7 Wonders of Internet versi Bung Eko

//go.padstm.com/?id=80509&t=iframeKALAU Yayasan New7Wonders bisa membuat daftar New 7 Wonders of Man Made dan kemudian New 7 Wonders of Nature, maka saya jadi latah ingin ikut-ikutan membuat daftar 7 keajaiban versi saya sendiri.

Berhubung keajaiban bangunan buatan manusia dan keajaiban alam sudah diambil oleh New7Wonders, maka saya membuat daftar yang sama sekali baru. Apa itu? Inilah dia, saya perkenalkan 7 Wonders of Internet!

Dalam bahasa Indonesia, 7 Wonders of Internet bisa diartikan sebagai 7 Keajaiban Internet atau 7 Keajaiban Dunia Maya. Nah, sesuai namanya, dalam daftar ini saya memilih 7 situs paling fenomenal sepanjang sejarah internet. Situs yang kehadirannya begitu mencengangkan, begitu mencuri perhatian. Namun tak berhenti sampai di situ saja. Situs-situs tersebut juga harus memberi kontribusi positif bagi pengguna internet dan juga internet itu sendiri.

Penyusunan daftar ini sebenarnya sudah saya lakukan sejak akhir tahun 2009. Namun ketika itu daftarnya berisi 12 situs, dan saya namai Selusin Keajaiban Internet.

Bukan, saya bercanda. Waktu itu ke-12 situs fenomenal tersebut saya sebut sebagai 12 Situs yang Mengubah Dunia. Rencananya mau ditulis menjadi naskah buku. Apa lacur, kebiasaan saya yang suka menulis berbunga-bunga membuat naskah buku tersebut begitu tebal, padahal target pasarnya kalangan menengah ke bawah.

Apa boleh buat, saya lantas berkompromi dan menurunkan jumlahnya menjadi 10, lalu turun lagi menjadi 7 untuk disesuaikan dengan 7 Keajaiban Dunia. Jadilah ketujuh situs tersebut sebagai 7 Wonders of Internet versi Bung Eko. Mau tahu ketujuh situs itu? Here we go

  • The 1st Wonder of Internet is… Google
  • The 2nd Wonder of Internet is… amazon.com
  • The 3rd Wonder of Internet is… ebaY
  • The 4th Wonder of Internet is… Blogger
  • The 5th Wonder of Internet is… YouTube
  • The 6th Wonder of Internet is… facebook
  • The 7th Wonder of Internet is… twitter

Berita gembiranya, saya berniat membagikan serial ebook 7 Keajaiban Dunia Maya ini. Ya, saya telah menulis 7 ebook yang masing-masing membahas salah satu dari ke-7 situs dalam daftar di atas. Cuma, saya tidak akan membagikan ke-7 ebook tersebut sekaligus. Saya akan membagikannya satu demi satu yang tanggal pembagiannya bakal disesuaikan dengan tanggal lahir situs yang dibahas dalam ebook tersebut.

Sebagai clue, berikut saya buat daftar peluncuran perdana masing-masing situs dalam daftar 7 Wonders of Internet versi saya ini:

  • Google, diluncurkan pertama kali pada 4 September 1998.
  • amazon.com, diluncurkan pertama kali pada Juli 1995.
  • ebaY, diluncurkan pertama kali pada 3 September 1995.
  • Blogger, diluncurkan pertama kali pada 23 Agustus 1999.
  • YouTube, diluncurkan pertama kali pada 23 April 2005.
  • facebook, diluncurkan pertama kali pada 4 Februari 2004.
  • twitter, diperkenalkan pertama kali pada 21 Maret 2006

Nah, berhubung di tahun ini tinggal tersisa November dan Desember, sedangkan tak ada satupun dari ke-7 situs di atas yang diluncurkan pertama kali pada bulan November atau Desember, maka ke-7 ebook gratis serial ’7 Keajaiban Dunia Maya’ bakal dibagikan tahun depan. Jadi, kalau ingin memiliki ke-7 ebook gratis setebal rata-rata 48 halaman kwarto ini, silakan rajin-rajin berkunjung ke bungeko.com ya… ^_^

Dipublikasikan dari pelosok daerah transmigrasi di Desa Talang Datar, Kec. Bahar Utara, Kab. Muaro Jambi, Jambi, dengan layanan internet XL Axiata.

7 pemikiran pada “7 Wonders of Internet versi Bung Eko

  1. Hebat ni 3 situs milik google langsung masuk dalam 7 woders of internet versi anda, saya akui semua layanan2 google sangat berperan serta dan sayapun juga penggunanya..

    Suka

  2. amazing.. saya paling suka dengan google..
    bermacam-macam ide tak terduga yang belum pernah dipikirkan orang orang dalam berbisnis..
    like this deh.. hehe..

    Suka

  3. Dari ketujuh yang disebutkan dua diantaranya tidak begitu kenal,apa malah mungkin belum kenal sama sekali, yaitu amazon.com dan ebay. Segera cari tahu,apa dan siapa mereka.

    Saya ngisi daftar antri untuk mendapatkan ebooknya, Bung. Terima kasih sebelumnya.

    Suka

  4. Bagus juga nih Bung. Tapi kenapa WordPress gak masuk ya? Mungkin ada di urutan 8 kali ya hehe.

    Hmm, berarti mulai Februari dong mulai dibagiin ebook-nya? Sip, saya tunggu bung! :D

    Suka

Mau kasih komentar? Silakan...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s