Highlight:

Belum Tahu? Begini Cara Memakai Video Call di WhatsApp

YANG sudah menunggu-nunggu layanan satu ini boleh mengacungkan jari. Yap, video call WhatsApp akhirnya resmi dirilis dan sudah bisa digunakan secara luas oleh pemakai aplikasi chatting tersebut. Jadi tak cuma berkirim teks dan foto, kini kita bisa melakukan panggilan video ke teman dan saudara menggunakan WhatsApp. Hore!

Peluncuran WhatsApp video calling diumumkan secara resmi dalam blog ofisial pada 14 November lalu. Fitur terbaru ini membuat layanan WhatsApp semakin kompleks. Dari awal kemunculannya hanya untuk bertukar teks dan foto, lalu berkirim suara dan video, ditambah panggilan suara seperti telepon berbasis jaringan internet, dan kini dipungkasi dengan layanan video call.

“Today we’re excited to announce the next step in our efforts to connect people – WhatsApp video calling. In the coming days, WhatsApp’s more than one billion users can make video calls across Android, iPhone, and Windows Phone devices.” – https://blog.WhatsApp.com

Bagi saya sendiri ini merupakan layanan yang sudah lama ditunggu. Saya memakai WhatsApp sejak pertengahan 2012, saat toko online saya sedang jaya-jayanya. Waktu itu di Blackberry saya terinstal BBM dan WhatsApp, dua-duanya menjadi jalur utama untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

Belakangan saya lebih suka menggunakan WhatsApp. Alasannya, layanan text-messaging satu ini berbasis nomor seluler yang lebih fleksibel. Kita dapat berganti-ganti perangkat tanpa harus kehilangan kontak WhatsApp dan tanpa berganti nomor sebagai identitas. Berbeda dengan BBM yang berbasis PIN Blackberry. Ganti perangkat berarti ganti PIN. Sekalipun kita bisa login dengan Blackberry ID untuk tetap mengakses daftar kontak, PIN kita berganti.

Setelah Blackberry makin tenggelam, alasan untuk lebih menyukai WhatsApp semakin bertambah. Saya berganti menggunakan smartphone berbasis Android dan WhatsApp jadi aplikasi text-messaging utama. Ketika kemudian BBM tersedia di Google PlayStore, saya sudah kadung nyaman dengan WhatsApp.

Versi Terbaru
Kembali ke voice-call, langkah WhatsApp meluncurkan fitur ini sebenarnya boleh dibilang tertinggal dari kompetitor. Aplikasi chatting lain seperti Line dan WeChat sudah lama menyediakan layanan panggilan suara. Google sendiri sejak awal meluncurkan Gmail pada 2005 lalu sudah memperkenalkan video-messaging yang kemudian diadopsi jadi GTalk dan kini ada pula Google Duo.

WhatsApp video calling awalnya dirilis dalam versi beta beberapa waktu lalu. Namanya saja versi beta, pengguna dan penggunaannya masih sangat terbatas. Sekedar untuk uji coba. WhatsApp menyediakan tautan khusus bagi pengguna yang ingin menjadi beta tester alias pengguna versi uji coba.

Kini setelah dirilis secara resmi, fitur panggilan video sudah bisa dinikmati oleh seluruh pengguna WhatsApp, termasuk di Indonesia sejak 16 November lalu. Momen peluncuran fitur panggilan video ini melibatkan Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook. Sebagai mana kita ketahui bersama, Facebook merupakan perusahaan induk pemilik WhatsApp.

Melalui posting di laman Facebook pribadinya, Mark dengan bangga mempromosikan fitur video call WhatsApp. Mark menyebut fitur ini paling ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pengguna.

https://www.facebook.com/plugins/post.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fzuck%2Fposts%2F10103261473308141&width=670

Kalau kamu mau ikut menikmati fitur terbaru ini, pastikan smartphone-mu sudah memperbaharui aplikasi WhatsApp. Pengguna Android dapat menggunakan video call dengan WhatsApp versi 2.16.352. Sedangkan bagi pengguna iOS, fitur panggilan video dapat ditemukan pada aplikasi WhatsApp versi 2.16.17.

Menurut berita Kompas Tekno, belum semua perangkat mendapat pembaruan versi terbaru WhatsApp. Dengan demikian belum semua pengguna dapat menggunakan fitur video call. Tapi rasanya tak bakal lama lagi seluruh pengguna bakal mendapat pemberitahuan untuk meng-update aplikasinya dan bisa menikmati layanan panggilan video WhatsApp.

Cara Menggunakan WhatsApp Video Call
Mau mencoba fitur video call di WhatsApp? Hal pertama yang harus dilakukan adalah meng-update aplikasi WhatsApp di smartphone. Seharusnya versi terbaru sudah tersedia di Google PlayStore dan Apps Store.

Bagaimana kalau belum ada? Kemungkinannya hanya ada satu, operating system hapemu tidak mendukung aplikasi WhatsApp terbaru. Harap dicatat, WhatsApp versi 2.16.17 hanya bisa dipakai di perangkat Apple dengan iOS 8 ke atas. Sedangkan untuk smartphone berbasis Android, WhatsApp versi 2.16.352 yang menyediakan fitur video call hanya bisa diinstal di sistem operasi Android 4.1 “Jelly Bean” atau yang lebih baru.

Kalau smartphone-mu sudah sesuai persyaratan, WhatsApp versi terbaru untuk iOS dapat diunduh di App Store melalui tautan berikut. Untuk pengguna Android bisa mengunduhnya melalui Google Play Store di tautan satu ini.

Oya, agar kontak video dapat dilakukan, kedua perangkat milik penelepon dan yang ditelepon haruslah memakai WhatsApp versi terbaru yang mendukung fitur video call. Kalau tidak, ya, tidak bisa. Dengan kata lain, kita hanya bisa melakukan panggilan video ke kontak yang hapenya sudah support layanan terbaru ini.

Coba lihat gambar yang saya comot dari laman The Indian Express berikut ini. Kalau kontak yang hendak dihubungi tidak bisa melakukan video calling, WhatsApp akan menampilkan pesan berbunyi, “Couldn’t place call. [Nama Kontak] is using a phone that doesn’t support video calls.

Cara menggunakan WhatsApp video calling sangat mudah sekali. Bagi pengguna Android, panggilan video dapat dilakukan dengan menekan ikon telepon di pojok kanan atas nama kontak. Setelah itu akan tampil dialog box berisi dua pilihan: Voice Call untuk panggilan suara dan Video Call untuk panggilan video.

Berbeda dengan pengguna Android, pemakai iOS dapat langsung melihat dua macam ikon untuk melakukan panggilan di pojok kanan atas nama kontak. Satu ikon telepon untuk membuat Voice Call dan satunya lagi ikon kamera untuk melakukan Video Call. Jadi, tinggal pencet saja tombol kamera.

Masih bingung? Ringkasnya, begini nih langkah-langkah yang musti kamu lakukan agar dapat menggunakan layanan video call di WhatsApp:

  1. Pastikan smartphone-mu sudah menggunakan iOS 8 atau Android 4.1 Jelly Bean.
  2. Update dulu aplikasi WhatsApp-mu. Pengguna Android menggunakan versi 2.16.352, sedangkan user iOS memakai versi 2.16.17.
  3. Selanjutnya, pilih orang yang ingin dihubungi dari daftar.
  4. Lihat di pojok kanan atas nama kontak. Bagi pengguna iOS, ada dua ikon yang tersedia: telepon dan kamera. Tekan ikon kamera untuk melakukan Video Call. Sedangkan pengguna Android hanya bisa melihat ikon telepon. Tekan ikon tersebut, dan selanjutnya akan tampil dialog box berisi dua pilihan: Voice Call dan Video Call.

Kalau mau mencari poin minus, WhatsApp video call hanya bisa digunakan oleh dua pengguna per panggilan. Kita tidak dapat melakukan conference video-call. Tapi rasanya fitur panggilan video ramai-ramai itu bakal dihadirkan pula oleh WhatsApp. Tinggal tunggu waktu saja. Maklum, namanya saja layanan baru.

Soal kualitas suara dan video, ini sepenuhnya tergantung jaringan internet yang digunakan. Semakin baik jaringan kita, maka semakin jernih dan lancar pula tampilan video maupun suara yang didengar. Mengingat sudah banyak kota yang ter-cover jaringan 4G, masalah sebenarnya sepertinya bergeser ke soal jumlah kuota yang kita punyai. Hahaha.

Anyway, selamat mencoba!

Sumber Foto:
Foto 1: http://www.techworm.net/2016/05/whatsapp-video-calling-arrives-how-to-get-it.html
Foto 2: http://indianexpress.com/article/technology/social/whatsapp-video-calling-is-finally-rolling-out-here-is-how-it-works-4376124/

Iklan

About Eko Nurhuda (359 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

6 Comments on Belum Tahu? Begini Cara Memakai Video Call di WhatsApp

  1. Video call sama saya aja, Mbak. πŸ˜€

  2. saya tahu info ini bberapa hari yg lau dari grup WA, cuman belum nyoba, bingung mau video call sama siapa -,-

  3. Iya, Mbak. WhatsApp kudu update manual lewat Google PlayStore sih, nggak update sendiri. Kan asyik kalo bisa video call dengan keluarga yang jauh di mato πŸ™‚

  4. Minta no WA-nya dong, Mbak. Biar bisa video call. Hehehehe

  5. Wah, punyaku belum apdet nih. Musti segera, biar bisa video call ama si sulung yg ngekos di luar kota

  6. Aku sudah coba WA Video

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: