaran dapat dibelanjakan barang lain, atau disimpan untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

Sebelum memutuskan beli di mana, coba lihat-lihat ke berbagai toko online atau marketplace yang menawarkan promo Natal dan Tahun Baru. Lihat toko mana yang memberikan diskon terbesar untuk barang-barang dalam wishlist-mu. Kalau sudah dapat, segera eksekusi! πŸ™‚

2. Buat daftar belanja

Ini penting sekali diingat setiap kali kita mau belanja. Yang membuat kantong bolong saat berbelanja adalah karena kita tidak tahu mana yang dibutuhkan, dan mana yang hanya kita inginkan. Semuanya dibeli, barulah begitu sampai di rumah kaget melihat tagihan. Belum lagi timbul penyesalan karena beberapa barang yang dibeli rupanya tidak benar-benar dibutuhkan.

Membuat daftar belanja menjadikan kita benar-benar fokus hanya pada barang-barang yang dibutuhkan, atau dapat membantu meningkatkan produktivitas. Manfaat lainnya, kita dapat memperkiraan berapa budget yang diperlukan untuk membeli seluruh kebutuhan tersebut.

Jadi, sebelum berburu diskon catat dulu apa-apa saja yang sedang dibutuhkan. Masukkan barang-barang tersebut dalam daftar prioritas dan harus dibeli segera. Buang jauh-jauh keinginan akan satu-dua barang yang bisa ditunda, apalagi jika tidak ada manfaatnya sama sekali.

daftar belanja shopping list

3. Taati daftar belanja

Daftar belanja tidak akan banyak membantu jika kita tidak mau menaatinya. Jangan setelah semua barang dalam daftar belanja terbeli, lalu seenaknya saja membeli yang lain-lain lagi. Siap-siap saja melotot lihat struk belanja kalau begitu caranya.

Taati daftar belanja secara disiplin. Bertekadlah untuk hanya membeli barang-barang dalam daftar tersebut, abaikan yang lain. Beda cerita kalau ternyata setelah seluruh kebutuhan terbeli masih ada sisa uang. Kita tentu sah-sah saja menghabiskan uang yang sudah dianggarkan tersebut.

4. Ketahui harga asli

Kita seringkali begitu mudah terbuai oleh diskon. Begitu melihat tanda diskon sekian puluh persen, tanpa pikir panjang langsung klik dan beli. Padahal bukan rahasia umum kalau diskon-diskon seperti itu adalah gimmick. Apalagi kalau barang yang didiskon merupakan produk keluaran terbaru.

Cermati dan ketahui harga asli barang yang diincar. Dari situ kita akan punya patokan harga. Kita bisa lihat apakah setelah didiskon sekian puluh persen harganya benar-benar menurun, atau malah sama saja? Kalau benar-benar turun, sikat deh!

iPad mini

5. Cari tahu kenapa barang itu didiskon

Ada beberapa alasan toko memberi diskon. Dan di momen akhir tahun seperti ini biasanya karena alasan cuci gudang, alias menghabiskan stok. Di penghujung tahun mereka akan tutup buku, dan mereka tidak ingin laporan tahunan dipenuhi catatan barang menumpuk di gudang.

Selain untuk memperlancar cashflow, ganti tahun berarti ganti model baru lagi. Ini biasa terjadi untuk produk-produk fashion, juga gadget dan elektronik. Kalau sudah ada seri terbaru, seri lama jadi lebih susah dijual. Jadi sebisa mungkin stok lama harus dihabiskan sebelum tahun berganti.

Alasan lain pemberian diskon karena barang tersebut cacat produksi, atau reject. Ketimbang tidak laku-laku dengan harga normal, lebih baik dibanting semurah-murahnya saja supaya tidak jadi “uang mati.” Ini semua harus diketahui sebelum berbelanja agar tidak muncul penyesalan karena, misalnya, ternyata barang yang kita beli adalah produk reject banyak lecet-lecet.

6. Bandingkan di toko lain

Agak ribet memang. Tapi kalau menginginkan harga paling murah, cobalah lakukan riset di beberapa toko. Jangan hanya terpaku pada satu tempat, sebab beda toko beda pula diskonnya. Beda marketplace, tentu beda penawarannya.

Mungkin diskonnya sama-sama 50%, tapi di marketplace sebelah plus gratis ongkos kirim. Lumayan, bukan? Atau potongan harganya lebih kecil, namun penjualnya memberi bonus barang lain. Yang tak kalah penting adalah pemberian cashback atau poin berdasarkan nilai belanja. Walaupun terhitung sedikit, tapi lama-lama akan terasa lho.

Jangan lupakan juga soal pengiriman. Ada penjual yang hanya mau mengirim dengan satu jasa ekspedisi tertentu, di tempat lain seluruh jasa pengiriman disediakan. Pilih mana, coba?

Paylesser New Year Sale

7. Gunakan aplikasi diskon

Lho, bukankah pusat-pusat perbelanjaan dan toko online sudah memberi diskon, untuk apalagi aplikasi diskon? Jawabannya, agar bisa lebih hemat lagi pengeluarannya. Situs-situs penyedia diskon seperti ini biasanya mempunyai penawaran khusus yang bahkan tidak akan didapat dari tokonya sendiri.

Misalnya Paylesser Indonesia. Situs ini bekerja sama dengan banyak sekali toko online terkemuka di tanah air. Salah satunya dengan Lazada Indonesia. Jadi kalau ingin berbelanja di Lazada jangan lupa mampir dulu ke situs Paylesser untuk mencari tahu Voucher Lazada terbaru.

Sama halnya toko-toko online, situs-situs penyedia diskon dan kupon belanja juga memanfaatkan betul momen akhir tahun. Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru, Paylesser mengadakan berbagai promo & diskon yang sangat sayang dilewatkan. Coba saja buka halaman Christmas New Year Sale di situsnya dan lihat promo apa saja yang ditawarkan.

Butuh mobil baru? Dapatkan potongan harga fantastis untuk setiap pembelian mobil Toyota sampai dengan Rp 32 juta dengan cara membeli di Blibli.com menggunakan kode promo Paylesser. Yang butuh gadget terbaru tak perlu iri. Ada berbagai penawaran & kupon diskon yang tak kalah heboh untuk smartphone atau tablet incaranmu dengan berbelanja di MatahariMall.com lewat Paylesser.

Pendek kata, kita bisa mendapatkan diskon lebih jika menggunakan aplikasi diskon seperti Paylesser. Dengan demikian budget belanja akhir tahun jadi lebih hemat. Nggak akan ada cerita kantong jebol setelah belanja akhir tahun.

*****

Itu tadi tips-tips bagi kamu yang sudah siap-siap memecah celengan untuk berbelanja di akhir tahun. Bijak-bijaklah dalam membelanjakan uang, jangan sampai terjadi penyesalan di belakang hari.

Semoga bermanfaat!

Foto & Ilustrasi:
Gambar 1: Banner promosi Zalora
Gambar 2: Screenshot laman Lazada
Gambar 3: hwww.dreamstime.com/royalty-free-stock-images-shopping-list-image2511009
Gambar 4: Foto di laman hwww.macstories.net/stories/ipad-mini-our-complete-overview/
Gambar 5: Screenshot laman Paylesser

Iklan

About Eko Nurhuda (359 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

8 Comments on Tips Belanja di Sale Natal-Tahun Baru dan Produk Elektronik

  1. tahun ini aku gak belanja apa2 meski banyak diskon ,, lagi gak ada uang buanyak,,haha

  2. Wah, boleh-boleh nih tipsnya dicontek. Setuju banget dengan mengenali harga aslinya. Soalnya musim sale kayak gini banyak juga penjual yang mark up harga. Kita yang gak teliti berasa beli harga diskon gede, padahal karena gak tahu harga sebenernya, kita kayak beli barang nondiskon…

    • Iya, kan kemarin sempat jadi berita tuh yang pas Harbolnas. Ada salah satu marketplace yang katanya sudah terlebih dahulu mark up harga tinggi banget sebelum kasih diskon. Judul beritanya pun bikin wow karena nembak langsung soal diskon palsu.

  3. Kalau belanja banyak diskonnya, saya tertarik πŸ™‚

  4. Beruntung banget bisa belanja online ada potongan pula ^^

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: