Highlight:

Mengenal Liew Cheon Fong, fulltime blogger pertama Malaysia

Liew Cheon Fong

PERNAH dengar nama Liew Cheon Fong? Belum? Sama dong kalau begitu. Hehehe… Nama ini pertama kali saya tahu saat membaca ebook Chitika BlogBash. Chitika menyebut Cheon Fong—atau biasa dikenal dengan nickname LcF, sebagai salah satu blogger populer di Asia Tenggara. Dan yang membuat saya kemudian mem-bookmark namanya di urutan pertama dalam ingatan saya adalah bahwa Cheon Fong tinggal di Malaysia.

Sebuah fakta menarik mengetahui Chitika mengundang seorang blogger Malaysia dalam proyeknya. Di ebook tersebut terdapat nama-nama besar seperti Darren Rowse, Joel Comm, Aaron Wall, Daniel Scocco, Chris Batty, Jay Brewer, dan lain-lainnya yang sudah diakui sebagai master blogger. Itu artinya Cheon Fong adalah seorang blogger yang sudah diperhitungkan kemampuannya (setidaknya oleh Chitika) sehingga namanya terdaftar di antara para master blogger dunia.

Hmmm, tentu jadi penasaran dong ya sehebat apa sih si LcF ini, bukan?

Rupanya Cheon Fong memang bukan blogger sembarangan, Saudara-saudara. Ia tercatat sebagai fulltime blogger pertama di Malaysia. Maksudnya tentu saja orang yang bekerja dan menghasilkan uang semata-mata dengan blog. Nah, buat Anda yang berniat menjadi fulltime blogger, pengalaman Liew Cheon Fong ini patut disimak baik-baik.

Awalnya Cheon Fong adalah seorang programmer sekaligus webmaster profesional di sebuah perusahaan kosmetik lokal. Sejak tahun 2005 ia mengenal blog dan mengisi waktu luangnya untuk mengurus blog. Pertama-tama hanya iseng-iseng menyalurkan hobi. Sama halnya kebanyakan dari kita yang ngeblog untuk menyalurkan hasrat menulis.

Seiring berjalannya waktu, ternyata dari blognya itu ia mampu memperoleh penghasilan sebanyak gaji bulanannya. Iapun mulai berpikir untuk keluar dari pekerjaan dan menekuni profesi sebagai fulltime blogger.

Sebuah pemikiran hebat. Tidak semua orang berani meninggalkan pekerjaan tetap dengan gaji rutin yang sudah pasti demi menjadi fulltime blogger, profesi yang sekilas pandang tidak begitu menjanjikan karena penghasilannya tidak jelas. Terlebih waktu itu blog dan blogging belum begitu populer di Malaysia. Namun Cheon Fong sudah bulat tekadnya.

Begitulah. 18 Agustus 2005 ia menyatakan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, kemudian memfokuskan diri menjadi fulltime blogger sejak 9 September 2005.

Sudah bisa ditebak kalau kemudian Cheon Fong menerima banyak pertanyaan dari keluarga besarnya. Karena tak satupun anggota keluarganya yang paham apa itu blog, blogging, ataupun blogger, Cheon Fong hanya menjelaskan kalau ia ingin bekerja di rumah dengan memanfaatkan internet.

Keluarganya mendukung keputusan tersebut meskipun tidak begitu mengerti apa maksud Cheon Fong. Lucunya, sampai saat inipun ibunya tidak mengerti apa yang dilakukan Cheon Fong sampai bisa menerima cek secara rutin setiap bulan. Hehehe, ada yang punya pengalaman serupa?

Jalan Cheon Fong tentu saja tak selalu mulus. Ia justru menerima banyak komentar negatif dari pembaca blognya saat menceritakan niat tersebut. Beberapa orang menertawakan bahasa Inggris-nya yang masih berantakan, sementara sebagian lagi memintanya untuk bersikap reaslistis karena blogger bukanlah sebuah profesi ataupun pekerjaan.

Cheon Fong tak terpengaruh. Ia menganggap komentar-komentar negatif itu sebagai angin lalu dan terus melangkah. Terbukti sekarang ia bisa hidup enak dengan penghasilan berlimpah sebagai fulltime blogger.

Kesuksesan Cheon Fong segera menginspirasi blogger-blogger Malaysia lain untuk mengikuti jejaknya. Meskipun diakuinya penghasilan dari blog masih belum begitu besar, namun Cheon Fong merasakan hidup sebagai fulltime blogger benar-benar menyenangkan.

Tidak hanya jam kerja yang fleksibel, ia juga jadi memiliki banyak waktu luang bersama keluarga dan kebebasan untuk bepergian ke mana saja kapanpun. Hal ini tentu tidak mungkin ia dapatkan kalau masih menjadi karyawan.

Jujur saja, setelah membaca kisah ini saya jadi sangat termotivasi untuk menjadi fulltime blogger. Sayangnya hal tersebut belum bisa saya wujudkan sekarang karena masih harus membagi konsentrasi dan waktu dengan kuliah. Mudah-mudahan setelah lulus tahun depan saya bisa mulai menekuni “karir” sebagai fulltime blogger. Amin.

Bagaimana dengan kalian?

UPDATE: Kini Liew Cheon Fong dikenal sebagai WordPress Consultant dan kerap dilibatkan sebagai pembicara dalam even-even WordPress, semisal WordCamp.

Beri tip untuk blog ini
About Eko Nurhuda (371 Articles)
A happy father of three. Blogging and making video for fun. Love food, book, music, and sometime football #YNWA

6 Comments on Mengenal Liew Cheon Fong, fulltime blogger pertama Malaysia

  1. Halo mas eko, saya pembaca buku anda yang berjudul \”7 langkah mudah mencari uang lewat blog\”. ternyata benar, blog anda memiliki desain dan artikel yang rapi. tapi saya mau tanya, blognya si liew cheon fong itu alamatnya apa ?Thanks

    Suka

  2. keren nui crtanya.

    Suka

  3. jd lebih semangat buat ngeblog nih mas, makasih postnya 🙂

    Suka

  4. @ Agus: Mas Agus, baru kenal blog yah? :D@ Rudi: Income-nya malah dari mana-mana koq, Mas.@ Faizin: Persoalannya kalau saya jadi karyawan juga malah lebih susah hidup saya. :))@ Blogger-Jogja: Boleh juga tuh idenya. :D@ Ismail: Kalo katanya sih Mas Budi Putera.@ Mymoen: 😀 Sama dong.@ Mymoen (lagi): Iya tuh, dapet kaos cantik, tapi ambil sendiri ke sini ya? :))@ Zidni: Amin. Mudah-mudahan doa Mas Zidni tercapai. Beneran koq, saya tidak suka merendah, lha wong saya posisinya memang rendah alias di bawah. Mau merendah bagaimana lagi?

    Suka

  5. Mas Ecko suka merendah nih, masak baru 3 digit?3 digit itu dari adsense doang kali :)blm yang dari paypal atau advertising lain 😛

    Suka

  6. weleh, tadi komen yng ke 50 ya ???

    Suka

1 Trackback / Pingback

  1. Mau cari duit apa cari kerja? – bungeko.com

Beri komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: