Google, Pemecah Kebuntuan Internet

Bagi Anda yang sudah akrab dengan internet, nama Google tentu sudah tidak asing lagi.

//go.padstm.com/?id=80509&t=iframe

Sebagai mesin pencari nomor wahid saat ini, Google adalah bagian tak terpisahkan dari internet. Google dan internet bagai satu kesatuan. Apa yang bisa dilakukan seorang pengguna internet tanpa Google? Itulah sebabnya, tak mengherankan jika Google menjadi situs yang pertama kali dituju saat seorang memulai surfing.

Kemampuan ajaib Google dalam menghadirkan informasi yang dicari dalam waktu kurang dari setengah detik membuatnya sangat diandalkan sebagai pemandu dalam menelusuri dunia maya yang serba tak pasti. Setiap hari jutaan orang di seluruh penjuru dunia melakukan pencarian dengan Google yang kini tersedia dalam lebih dari 100 bahasa. Kelebihannya dalam memeringkat hasil pencarian berdasarkan tingkat relevansi membuat banyak pengguna internet begitu tergantung pada Google.

Sebagai sebuah perusahaan, nama Google menjadi terkenal tanpa biaya promosi sepeserpun. Keterkenalan Google berproses secara alami. Namanya disebarkan dari mulut ke mulut penggunanya. Seorang pengguna yang puas dengan kinerja Google lantas mempromosikan mesin pencari itu pada teman, kerabat, dan anggota keluarganya. Begitu seterusnya hingga seluruh dunia mengenal Google si mesin pencari handal itu.

Begitu populernya Google sebagai mesin pencari terhandal, sampai-sampai dua kamus bahasa Inggris ternama—Merriam Webster Collegiate Dictionary dan The Oxford English Dictionary—mencantumkan kata ‘google’ dalam daftarnya. Google di kamus tersebut diartikan sebagai “menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi di internet.” ‘To google’ sama artinya dengan ‘to search’ atau ‘to find’.

Dalam percakapan sehari-hari orang Amerika, istilah ‘googling’ juga sering dipakai sebagai varian atau sinonim dari kata ‘searching’. Seseorang yang merasa terus dicari-cari dan dilacak semua info terkait dengan dirinya bisa mengatakan, “I think somebody is googling me.” Ini menggambarkan betapa Google telah merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari penggunannya.

Apa yang membuat Google begitu terkenal? Pertama, jelas karena layanan mesin pencari yang disediakan boleh dipergunakan secara gratis. Ini tentu sangat bermanfaat dalam usaha pemerataan informasi. Tapi yang paling penting adalah kehandalan Google sebagai mesin pencari itu sendiri. Tidak bisa disangkal lagi, saat ini Google adalah yang terbaik di bidang pencarian di internet. Belum ada mesin pencari lain yang dapat menyamai semua kelebihan yang dimiliki Google; mudah, cepat, lengkap, dan—yang paling penting—relevan. Terlebih kini Google juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain di luar pencarian. Seperti mengecek harga saham di bursa, mengetahui nilai tukar uang, melihat headline berita-berita terhangat di seluruh dunia, melacak alamat atau nomor telepon (khusus AS), melihat peta dan petunjuk jalan, mencari tahu ramalan cuaca terkini, sampai menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

Itulah Google. Bukan lagi sekedar mesin pencari, tapi Google telah menjelma sebagai mesin serba tahu yang dapat memberikan apapun yang ingin diketahui pengguna internet. Ya, kurang lebih seperti itulah Google mendefinisikan dirinya sendiri dalam situs resminya. “Google is the closest thing the web has to an ultimate answer machine.”

Dengan segala keistimewaan yang dimilikinya itulah saya lantas menempatkan Google pada urutan pertama dalam daftar 7 Wonders of Internet versi saya. Seperti yang saya janjikan pada posting tersebut, bertepatan dengan hari lahirnya Google ini saya hendak membagikan sebuah ebook gratis berjudul Google, Pemecah Kebuntuan Internet. Inilah ebook pertama dari Seri 7 Keajaiban Dunia Maya.

Untuk mengunduh ebook tersebut, silakan klik di sini (ukuran file 1.548 KB). Selamat membaca!

Dipublikasikan dari pelosok daerah transmigrasi di Desa Talang Datar, Kec. Bahar Utara, Kab. Muaro Jambi, Jambi, dengan layanan internet XL Axiata.

15 pemikiran pada “Google, Pemecah Kebuntuan Internet

  1. Secara tidak langsung di dunia internet ini kita telah menggantungkan diri pada Google, kalau butuh apa2 selalulah mampir ke Google..

    Suka

Mau kasih komentar? Silakan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s