Highlight:

Eko itu nama pasaran ya?

EKO/-

YANG punya nama Eko jangan tersinggung dulu ya? Ini hanya posting iseng, sekedar berbagi satu cerita berkaitan dengan betapa banyaknya orang bernama Eko di dunia ini. Eit, jangan protes ya kalau saya bilang nama Eko itu mendunia. Soalnya dulu waktu masih magang di Prambanan saya pernah ketemu orang Belanda bernama Eko lho. Hehehe.

Benarkah Eko itu nama pasaran?

Sewaktu kecil di Palembang saya tidak banyak tahu orang-orang bernama Eko di sekitar saya, kecuali seorang anak tetangga yang berusia jauh lebih tua dari saya. Semasa SD juga tidak banyak orang bernama Eko yang saya kenal. Bahkan ketika kemudian pindah sekolah ke daerah transmigrasi yang penduduknya banyak orang Jawa Timur.

Saya mulai bertemu banyak pemilik nama Eko ketika masuk SMP di daerah Sungai Bahar, Jambi. Sangat banyak sekali! Satu tetangga tempat Ibu biasa berbelanja punya anak bernama Eko, dan si Eko ini punya adik bernama Nurhuda. Walah!

Tapi itu masih belum cukup, Saudara-saudara. Di kelas saya ada tiga orang bernama Eko! Saya ulangi, 3 orang bernama Eko dalam 1 kelas.

Eko yang pertama nama lengkapnya Eko Prasetyo, selulus SMP kami jarang ketemu karena lain desa. Lalu Eko kedua bernama lengkap Eko Sarjianto, saya biasa bertemu atau sekedar berpapasan dengannya ketika mudik ke Jambi. Sedangkan Eko ketiga adalah Eko Sriyanto. Yang terakhir ini termasuk salah satu karib saya, dan selalu saya kunjungi rumahnya setiap mudik.

Masuk ke SMA Negeri 1 Muara Bulian, lagi-lagi saya harus sekelas dengan banyak Eko lain. Kejadiannya waktu saya duduk di kelas dua, di mana ada dua teman sekelas yang sama-sama bernama Eko. Jadi dengan saya ada tiga Eko dalam kelas tersebut.

Dua Eko yang lain adalah Eko Dian Iing Sholihin, terakhir bertemu di Jogja tahun lalu dan saat itu berposisi sebagai Kepala Bagian di salah satu kantor dinas di Pemkab. Batanghari; dan Eko Bandung, yang saya lupa nama aslinya. Ia dijuluki begitu karena memang asli Bandung.

Pertemuan saya dengan sesama pemilik nama Eko terus berlanjut saat menempuh studi di Pendidikan Profesi Pariwisata, sebuah pendidikan dua tahun di bawah naungan Yayasan Pengembang Universitas Negeri Yogyakarta. Menantu pemilik tempat kos saya waktu itu bernama Eko. Lalu di kelas saya juga ada satu Eko lagi yang bernama lengkap Eko Gunarpo.

Awalnya saya tidak akrab dengan lelaki yang lebih sering dipanggil Gugun tersebut. Pasalnya, baik dari segi fisik/penampilan maupun lingkungan pergaulan kami berbeda jauh, cenderung bertolak belakang. Tapi karena sama-sama hobi main PS, akhirnya kami malah jadi sering “bertanding” dan ngobrol banyak.

Saat kuliah di Akademi Komunikasi Yogyakarta (AKY), sampai saya kemudian menghilang usai magang, tidak ada mahasiswa lain yang bernama Eko. Jadi, rasanya sayalah satu-satunya mahasiswa AKY yang bernama Eko.

Saya pikir di sinilah akhir cerita perjumpaan saya dengan sesama pemilik nama Eko. Ealah, ternyata saya harus kembali ketemu dengan pemilik nama Eko ketika ada seorang pendatang baru di kos yang bernama Eko. Grrrhhhh!

Lalu, sewaktu pertama kali masuk ke kantor Harian Jogja pada saat magang di sana, lagi-lagi saya berjumpa dengan sesama Eko. Eko yang satu staf IT, sedangkan Eko satunya lagi petugas keamanan.

Kejadian lucu terjadi dengan Pak Eko yang petugas keamanan ini. Ceritanya saat itu kami saling memperkenalkan diri. Saya yang merasa lebih muda dari si bapak langsung menyebutkan nama, “Kulo Eko, Pak.” Si bapak tersenyum lalu menjawab singkat, “Sami, Mas.”

Lho, kok si bapak namanya ‘sama’ sih? Usut punya usut, rupanya petugas keamanan tersebut juga bernama Eko.

Cerita masih berlanjut, Bung. Di blogosphere, awalnya saya pikir cuma saya seorang blogger bernama Eko. Pasalnya, saat memulai blog dulu saya jarang bertemu pemilik nama ataupun nick Eko. Ternyata pikiran saya salah. Rupanya Eko juga menginvasi dunia maya, karena ada beberapa blogger dan pemilik situs bernama Eko di Indonesia ini.

Saya sempat iseng membuat daftarnya. Dan itu lumayan panjang. Entah di manalah kira-kira saya bisa tidak bertemu seorang pun bernama Eko di dunia ini.

Di luar negeri mungkin? Lha itu, di atas sudah saya sebut saya pernah bertemu orang Belanda bernama Eko. Ya, Mas Eko itu orang Belanda asli Suriname sih. Lebih tepatnya lagi, keturunan Jawa. Warga negara Belanda, imigran asal Suriname, keturunan Jawa.

Bagi yang pernah berjalan-jalan ke India, rasa-rasanya pernah setidaknya sekali melihat counter layanan jasa transfer uang dengan banner berlogo EKO/- seperti pada gambar di atas. Itu adalah nama sebuah perusahaan finansial di negeri tersebut. Sedangkan di Prancis, terdapat satu perusahaan juga yang bernama Eko. Hmmm …

Saya yakin masih banyak Eko-Eko lain, tapi saya capek sendiri menelusurinya. Jadi, cukuplah sampai di sini saja.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (373 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

50 Comments on Eko itu nama pasaran ya?

  1. Blogger Terpanas:
    Hehehe, Mas Arif juga bisa aja. Nama pasaran itu maksudnya nama yang paling banyak ditemui di pasar. ^_^

    arif:
    cukup. πŸ˜€

    Suka

  2. nama saya juga cukup pasaran πŸ˜€

    Suka

  3. ketawa dulu boleh kan bung ? wkkkk……iso – iso wae sampean iki gawe postingan. nama eko itu bukan nama pasaran kok bung. setahu saya, nama pasaran itu. pahing, kliwon, legi dan kawan – kawanya hehe…jadi kalau ada yang bilang, nama eko itu nama pasaran maka saya akan bilang, tidak !!

    Suka

  4. Maaf baru bales, koneksinya ngadat beberapa hari ini. Mohon maklum. ^_^

    Jimmy:
    Iya, Koh. Karena nama sendiri jadi setiap ketemu orang bernama Eko langsung deh klik dan diinget terus. πŸ˜€

    fatchur:
    Wah, saya malah baru tahu nih sama istilah 'asmo kinaryo jopo' itu. πŸ˜€

    Darin:
    Hehehe, emang nama pasaran, makanya di mana-mana juga pasti ketemu deh sama yang namanya Eko.

    iskandaria:
    Hehehe, itu karena kebetulan kita sudah saling mengenal jauh lebih dulu dibanding blogger lain yang bernama Eko, Mas. Hehehe…

    gus ikhwan:
    Hehehe, ada banyak bintang di langit, tapi hanya 1 yang bersinar terang. Itulah bintang kejora. Hehehe…

    ismail:
    Walah, kok masih inget sih? Tapo gak plek 100% kok, banyak bedanya.

    Blog Hardim:
    Setuju…

    mastanto:
    Hahaha, gak perlu kabur. Kecuali emang buru-buru bacanya. :p

    thom:
    Nah, kalo untuk yg satu itu saya gak berani menilai diri sendiri dunks. Tar dibilang gak objektif saya. πŸ˜€

    satrya:
    Bukan cuma banyak, tapi sudah terlalu banyak. πŸ˜€
    Salam kenal kembali, Bung…

    blogger gembloeng:
    Ah, siapa bilang? Saya sering kok liat orang gemblung di jalanan. Wakakaka…

    amsi:
    Sabar, hadiahnya pasti dikirim, tunggu tanggal mainnya ya. Btw, kok sekarang komentarnya cuma ala kadarnya saja? :p

    munawar am:
    Hahaha, emang IM pake niche segala?
    Btw, saya dulu sampe SMA sama Pakdhe2 dan Budhe, juga simbah dipanggil Eka. Alasannya, saya gak bisa bahasa Jawa. Lha, begitu saya cas cis cus bahasa Jawa langsung deh dipanggil Eko. Hahaha…

    Reza Winandar:
    Oh, tentu saja saya bersyukur, Bung.
    Bukankah nama itu doa? Mudah-mudahan dengan menyandang nama Eko saya bisa menjadi benar-benar menjadi yang 'nomor satu' kaya tvOne. ^_^

    Suka

  5. Ada-ada saja sih kehidupan mas Eko, toh nama itu harusnya mesti disyukuri, tetep aja kan yang terkenal itu Eko Nurhuda, terkenal sebagai blogger.

    Suka

  6. Nama EKO memang Niche abisss…
    Banyak orang tua di Jawa hususnya yang memberi nama Eko buat anaknya yang pertama, diambil dari kata Eka, yang berarti satu atau ke satu, atau yang pertama. Beda jawa beda pula sunda. Di Jawa, harusnya Eko Romdhoni, karena di Sunda, maka jadi Eka Ramdhani, pemain PERSIB

    Suka

  7. kalo amsi kayaknya belum banyak yang punya:-)
    o ya saya masih menantikan kedatangan hadiah dari bung Eko, he2 …

    Suka

  8. wah memang pasaran Om.. ha..ha.. kalau saya malah jarang Om.

    Suka

  9. Banya juga y mas nama eko itu, saya juga punya teman yang namanya eko sudah lebih dari 2 orang ^_^ .
    Salam kenal bung, kunjungan pertama saya … πŸ˜€

    Suka

  10. Hehehe,,, gak papa kang. Yang penting orangnya gak pasaran alias punya kekhasan tersendiri πŸ˜€

    Suka

  11. Yaaaa.. kira kira begitu deh πŸ˜€
    -kaboooooooooooooooooor (sebelom ditimpuk sendal)-

    Suka

  12. kalo udah banyak kayak gitu, kata orang marketing sih, tinggal gimana bikin diferensiasi supaya tidak tenggelam di lautan eko.

    Suka

  13. ini mirip tulisan yang di ekonurhuda dulu bung ?

    Suka

  14. lucu ya, kalau nama gus ikhwan nama pasaran ga ya
    bung eko anehΒ² aja postingannya
    tapi gus juga sependapat dengan mas is, sejak dulu nama eko ada dan tersebar di jagat blogosphere gus cuman yang ingat nama ekonurhuda.com, bungeko.com dan eko nurhuda, dan nickname ecko yang udah metamorfosis menajdi bung eko

    Suka

  15. Dari banyak blog milik Eko-Eko di atas, saya cuma familiar sama EkoNurhuda, BungEko, dan MasEko dot com. Ternyata pasaran banget ya nama Eko itu..wkwkwkkk.

    Walau pasaran, mas Eko pemilik EkoNurhuda dan Bungeko sudah cukup sukses dalam membranding diri dan blognya kok (di dunia maya). Blog EkoNurhuda dan Bungeko sudah cukup unik dari blog-blog berlabel eko lainnya.

    Suka

  16. Wah menariiiik ^_^
    Iya sekarang saya baru sadar bung, nama Eko selalu ada juga di perjalanan hidup saya hehehe, tapi saya ngga sehebat bung yang masih ingat secara detail..kalau saya ya lupa-lupa ingat gitu :). Sama seperti nama Joko, Agus, Ade dan lain2, nama Eko juga sepertinya nama anjuran orang2 tua dahulu kali ya. Hmm, buset ada juga ya grup facebooknya? hahaha seru banget!
    Nama sama, tapi brand berbeda bung πŸ™‚
    Cerio!

    Suka

  17. ha ha ha … bikin aja club sepakbola, cukup dengan nama EkoFC.

    bagi saya tidak mengherankan kalo nama Eko begitu mendunia eh mengIndonesia ding. satu alasan karena nama Eko cukup memiliki arti yang luar biasa.
    diambil dari bahasa sansekerta nama Eko memiliki makna angka satu atau nomor satu. saya yakin mereka yang memberikan nama itu punya harapan kelak dimasa yang akan datang si pemilik nama Eko ini benar-benar menjadi orang nomor satu (dalam hal-hal positif tentunya). orang jawa mengatakan “asmo kinaryo jopo” dalam nama tersirat do'a.

    Suka

  18. wah banyak banget ya bung πŸ˜€ saya sendiri sih rasanya gak terlalu banyak kenal orang yang namanya Eko.. tapi banyak kenal orang yang namanya Jimmy.. hehe mungkin karena nama sendiri jadi lebih diperhatikan ya πŸ˜€

    Suka

  19. wah tergantung masmungkin juga pasaranbymehttp://insitelink.com tidak pake eko

    Suka

  20. Wah…akhirnya saya nemu yang bahas nama saya Eko Purwanto, cocok sekali…saya anak PERTAMA wong Jowo, kebetulan selama hidup di Medan jarang nemu yang namanya Eko, biasanya orang dengan nama Eko, ngotot dan pinter hehehhee benar gak mas admin? atau kalau search di google ada yang Kapten polisi dan juga ada Eko yang penjahat. Salam kenal…

    Suka

  21. Mas…Direktur SDM-ku namanya Eko B. Suharno

    Suka

  22. @ Denny: Iya, saya juga dapet nama-nama itu hasil dari googling.@ Anonim: Lam kenal, Mas…@ Eko Budi: Hehehe, sesama Eko harus saling kenal ya, Mas? πŸ˜€

    Suka

  23. Salam Kenal Mas Eko, saya juga Eko lho.. πŸ˜€

    Suka

  24. @ emfajar: Rata-rata sih pada anak pertama semua.@ petani internet: Walah, Pakdhe bisa aja. :D@ enggink: :D@ nenad: :)) Kaya gak tahu ajah!@ setiaji: artinya sih anak pertama atau satu. :D@ andre: amin, mudah2an saja rejekinya seperti dia.@ mymoen: halah, gimana tuh ngurut silsilahnya? Bingung deh… :D@ aha: kan ini cuma nyebutin yg blogger aja?@ panda: oya? banyakan mana sama nama eko?@ jimmy: beneran, Koh? Wuih, koq ada ya tempat yg selamat dari \”invasi\” seorang eko? :D@ thom: πŸ˜€ bisa aja…

    Suka

  25. Eko pasaran?? Mungkin.Tapi pasaran ato kagak, yang penting \’kan rejekinya mas hehehehe ya gak?? ;)Ngomong-ngomong salamkenal ..

    Suka

  26. jujur selama sekolah dan kuliah dulu, saya gak punya temen yang namanya eko lho πŸ˜‰

    Suka

  27. apalagi nama Panda, buanyak mas πŸ˜€

    Suka

  28. eko dj pelawak kg di sebut bos? he2

    Suka

  29. nama anak kawan dari sepupu paman cucunya temen saya, namanya eko juga.. πŸ˜€

    Suka

  30. gak apa lah…kan ada juga namanya eko patrio…keren tuh orangnya, good bisnisman dia πŸ™‚

    Suka

  31. Yang pasaran bukan berarti kuno, tapi justru bagus Mas Eko. Karena pastinya namanya mengandung arti yg baik, makanya banyak ortu yg kasih nama tsb :)-setiaji-www.kodokijo.net

    Suka

  32. Pasarannn?emang berapa harganya,bro?:))..liat \’list\’ nama eko diatas,kok hampir semuanya nama diatas berakhiran \’O\’ ya? tanya kenapa? πŸ˜€

    Suka

  33. wah iya mas, ternyata nama eko banyak sekali, ga jadi ah ngasi nama anak saya eko nanti, hehe

    Suka

  34. Wah ternyata banyak yah nama eko,benar benar nama pasaran…..Tapi yang penting eko yang ini Alexanya udah 134,679 dan bentar lagi udah dibawah 100,000Sukses dah,

    Suka

  35. mungkin nama eko itu menjadi top of mind orang tua di indonesia kalo mo ngasih nama anak..nama saya jg banyak yg punya =((

    Suka

  36. @ AndiRich: hehehe, namanya juga becanda. :))@ Nugraha: Lha, ini saya lagi di Jawa/Jogja.@ Ika: Oya??? Wah, tambah dong satu lagi…@ Badoer: Itu si Yusuf Eko Dono kalo gak salah.@ Ginza: Dasar..!@ Zalukhu: Yeee, kan udah dibilang kalo ini posting iseng. Gak boleh protes dong. :))@ Gratisan: Tau aja. Saya emang anak pertama. Makanya namanya Eko. :D@ Adeska; Usul bagus tuh. Coba deh saya kontak si pemilik nama Eko yg lain, kali aja sependapat. :D@ Rizoa: :D@ Bocah Iseng: Buanyaaaaaaaaaaaaaak banget malah.@ BloGendeng: Aduh, terima kasih sudah mau menyukai artikel-artikel saya. Jadi terharu nih. :((@ Ario saja: Hehehe…@ Papa Deddy: Wah, bener yah enteng rejeki? Asyik…! THR? Mau dong! Langsung meluncur!

    Suka

  37. Padahal setau saya, yang namanya eko tuh enteng rejeki, alias rejeki lancar jaya.Sayang nama saya bukan eko:(( :))Met lebaranAda sedikit THR di hari pertama lebaran nanti tuh

    Suka

  38. eko kan artinya satu.. ya bener aja

    Suka

  39. Wih namanya panjang banget ya, \”Eko Itu Nama Pasaran Ya\” hehe…nurut saya nggak pasaran. Banyak kok yang lain. Kecuali misal namanya Eko Sunyoto ada 1000 orang, baru itu pasaran…Oh ya salam kenal, mas Eko. Aku seneng sama artikel-artikel blog anda.

    Suka

  40. xixixix banyak juga yahh yang namanya eko

    Suka

  41. iya…. club eko keren tuh,.,,

    Suka

  42. Eko, Eka itu satu. Artinya anak pertama ya?Ada rencana buat club Eko, ndak?Kayak klub Endang itu loh…. πŸ™‚

    Suka

  43. Eko itu nama orang terkenal jadi wajar kalo banyak yang pakai … Seperti \’muhammad\’, \’yusuf\’, dllKalo di jawa eko artinya satu, biasanya anak pertama pasti dinamai dengan eko.Tidak percaya ??? coba tanya yg punya blog, pasti anak pertama … iya toh :DBtw namaku sendiri juga ada eko nya … :DSalam Kenal semua … 😐

    Suka

  44. EKO : Enak KOq… wkwkwkwk….ga ada kerjaan nih postingannya hihihi

    Suka

  45. Gak pasaran ahh… cuma banyak yang punya ajah… =))

    Suka

  46. setauKu eko itu pemain bola, jaman timnas dulu πŸ˜€

    Suka

  47. bapak saya namanya eko looo… wkwkwkwkwkwkw

    Suka

  48. Kayaknya iya sih. Dan itu merupakan ciri khas nama jawa lho. Kalau di Sunda mah Asep, Ujang, dll.Btw, mudik dong ke Jawa ?

    Suka

  49. Eko nama pasaran..? Nnngganuu.. Saya tau itu.. (Bacannya pake Gaya pak RW di senetron ramadhan PPT2):))

    Suka

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: