Iklan
Highlight:

Menikmati Pasir Putih di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul

Pantai Sepanjang Gunungkidul, Jogja

ANGIN laut yang sejuk membawa aroma khas samudera. Sesekali hembusan angin bertambah kencang, menerbangkan butir-butir pasir, dan menggoyang-goyang tumbuhan di sepanjang tepian pantai. Seiring dengan itu ombak bergulung lebih hebat, menjilat pantai lebih jauh, dan mengeluarkan suara deburan keras.

Itulah suasana yang dapat terasa di Pantai Sepanjang, Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasinya tepat di sebelah Pantai Baron yang lebih dikenal wisatawan.

Seperti namanya, Pantai Sepanjang memiliki garis pantai sangat panjang. Penduduk setempat memerkirakan panjang garis Pantai Sepanjang sekitar 1,5โ€“2 kilometer. Cukup panjang untuk ukuran pantai di D.I. Yogyakarta yang umumnya diselingi gugusan karang dan bukit kapur.

Di samping itu, Pantai Sepanjang juga memiliki pasir yang berwarna putih. Dipadu dengan panjangnya garis pantai, ini merupakan kelebihan tersendiri bagi Pantai Sepanjang. Sebab mayoritas pantai di kawasan DI Yogyakarta berpasir hitam.

Wisatawan dapat melemparkan pandangan sejauh jangkauan mata dan hanya akan melihat hamparan pasir putih di kanan-kirinya. Juga gulungan ombak berkejaran dari tengah samudera di selatan. Pesona seperti ini hanya dapat dinikmati di Sepanjang.

Bila laut surut, pantai menjadi tambah lebar dengan hamparan pasir yang jauh lebih indah. Siapapun pasti tergoda untuk bermain-main di atas halusnya pasir yang indah itu. Lari-lari, berkejaran, berjalan menyusuri sepanjang pantai, atau sekadar duduk di atas pasir melihat ombak bergulung sambil menikmati hembusan angin laut, semua sama enaknya.

Kalau sudah puas dengan pasir pantai, di sebelah barat terdapat gugusan karang besar yang terserak di depan Bukit Kapur. Di antara kumpulan batu-batu karang tersebut terdapat satu tempat eksotik untuk mengambil foto ataupun menikmati cipratan air laut kala ombak menghantam bebatuan.

Kita juga bisa juga naik ke atas batu karang yang terletak agak jauh di laut, kemudian memandang gulungan ombak yang susul-menyusul. Bagi yang membekal kamera, tempat ini sangat pas untuk mengambil foto. Keseluruhan pantai terpampang dari sini.

Pantai Sepanjang Jogja

Dilarang Mandi

Satu hal yang harus diingat saat di Sepanjang adalah selalu jaga jarak dari laut dan jangan coba-coba mandi di laut karena sangat berbahaya. Selain ombaknya yang deras, di bawah laut terdapat palung dalam yang terletak hanya beberapa ratus meter dari garis pantai. Sekali terseret arus, susah untuk kembali ke tepian. Terlebih suasana pantai lebih sering sepi pengunjung.

Bagi penyuka fotografi, Pantai Sepanjang menyajikan banyak objek menarik untuk dipotret. Hamparan pasir putih yang memanjang dengan air laut sesekali menjilati permukaannya, ombak yang bergulung-gulung saling berkejaran ke pantai, gugusan batu karang di sebelah barat, atau panorama indah Pantai Sepanjang bersama laut selatan dan bukit karang di kejauhan yang dapat diambil dari atas atas bukit yang juga terletak di sebelah barat.

Ketika lelah menyapa, tempat berteduh berupa pondok-pondok sederhana berjejer rapi tak jauh dari pantai. Cukup gelar alas seadanya, wisatawan dapat melepas lelah sambil menyantap bekal yang dibawa dari rumah. Tak ada orang berjualan di sekitar pantai, jadi mau tak mau bekal harus dibawa sendiri dari rumah. Terlebih bila ingin menikmati Pantai Sepanjang berjam-jam lamanya.

Ingin berlibur ke pantai yang indah tapi masih sepi pengunjung? Tanpa keraguan lagi, Pantai Sepanjang adalah pilihan bagus.

Catatan: Posting ini merupakan publikasi ulang dari hasil liputan saya di SKM Malioboro Ekspres yang berjudul “Menikmati Pasir Putih di Sepanjang”, dimuat pada Februari 2009. Saya kembangkan lagi agar melebihi 500 kata ๐Ÿ˜€

Iklan
About Eko Nurhuda (356 Articles)
A happy father of two. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: