GROMBYANG adalah masakan khas Pemalang. Dulu, waktu masih berstatus “pacaran”, istri saya iseng mengajak saya ke warung grombyang paling top se-Pemalang: Grombyang Haji Warso. Hmmm, rasanya memang maknyus. Kuahnya hitam segar, dipadu dengan daging sapi yang kenyal namun lembut di lidah. Meski harus merogoh kocek agak dalam untuk ukuran harga makanan di Pemalang, namun saya puas.

So, kalau suatu saat main ke Pemalang, jangan lupa mencicipi grombyang ya. Kalau mau makan di tempat jagonya grombyang Pemalang, hanya nama Haji Warso yang bisa disebut. Warungnya sempat didatangi Bondan ‘Maknyus’ Winarno dan kru Wisata Kuliner, tapi entah ditayangkan atau tidak. Tempat tinggal Bung jauh dari Pemalang? Tenang, Bung bisa masak grombyang sendiri di rumah. Ini saya kasih resep grombyang Pemalang yang dicuplik dari Pemalang Post.

grombyang Pemalang

Bahan-bahan:
- 500 gr.
- 400 gr.
- 2500 ml
- 2 lembar
- 4 sdt.
- 4 sdt.
- 1 batang
- 4 sdm.
- 2 batang
- 4 sdm.
daging sandung lamur
iga sapi
air putih
daun salam
garam
gula merah, sisir halus
daun bawang, iris halus
minyak goreng untuk menumis
serai, ambil putihnya, memarkan
bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu halus:

- 7 butir
- 4 siung
- 0,5 sdt.
- 2 buah
- 1,5 sdt.
- 50 gr.
- 1 cm
- 2 cm
bawang merah
bawang putih
merica
keluwek, seduh
ketumbar
parutan kelapa, sangrai
jahe, bakar
kunyit, bakar

*Resep ini untuk 6 porsi.

Bahan sambal cabai rawit:
- 2 siung
- 1/8 sdt.
- 15 buah
bawang putih
garam
cabai rawit merah

Cara Membuat:
1). Rebus daging, iga sapi, air, serai, dan daun salam sampai empuk. Angkat. Ukur 2000 ml air kaldunya. Potong-potong daging dan iga sapi. Didihkan lagi.

2). Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tuang rebusan daging. Masukkan garam dan gula merah. Masak sampai matang. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.

3). Sambal cabai rawit: rebus cabai rawit merah dan bawang putih sampai layu. Angkat dan tiriskan. Tambahkan garam. Haluskan.

4). Sajikan dengan cabai sambal cabai rawit dan taburan bawang merah goreng.

Bagaimana? Kelihatan sedap, bukan? Selamat mencoba! ^_^
About these ads