Highlight:

Selamat Datang, Diandra…

TEPAT sehari menjelang Hari Kartini, alhamdulillah, anak kedua saya lahir. Waktu persisnya adalah pada Rabu, 20 April 2011, pukul 19.00 WIB. Seorang bayi perempuan, bobotnya 2,8 kg. Setelah berdiskusi panjang bersama istri, mertua, adik-adik, dan juga orang tua saya di Jambi, akhirnya gadis kecil kami ini diberi nama Diandra Prameshwari Cahyaningtyas.

Artinya apa? Sang kakek, alias bapaknya istri saya, pengen nama Dian. Kebetulan kakaknya, anak pertama kami yang lahir 19 Mei 2010 lalu, diberi nama Fadhiil Akbar Damar Panuluh. Nah, Dian dan Damar itu artinya sama, yakni “lampu”. Jadi, rasanya cocok deh. Kakaknya Damar, adiknya Dian.

Namun, saya merasa kurang sreg kalau cuma Dian saja, maka saya tambahkan frasa “dra”. Ini adalah singkatan dari kata “candra” atau “condro” dalam bahasa Jawa, artinya “bulan”. Kebetulan si kecil lahir pas tanggal 16 menurut perhitungan Jawa, tepat saat bulan purnama. Kata “diandra” juga bisa dipanjangkan (atau diplesetkan?) menjadi “dianing condro” alias “cahaya rembulan”, menandakan kalau anak kedua saya ini lahir menjelang malam berbulan.Foto: Maulana Tri SC
Diandra, gadis kecilku.

Kata “prameshwari” sendiri merupakan sumbangan dari ibu saya di Jambi. Artinya “istri raja” atau “permaisuri”. Tentu saja saya tidak berharap gadis kecil ini kelak jadi istri raja. Cukuplah ia menjadi berbudi sehalus dan bersikap sebaik seorang permaisuri. Dan, mudah-mudahan juga wajah dan penampilannya semenarik seorang permaisuri. Hmmm, orang tua mana sih yang tidak ingin punya anak gadis secantik Balqis, Ratu Kerajaan Saba’, atau Cleopatra, Ratu Mesir Kuno?

Terakhir, kata “cahyaningtyas” adalah bahasa Jawa. Terdiri dari kata “cahya” atau “cahyo” yang berarti “cahaya”, dan kata “tyas” yang berarti “hati” atau “jiwa”. Kedua kata ini dihubungkan dengan kata “ing” atau di sini menjadi “ning” karena kata “cahya” berakhiran huruf vokal. Artinya kurang lebih “of” dalam tata bahasa Inggris. Jadi, “cahyaningtyas” bisa diartikan sebagai “cahaya hati” atau “cahaya jiwa”.

Well, orang boleh bilang, “Apalah arti sebuah nama”. Bagi saya, nama adalah doa. Amin…

Iklan

About Eko Nurhuda (360 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, music, and sometime football #YNWA

6 Comments on Selamat Datang, Diandra…

  1. selamat bung Eko !!!

  2. Selamat ya Pak atas kelahiran anak kedua…..!? Moga selalu menambah rasa syukur atas kurnia-Nya…!?

  3. selamat ya bung Eko.. semoga anaknya tumbuh selalu sehat dan menjadi anak yang baik. Namanya bagus!

  4. Namanya cantik sekali, hasil urunan semua pihak tapi tetap klop
    selamat ya bung,

  5. Selamat atas kelahiran putrinya…
    Namanya Diandra…
    Sama seperti nama di sinetron yang tayang di Indosiar.
    Semoga menjadi putri yang berbakti pada orang tua

  6. pertamaxxxx!!! hehehhee…..
    selamat ya mas… ats kelahiran putri cantiknya… semoga jd anak yg sholehah dan tentunya sesuai harapan ortu dan keluarga besarnya…. amien…. salam sayang buat si kecil ya… πŸ™‚

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: