Tag

,

Setelah sempat mengendap lebih dari setahun, dan ditolak oleh lebih dari 5 penerbit di 3 kota, dengan mengucap bismillah saya memberanikan diri menerbitkan buku Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku!, sebuah buku motivasi sekaligus panduan praktis menulis buku bagi para blogger yang tertarik menulis buku.

Mungkin ada yang bertanya-tanya, naskah yang ditolak oleh lebih dari 5 penerbit kok berani-beraninya diterbitin sih? Well, jawabannya simpel: belum tentu penilaian ke-5 penerbit yang menolak naskah ini benar. Ingat, penerbit menerima atau menolak suatu naskah tak hanya karena kualitas tulisannya, tapi juga faktor-faktor lain semisal nama penulis, tebal-tipis naskah yang bakal berpengaruh besar pada ongkos produksi, atau peluang pasar buku tersebut.

Nah, buku Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku! ini boleh jadi ditolak karena faktor nama penulis (siapa sih Eko Nurhuda?) dan atau cakupan pasarnya yang sempit (berapa banyak sih blogger di Indonesia? Dan berapa banyak dari jumlah itu yang mau membeli buku ini?). Ya, saya selalu berpikiran seperti itu untuk menjaga optimisme saya sebagai penulis buku ini. Memang, tidak tertutup kemungkinan kalau faktor utamanya justru kualitas buku itu sendiri.

Saya jelas tidak mungkin menilai buku ini. Hasil penilaiannya bisa dipastikan bakal subjektif. Karena itu, setelah selesai merampungkan draf awal naskah buku ini pada awal 2011 lalu, saya langsung mengirimkannya ke sejumlah blogger dan penulis senior untuk dimintai komentar. Apa kata mereka?

”Sebuah motivasi yang sangat menggelitik dari Bung Eko. Dan, memang demikianlah seharusnya. Disadari atau tidak, aktivitas utama seorang blogger adalah menulis. Dengan melebarkan sayap ke ranah cetak, berarti Sang Blogger telah ’memaksimalkan apa yang bisa dimaksimalkan’. Membukukan blog adalah salah satu tips yang layak dicoba. Berani? Salut untuk Bung Eko yang telah memulainya.”
Marsudiyanto, Super Blogger ISBA 2009, marsudiyanto.info.

“Saya kira ini buku yang bagus dan mencerahkan untuk memotivasi teman-teman blogger yang selama ini masih memiliki banyak kendala dalam membukukan tulisan.”
Sawali Tuhusetya, blogger, sastrawan,
penulis antologi cerpen Perempuan Bergaun Putih, sawali.info.

Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis BukuPenulis: Eko Nurhuda
Penerbit: Damar Panuluh Press
Cet. I: Februari 2012
Tebal: xx + 180 hal.
Harga: Rp45.000,-

“Saya meyakini apa yang ditulis Dik Eko, bahwa saya yang mengaku sebagai blogger seharusnya malu kalau tidak bisa menulis buku.”
Duto Sri Cahyono, mantan wartawan dan editor sejumlah media, pengelola blog hobiis burung omkicau.com.

“Buku ini secara detil, terperinci, dan sistematis menjelaskan proses penulisan buku. Disertai kisah-kisah menarik behind the scene dunia penerbitan, menumbuhkan motivasi baru bagi ‘amatir’ untuk lebih giat menulis. It’s not only a how-to book, but a motivation book as well.”
Ari Kurniawati, mahasiswi Jurnalistik Akademi Komunikasi Yogyakarta, Kompasianer, http://kompasiana.com/aryhadi.

“Buku yang sangat menggugah gairah bagi siapapun yang merasa dirinya bisa dan mau menjadi penulis buku, terlebih bagi seorang blogger. Banyak hal yang bisa dipelajari dari buku ini, seperti menentukan judul buku yang memunyai nilai greget, kiat-kiat menembus penerbit, hingga menerbitkan buku sendiri (self publishing). Tak cukup sampai di situ, Bung Eko juga memberikan tips agar penulis tetap menegakkan kepala saat naskahnya ditolak penerbit.”
M. Ali al-Hamidi, mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sedang menggarap sebuah novel.

Nah, itu kata mereka. Bagaimana dengan Bung?

Kalau Bung seorang blogger yang sangat ingin menulis buku dan mengetahui seluk-beluk penerbitan sebuah buku, Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku! wajib Bung miliki. Tak sekedar teori, buku ini malah lebih banyak mengungkap pengalaman penulis ditambah kisah sukses sejumlah penulis top, dalam menembus dunia penerbitan. Trik dan tips menulis, serta kiat-kiat agar buku yang kita tulis diminati pembaca tentu ada juga. Pokoknya komplit deh!

Pesan buku ini sekarang juga! Harga cukup Rp45.000/eksemplar, belum termasuk ongkos kirim. Anda dapat melakukan pesanan melalui 2 cara:
(1) Beli di situs Nulisbuku.com. Pesananmu akan tiba dalam 1-2 pekan, dibungkus rapi dengan sampul khusus dari NulisBuku.com, serta diplastik sepeti buku-buku yang dibeli di toko buku. Klik di sini untuk memesan buku ini di NulisBuku.com.
(2) Beli melalui penulis, caranya cukup dengan SMS ke nomor 0813 28 813933. Dengan memesan langsung pada penulis, buku pesanan Bung bakal mendapat tandatangan dan salam personal dari penulis. Cuma untuk itu Bung harus ikhlas sampul plastik pada buku dilepas. Hehehe…

Tunggu apalagi? Yuk, pesan buku Jangan Ngaku Blogger Kalau Nggak Bisa Nulis Buku! sekarang juga!