Highlight:

Resep Tumis Kembang Duren

kembang duren

MASIH soal kembang duren, saya juga baru tahu kalau ternyata kembang duren bisa dimasak. Sungguh sangat tidak terbayang. Sebab di rumah orang tua di Jambi, kembang duren dibiarkan berserakan di tanah.

Konon, dari cerita-cerita yang saya dapat dari hasil searching di Google, kembang duren paling enak jika ditumis. Bukan cuma paling enak, tapi juga paling simpel karena cukup dioseng-oseng saja.

Bumbunya pun sederhana, cuma bumbu-bumbu dasar seperti garam dan bawang merah-bawang putih yang setiap dapur pasti punya stoknya. Kalau mau agak pedas, bisa ditambahkan cabe. Baik cabe merah maupun cabe hijau. Atau malah cabe rawit juga boleh.

Karena penasaran, sayapun mencari resepnya. Untung saja saya hidup di era internet. Meski saat menulis posting ini jam di laptop menunjukkan pukul 00:25 WIB, saya tetap bebas bepergian kemanap saja untuk mencari resep sayur kembang duren.

Ya, tentu saja dengan mengandalkan Google. Jadi kepikiran nih untuk mengusulkan kepada Google untuk membuat layanan pencarian khusus resep makanan, kita namakan saja Google Recipes. Saya rasa ini ide bagus.

Oya, ini dia resep tumis kembang duren. Besok pagi-pagi saat menyapu kembang duren di halaman belakang rumah, akan saya kumpulkan barang beberapa kuntum untuk eksperimen memasak tumis kembang duren berdasarkan resep ini.

Yuk, diintip dulu resepnya!

Bahan-bahan:
– 1 ons bunga durian
– 2 sdm minyak goreng
– 0,5 ons udang

Bumbu-bumbu:
– 3 siung bawang merah, iris halus
– 2 siung bawang putih, iris halus
– 10 biji cabe rawit, buang tangkainya
– 1 iris laos
– 1 tangkai sereh
– 1 sdm garam

Cara memasak:
1. Bersihkan bunga durian, pisahkan benang sari dari daun bunga, cuci bersih.
2. Setelah bersih rebus sampai masak, cuci lagi dan peras, lalu tiriskan.
3. Tuangkan minyak secukupnya ke penggorengan, tumis semua bahan bumbu hingga layu.
4. Masukkan bunga durian, beri air sedikit, tambahkan garam, masak hingga matang.

Selamat mencoba!

Menulis di GoodNovel dan raih penghasilan ratusan USD!
About Eko Nurhuda (412 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

6 Comments on Resep Tumis Kembang Duren

  1. Saya tidaj mau memasak makanan ini saya coba rasanya ga enak kembang duren kan mirip kembang pusang dasar ngasih resep gak bener amat si loh

    Suka

    • Tergantung yang masak juga sih, Mas Andri. Hehehe.
      Kembang pisang itu direbus saja udah enak banget kok. Dimakan dengan sambal terasi atau bumbu pecel (sambel kacang), beugh rasanya mak nyus tenan. Dimasak pedas dengan kuah santan campur teri juga oke banget lho.

      Btw, terima kasih banyak ya sudah membaca posting ini.

      Suka

  2. Kembang duren namanya Dlongop (bhs. Jawa)

    Ndlongop adalah istilah untuk menyebutkan sikap terheran2 atau keheranan atau terkagum2 luar biasa. Saking luar biasanya keheranan itu sehingga membuat mulut menjadi terbuka dengan sendirinya. Bagian tubuh lain yang biasanya juga bereaksi saat ndlogop adalah mata. Mata orang ndlongop biasanya terbuka lebar menatap ke arah sesuatu yang mengherankan itu. Sementara bagian tubuh lain biasanya terpaku diam kayak patung.

    Suka

  3. pak mars: Saya sudah coba buat, Pak. Tapi ternyata masih gagal. Pengen coba lagi nih sampe berhasil, mumpung durennya masih kembang. Hehehe…

    itv-gear: Dulu waktu masih tinggal di Batumarta, OKU Timur, sempat tahu kalau biji karet itu bisa digoreng kaya kerupuk. Tapi belum pernah coba. Enak ya?

    Suka

  4. Behhh… Baru tahu kalau ternyata kembang duren bisa dimakan juga, setahu saya cuma buahnya yang rasanya maknyuzzz. Coba mas buat tumis buah karet (kaloco), dulu pas masih kecil pernah tuh saya makan… Dikampung kan banyak tuh pohon karet (kalo masih di jambi)

    Suka

  5. Besok2 kalau pulang kampung mau nyoba. Kalau saat ini kayaknya nggak mungkin karena nggak ada pohon duren dideket rumah

    Suka

Beri komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.